Pengertian Sejarah | Beberapa Tokoh, Definisi Secara Umum, Lengkap

Pengertian Sejarah Perlu kita ketahui, bahwa tanpa adanya sejarah kita tidak bisa mengetahui beberapa peristiwa penting, seperti kemerdekaan Indonesia, peristiwa perang dunia pertama dan kedua, Indonesia dijajah, dan masih banyak lagi.

Terutama sejarah tentang para pejuang kita yang telah gugur dalam membebaskan negara kita dari penjajahan.

Nah, secara garis besar sejarah merupakan dasar, pondasi, maupun tiang dari berbagai hal yang menunjang segala seluruh penjuru pengetahuan.

Ruang lingkup dari ilmu sejarah terbagi menjadi empat bagian. Diantaranya yakni, sejarah sebagai seni, sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai peristiwa, serta sejarah sebagai kisah.

Keempat ruang lingkup diatas merupakan definisi dan makna yang berbeda, dan pada dasarnya semua ruang lingkup diatas sebagai penunjang pengetahuan atau knowledge.

Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah
pexels.com

Secara umum, pengertian sejarah merupakan serangkaian kejadian pada masa lalu yang tersusun berdasarkan peninggalan berbagai peristiwa.

Dalam dunia pendidikan, kita semua mengetahui bahwa disiplin ilmu sejarah merupakan ilmu yang untuk mengkaji segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lalu sepanjang kehidupan umat manusia.

  • Pengertian Sejarah Berdasarkan Etimologi

Pengertian sejarah berdasarkan etimologi merupakan pengertian yang berasal dari bahasa Arab. Yakni berasal dari kata (شجرة) (Syajaratun), yang berarti pohon. Akan tetapi, di Indonesia sejarah secara tarik garis besar berarti asal-usul, silsilah, riwayat.

Jika sejarah dibuat skema, maka akan menyerupai pohon dengan ranting, cabang, dan daun. Sebab sejarah adalah kembangan dari satu titik kejadian yang saling berkaitan, sehingga hal inilah menjadikan sejarah digambarkan seperti pohon yang bercabang.

  • Pengertian Sejarah Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sedangkan menurut KBBI, sejarah merupakan asal-usul, kejadian, atau peristiwa yang memang benar-benar terjadi pada masa lalu.

Tidak jauh berbeda dari pengertian ilmu sejarah, yang berarti sebagai pengetahuan atau penjabaran dari uraian tentang peristiwa atau kejadian yang memang benar terjadi pada masa lalu.

  • Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

Pengertian sejarah menurut bahasa dibedakan menjadi dua pengertian, yakni pengertian dalam arti sempit, dan pengertian dalam arti luas.

Dalam arti sempit, sejarah berarti kejadian ataupun peristiwa. Sedangkan dalam arti yang luas, Sejarah bermakna suatu peristiwa manusia akar dalam realisasi dengan kebebasan serta keputusan daya rohani.


Kata sejarah terlihat seperti bahasa Yunani, yakni historia yang memiliki arti ilmu pengetahuan yang bersumber dari penelitian mendalam. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang memiliki arti masa lampau manusia. Kata lain yang mendekati referensi tersebut adalah yakni Geschichte (bahasa Jerman, yang berarti sudah terjadi).

Sedangkan dalam bahasa Prancis yakni historie, bahasa Italia yakni storia, serta bahasa Belanda yakni gescheiedenis.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
pixabay.com

Selain pengertian diatas, para ahli juga mengungkapkan pendapatnya masing-masing mengenai pengertian dari sejarah ini. Berikut ini pengertian dari beberapa para ahli.

Muhammad Yamin

Pengertian sejarah menurut Muhammad Yamin merupakan :

Berbagai ilmu pengetahuan yang disusun atas dasar penyelidikan dari beberapa peristiwa, yang dapat dikaji kebenarannya, serta dapat dibuktikan sebagai bahan kenyataan yang benar-benar terjadi.Muhammad Yamin

Pengertian tersebut menjelaskan bahwa sejarah merupakan pondasi dari berbagai ilmu pengetahuan, yang didapat dari berbagai penelitian beberapa peristiwa masa lalu, yang bisa ditemukan kebenarannya.

Baca Juga Artikel Dibawah Ini :

Moh Hatta

Pengertian sejarah menurut Moh Hatta merupakan :

Suatu perwujudan mengenai masa lalu, yang mana dikatakan bahwa sejarah bukan hanya sekedar melahirkan asal mula dari berbagai peristiwa, melainkan sebagai bentuk nyata dari suatu kejadian.Moh Hatta

Penjelasan dari pengertian diatas adalah sejarah merupakan suatu perwujudan yang mana bukan sekedar melahirkan asal mula, melainkan bentuk nyata dari asal mula.

Moh Ali

Pengertian sejarah menurut Moh Ali merupakan :

Keseluruhan dari perubahan serta unsur kejadian-kejadian yang memang benar-benar terjadi.Moh Ali

Penjelasan diatas adalah ilmu perubahan-perubahan yang mengkaji suatu kejadian ataupun peristiwa yang memang pernah terjadi di masa lalu.

Roeslan Abdulgani

Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani adalah :

Salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji atau meneliti secara teratur dan prosedural, sebab pada dasarnya yang menyangga berbagai ilmu pengetahuan itu berasal dari kehidupan dimasa lampau.Roeslan Abdulgani

Artinya, mengenai penyelidikan pada masa lalu tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan-kenyataan pada masa sekarang yang sedang kita hadapi, dan sedikit banyak kita tidak dapat melepaskan diri dari perspektif masa depan.

Sartono Kartididjo

Pengertian sejarah menurut Sartono Kartididjo adalah :

Sebuah deskripsi penggambaran pengalaman secara gabungan terhadap peristiwa yang terjadi pada masa lalu, dan menceritakan berbagai kejadian yang dapat membuat hadir kembali peristiwa di masa lalu ke masa sekarang.Sartono Kartididjo

Bentuk dari pengungkapannya tersebut adalah melalui aktualisasi serta proses pengalaman di masa lampau, yang mana menjadi bahan pembelajaran terhadap kehidupan di masa sekarang.

Ismaun

Pengertian sejarah menurut Ismaun adalah :

Menyuarakan kepada ilmu pengetahuan yang berasal sebagai kisah, berkaitan dengan peristiwa atau kejadian yang telah berjalan dengan segala aspek.Ismaun
Catatan atau rekaman pilihan yang tersusun secara hati-hati mengenai kehidupan umat di masa lampau.Ismaun

Berbagai kisah pada zaman dahulu dijadikan sebagai suatu cerita yang bermaksud untuk menjadikan bahan penunjang untuk menambahkan wawasan dan pengetahuan.

Ibnu Khaldun

Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun adalah :

Sebagai catatan masyarakat dahulu mengenai masyarakat umum manusia ataupun peradaban manusia yang terjadi dari watak atau sifat masyarakat tersebut.Ibnu Khaldun

Penjelasan tersebut menjadikan sejarah sebagai catatan dari sifat maupun watak terhadap masyarakat dan peradaban pada masa lampau.

Ariestoteles

Pengertian sejarah menurut Ariestoteles merupakan :

Sebuah sistem yang mengatur kedalam penelitian suatu yang pernah terjadi, tersusun secara teratur dalam bentuk kronologi.Ariestoteles
Kejadian maupun peristiwa yang menjadi catatan, record, serta sebagai bukti nyata yang akurat.Aristoteles

Mengapa demikian ? Karena sangat berpengaruh terhadap pengertian sejarah yang menunjang pengetahuan dari segala aspek.

Bennedetto Croce

Pengertian sejarah menurut Bennedetto Croce adalah :

Sebagai rekaman kreasi jiwa baik dibidang yang menjelaskan seluruh teori ataupun di bidang yang mengkaji prakteknyaBennedetto Croce

Maksud diatas menjelaskan bahwa sejarah mengemukakan terhadap kreasi religius dari lahir dan batin, akal pikiran, ataupun tindakan setiap orang.

Kepribadian dari pengertian sejarah ini dapat menopang pengetahuan dengan berbagai kreasi dan dipraktekkan dari kejadian masa lampau.

Yuk, Baca Juga Artikel Ini :

J.Bank

Pengertian sejarah menurut J.Bank merupakan :

Suatu kejadian maupun peristiwa yang terlaksana pada masa lalu, dan menjadikan sebagai bahan untuk menopang yang dapat dipahami dari tindakan atau perilaku manusia di masa lampau.J.Bank

Maksud pengertian diatas adalah sejarah merupakan kejadian maupun peristiwa yang berhubungan dengan manusia, baik di masa lalu, saat ini, atau masa yang akan datang.

Gustafson

Pengertian sejarah menurut Gustafson adalah :

Sebagai penopang dalam pengetahuan maupun sebagai pemuncak pengetahuan manusia terdahulu. Pengetahuan manusia pada zaman dahulu akan terpengaruh terhadap generasi selanjutnya yang menjadikan sejarah sebagai pegangannya.Gustafson

Maksud dari pengertian diatas adalah, sebagai penunjang dalam pengetahuan manusia terdahulu dan akan terpengaruh pada generasi selanjutnya yang menjadikan sejarah sebagai patokannya.

Beirnheim

Pengertian sejarah menurut Beirnheim merupakan :

Menjadikan ilmu yang mencari maupun meneliti berbagai peristiwa dalam waktu, keadaan, atau ruang yang menyesuaikan perkembangan manusia.Beirnheim

Selaku makhluk sosial yang efektif serta efisien, sejarah menjadikan sebagai ilmu pengetahuan yang menjadi dasar dalam menelaah ilmu pengetahuan secara mendalam.

Herodotus

Pengertian sejarah menurut Herodotus adalah :

Suatu kajian yang menggambarkan suatu perputaran antara kaitan tokoh, waktu, dan perilaku yang dapat menimbulkan peradaban.Herodotus

Maksud diatas adalah menjadikan sejarah sebagai bahan mentah untuk dikaji dan diurus kaitannya antar tokoh masyarakat dalam sebuah peradaban di masa lalu.

Edward Hallet Carr

Pengertian sejarah menurut Edward Hallet Carr adalah :

Sebagai penunjang pengetahuan untuk dialog antara masa lalu dengan masa sekarang yang akan selalu berhubungan.Edward Hallet Carr

Hal ini menjadikan pelajaran dalam menyesuaikan atau menepatkan pengetahuan di masa lalu dengan masa sekarang.

Baca Juga :

Kuntowijoyo

Sejarah menurut Kuntowijoyo merupakan :

Perihal yang dapat menampilkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, serta empiris.Kuntowijoyo

Adapun sifat-sifatnya sebagai berikut.

  • Sejarah bersifat diakronis disebabkan berhubungan dengan waktu.
  • Sejarah bersifat ideografis dikarenakan sejarah menggambarkan serta menceritakan sesuatu.
  • Sejarah bersifat unik disebabkan berisi hasil penelitian mengenai hal unik.
  • Sejarah bersifat empiris memiliki makna sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang bersungguh-sungguh.

Nugroho Notosusanto

Pengertian sejarah menurut Nugroho Susanto adalah :

Peristiwa-peristiwa yang melekat pada manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lalu.Nugroho Susanto

Dapat diartikan pula bahwa sejarah sebagai kisah tentang seluruh peristiwa itu. Kisah ditata berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa itu.

Drs. Sidi Gazalba

Pengertian sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba adalah :

Masa lampau dari manusia dan seputarnya yang ditata menurut ilmiah dan juga lengkap meliputi urutan-urutan fakta masa tersebut dengan penjelasan yang memberikan pemahaman mengenai apa yang berlaku.Drs. Sidi Gazalba

Maksud dari kata diatas adalah masa lalu dari kehidupan manusia dan seputarnya meliputi urutan-urutan fakta dengan penjelasan bahwa terdapat pemahaman tentang apa yang berlaku.

W.J.S Poerwadaminta

Pengertian sejarah menurut W.J.S Poerwadaminta adalah :

Asal-muasal (keturunan) silsilah, kejadian, dan peristiwa yang memang benar terjadi pada masa lalu, lewat riwayat, tambo, cerita, serta pengetahuan atau uraian.W.J.S Poerwadaminta

Maksud dari pengertian diatas adalah runtutan berbagai kejadian dan peristiwa yang diungkapkan melalui riwayat, tambo, cerita, serta pengetahuan atau uraian yang memang benar terjadi pada masa lalu.

Beverley Southgate

Pengertian sejarah menurut Beverley Southgate adalah :

Sebuah pembelajaran yang menampilkan suatu kenyataan, tidak hanya dapat dinikmati saja, tetapi juga secara moral dapat berguna dalam pelajaran.Beverley Southgate

Karena itulah sejarah divalidasi berdasarkan ketepatan metode ilmu pengetahuan, dengan penguatan objektivitasnya yang berasal dari fakta serta menciptakan suatu laporan kebenaran.

Oleh karena itu diketahui bahwa ilmu sejarah mempunyai metode penelitian secara objektif, yang berarti menciptakan suatu kesimpulan berdasarkan fakta yang memang benar-benar ada.

Henri Pirenne

Pengertian sejarah menurut Henri Pirenne merupakan :

Sebuah kisah tentang berbagai peristiwa serta aktivitas manusia yang hidup dalam masyarakat.Henri Pirenne

Maksud dari kata diatas adalah berbagai peristiwa dan kejadian yang telah terjadi pada kehidupan manusia dalam bermasyarakat.

Jan Marius Romein

Pengertian sejarah menurut Jan Marius Romein adalah :

Cerita mengenai kejadian dan peristiwa yang pernah terjadi pada masa lalu.Jan Marius Romein

Charles Harding Firth

Pengertian sejarah menurut Charles Harding Firth merupakan :

Sejarah mengabadikan kehidupan masyarakat manusia, perubahan manusia secara berkala, mengabadikan ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat, serta mengabadikan kondisi-kondisi material yang telah menolong atau menopang perkembangannya.Charles Harding Firth

Penutup

Demikianlah artikel ini mengenai beberapa pengertian sejarah menurut beberapa ahli, pengertian secara etimologi, secara KBBI, dan masih banyak lagi.

Semoga adanya artikel ini kalian dapat mengetahui lebih dalam mengenai pengertian dari sejarah. Demikian dari saya, Terimakasih dan Sampai Jumpa :).

Oh iya, jangan lupa baca beberapa artikel berikut dibawah ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *