Serba-serbi

3 Cara Mudah Untuk Restart Mesin EDC Mandiri (+ Langkah-Langkahnya)

Cara restart mesin edc mandiri – Saat ini kalangan kaula muda di Indonesia sudah banyak yang menerapkan budaya cashless, yang mana mereka tidak perlu repot-repot lagi membawa uang yang banyak ketika bepergian.

Nah, dengan budaya tersebut lah, kini terdapat banyak sekali mesin-mesin yang mendukung untuk mentransfer uang, dan juga untuk tarik tunai. Salah satunya mesin EDC (Electronic Data Captured).

Dengan menggunakan mesin tersebut, kita pun dapat dipermudah untuk mengambil uang, membayar belanjaan dengan non tunai, serta mentransfer uang ke seluruh bank.

Namun, apa jadinya jika mesin tersebut sedang terjadi masalah teknis, dan tidak bisa dipakai. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut biasanya kalian perlu untuk me-restart mesinnya.

Tanpa basa-basi lagi, berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk restart mesin edc mandiri.

2 Cara Mudah Untuk Restart Mesin EDC Mandiri

Untuk bisa menyelesaikan masalah pada mesin edc, kalian bisa menggunakan dua cara, yakni dengan mematikan lalu menyalakannya kembali, dan me-restart langsung mesin edc-nya.

#1. Matikan dan Nyalakan Kembali

Cara pertama yakni sangat mudah, kalian hanya perlu mematikan mesin secara manual lalu menyalakannya kembali. Untuk caranya, tekan dan tahan tombol power pada sisi mesin selama kisaran tiga detik sampai layar mesin edc benar-benar mati.

Apabila kalian tidak kunjung menemukan tombol power, biasanya tombol power pun terdapat di atas bagian angka pada mesin.

Selanjutnya, kalian bisa menekan lagi tombol power tersebut selama tiga detik, untuk menyalakannya kembali.

#2. Restart Mesin EDC

Untuk cara satunya, kalian bisa menggunakan cara me-restart langsung mesin edc-nya, dengan cara masuk ke menu function.

Setelah kalian berhasil masuk ke menu function, yang harus kalian lakukan adalah memasukkan angka tiga untuk memilih menu restart.

Berikutnya kalian akan dihadapkan untuk memasukkan password mesin, lalu masukkan password kalian, kemudian mesin edc pun akan me-restart dengan sendirinya.

Catatan: “Untuk cara ini, jika kalian ingin lebih detailnya, kalian bisa baca pada bagian bawah ini”

Tata Cara Restart Mesin EDC Mandiri

Berikut beberapa tata cara detailnya yang bisa kalian praktekkan pada mesin edc mandiri kalian.

#1. Mempelajari Fungsi Mesin EDC

Sebelum me-restart mesin edc, kalian perlu dahulu untuk mengetahui serta mempelajari berbagai fungsi. Di mesin edc terdapat banyak sekali tombol yang bisa membuat kalian kebingungan.

Oleh karena itu, sebelum melakukan restart, ketahuilah dan pelajarilah dahulu setiap fungsi yang berada di mesin edc ini.

#2. Mengetahui Password Mesin EDC

Setelah mempelajari berbagai fungsi pada mesin edc, kalian pun butuh untuk mengetahui password mesin tersebut, karena di setiap mesin memiliki password yang berbeda-beda.

Itu sebabnya, ingatlah password mesin edc kalian, sehingga dapat melakukan berbagai fungsi mesin. Biasanya, password di mesin edc tidak terlalu banyak-banyak, terdapat empat angka yang bisa kalian masukkan.

#3. Menekan Tombol Fungsi

Mempelajari fungsi sudah, mengingat dan mengetahui password sudah. Langkah berikutnya adalah, kalian harus masuk ke menu mesin edc terlebih dahulu, lalu cari fungsi function tiga. Kemudian tekan tombol tersebut untuk mengaktifkan fungsi ini.

#4. Tunggu Sampai Mesin Mati dan Hidup Kembali

Ketika mesin sedang memproses perintah kalian yang tadi, maka selanjutnya mesin pun akan mati dengan sendirinya.

Proses mesin mati ini biasanya memerlukan waktu kisaran satu menit, kemudian akan menyala kembali dengan sendirinya.

Hal tersebut lah yang dinamakan proses restart, dan kalian pun hanya menunggunya saja sampai proses restart selesai.

#5. Selesai

Setelah proses restart telah selesai, mesin edc pun bisa digunakan kembali untuk melanjutkan transaksi kalian.

Namun, satu hal yang perlu kalian ingat adalah bahwa untuk melakukan tata cara me-restart mesin ini, mesin tersebut harus tidak menanggapi perintah kalian terlebih dahulu.

Apabila tidak terdapat masalah apapun pada mesin edc kalian, cobalah gunakan fungsi mesin seperti biasanya.

Cara Restart Mesin EDC Mandiri Verifone

Reset Mesin EDC Verifone
siajun.com

Dari setiap banyaknya mesin edc, pasti terdapat merek yang paling mencolok di antara yang lainnya, begitu pula dengan mesin edc bermerek verifone. Merek satu ini sangat sering dijumpai dan dipakai untuk mesin edc berbagai bank di Indonesia.

Namun, yang namanya mesin pasti pernah mengalami sistem error. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut pun kebanyakan orang masih bingung dalam mengatasinya.

Tenang saja, untuk meringankan masalah kalian. Kami akan membahas cara merestart mesin edc mandiri bermerek verifone. Berikut cara-caranya.

  1. Tekan tombol merah sampai mesin telah mati.
  2. Kemudian untuk menyalakannya kembali, tekan tombol hijau sampai mesin telah hidup.
  3. Mesin pun telah di restart.

Nah, itu dia cara-caranya. Cara diatas pun tergolong sangat mudah untuk dilakukan, sehingga kalian dapat dengan mudah mengikuti cara-cara tersebut.


Itulah tadi, berbagai cara untuk me-restart mesin edc mandiri dengan melakukan dua cara dan tata caranya. Perlu diingat, jika mesin edc mandiri masih bermasalah, salah satu cara yang paling ampun adalah dengan menghubungi layanan mesin edc mandiri tersebut. Sekian dari kami, terima kasih dan sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *