√ Pengertian Seni Rupa | Unsur-Unsur, Macam-Macam, serta Fungsinya

Pengertian seni rupa – Dalam pembahasan kita kali ini adalah untuk membahas apa sih itu seni rupa? Apa aja sih hasil-hasil karya dari seni rupa itu? dan berbagai pertanyaan yang mungkin kalian tidak tahu, dan kepo sekali untuk mengetahui seluk beluk dari seni rupa.

Mungkin diantara kalian yang ingin menjadi seniman dan ingin tahu caranya? Kalian bisa mendalaminya dengan membaca pembahasan dibawah ini. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut

Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa
pexels.com

Seni rupa merupakan cabang seni yang melahirkan suatu karya seni dengan menggunakan media yang dapat dilihat dengan mata serta dapat dirasakan atau disentuh dengan indera peraba.

Maksud dari kata diatas adalah, suatu hasil karya melalui media apapun yang dapat dihasilkan dari salah satu seniman ataupun semua orang untuk diperlihatkan kepada khalayak luas.

Biasanya para seniman menghasilkan suatu karya karena ada suatu alasan. Mungkin dari seniman tersebut memiliki perasaan emosional (seperti bahagia, sedih, senang, dan lain sebagainya). Serta salah satu pelampiasannya adalah dengan menghasilkan suatu karya yang indah untuk dipandang.

Kesan ini dapat dihasilkan dengan mengolah konsep daripada titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, serta pencahayaan dengan referensi pada estetika.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian seni yang diungkapkan oleh para ahli seni di belahan dunia :

La Mery

Seni rupa menurut pendapat La Mery merupakan, penglihatan suatu ekspresi secara simbolis dalam bentuk wujud dan bentuk yang lebih tinggi, serta akan lebih indah jika dijadikan penetralisir sebuah wujud yang indah sebagai ekspresi diri dan emosi.

Kamala Devi Chattopadhayaya

Seni rupa menurut pendapat Kama Devi Chattopadhayaya adalah, suatu dorongan diri pada sebuah bentuk yang menjadikan seseorang dapat meluapkan apa yang sedang dirasakannya, maka dari hasil karya tersebut lah dapat dirasakan banyak orang yang melihat.

Sussane K Langer

Seni rupa menurut pendapat Sussane K Langer merupakan, sebuah bentuk hasil karya manusia yang indah, serta dapat dinikmati rasanya oleh orang lain lewat bentuk indah tersebut.

J.J Hogman

Seni rupa menurut pendapat J.J Hogman adalah, sesuatu yang memiliki unsur ide, aktifitas, serta artefak.

Schopenhauer

Seni rupa menurut pendapat Schopenhauer merupakan, segala usaha supaya dapat menghasilkan bentuk-bentuk yang menyenangkan.

Irving Stone

Seni rupa menurut pendapat Irving Stone adalah, seni ibarat seperti kebutuhan pokok, sebuah roti, anggur, atau mantel hangat di musim dingin. Mereka yang menyangka seni ibarat barang mewah adalah orang yang pikirannya tidak utuh. Roh manusia akan lapar pada kesenian, sama halnya dengan perut kelaparan meminta makan.

Emmanuel Kant

Seni rupa menurut pendapat Emmanuel Kant merupakan, suatu impian atau mimpi yang tidak dapat dipraktekkan dengan rumus-rumus tertentu.

Drs. Popo Iskandar

Seni rupa menurut pendapat Drs. Popo Iskandar adalah, suatu hasil pengungkapan emosi yang ingin di utarakan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

Akhdian Karta Miharja

Seni rupa menurut pendapat Akhdian Karta Miharja merupakan, suatu kegiatan rohani yang dapat merefleksikan realitas pada suatu karya yang bentuk serta isinya memiliki untuk membangkitkan pengalaman-pengalaman tertentu pada rohani penerimanya.

Ki Hajar Dewantara

Seni rupa menurut pendapat Ki Hajar Dewantara adalah, segala sesuatu dari perbuatan manusia yang muncul dari perasaan serta sifat indah, sehingga dapat menggetarkan jiwa perasaan manusia.

Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Ragam Fungsinya

Jika dilihat dari segi fungsinya seni rupa di bagi menjadi dua bagian, yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Diantara kedua bagian tersebut memiliki pengertian berbeda-beda, berikut pengertiannya.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni merupakan sebuah karya seni yang lebih mementingkan keindahannya dari pada kegunaanya. Maksud diatas adalah sebuah karya seni yang fungsinya hanya untuk menikmati keindahannya, contoh dari hasil karya seni rupa murni adalah dalam bentuk lukisan.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan merupakan kebalikkannya dari seni rupa murni, yakni karya seni yang lebih mengutamakan kegunaannya daripada keindahannya. Walaupun lebih mengutamakan kegunaannya, seni rupa terapan masih memiliki sisi keindahannya tapi tidak ditonjolkan.

Contoh dari hasil karya seni rupa terapan adalah dalam bentuk pakaian. Sebagus-bagusnya nilai seni keindahan dalam pakaian, tetap yang diutamakan dari pakaian adalah segi kegunaannya.

Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Ragam Wujudnya

Serta jika diperhatikan dari segi wujud seni rupa terbagi menjadi dua bagian, yakni seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Serta dari kedua bagian tersebut memiliki pengertiannya masing-masing, sebagai berikut :

Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi

Pengertian dari seni rupa dua dimensi adalah seni rupa yang hanya memiliki panjang dan lebar. Hasil karya dari seni rupa dua dimensi adalah sebuah lukisan, foto, gambar, dan lain-lain.

Pengertian Seni Rupa Tiga Dimensi

Pengertian dari seni rupa tiga dimensi merupakan seni rupa yang hanya memiliki panjang lebar srta ruang. Hasil karya dari seni rupa tiga dimensi adalah patung, guci, dan beberapa banguna lainnya.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Unsur-unsur Seni Rupa
pexels.com

Ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan ketika kita hendak membuat suatu karya seni. Unsur-unsur tersebutlah yang ketika disatukan menjadi suatu karya seni akan menjadi karya yang indah. Berikut beberapa unsur dari seni rupa.

Titik

Unsur titik merupakan unsur terkecil dan dasar dari segala ide seni yang akan diciptakan oleh seorang manusia.

Garis

Unsur garis merupakan unsur penggabungan semua titik-titik menjadi suatu garis tertenu. Setiap garis yang terbentuk akan membentuk ciri khasnya serta watak yang dapat menggambarkan suatu karya seni tersebut, dan juga dapat menjelaskan apakah itu bersifat keras, lentur, kaku, lunak, dan lain-lain.

Bidang

Bidang merupakan unsur dari pengembangan serta penggabungan dari banyaknya garis yang akan menghasilkan beberapa sisi dalam suatu karya seni, sehingga jika digabungkan akan menjadi bidang yang memiliki keindahan sendiri.

Bentuk

Unsur bentuk merupakan unsur yang membuat suatu karya seni menjadi lebih hidup dan bermakna dengan segala sentuhan dan detail yang sempurna, sehingga dapat menghasilkan suatu karya seni menjadi lebih indah.

Ruang

Unsur ruang merupakan unsur yang mempunyai dua sifat, yakni sifat semu dan sifat nyata. Diantara kedua sifat ini sangat berbeda, tergantung dari dimensinya (dua dimensi atau tiga dimensi).

Warna

Warna merupakan unsur yang paling penting dalam seni, supaya menjadi lebih indah seniman harus pintar mempadu-padankan warna. Perpaduan warna inilah yang akan menentukan suasana hati seorang seniman.

Tekstur

Dalam sebuah seni, tekstur merupakan sifat atau keadaan yang terdapat dalam sebuah karya seni. Unsur ini dibagi menjadi dua macamnya, yakni tekstur semu dan tekstur nyata.

Tekstur semu merupakan tekstur yang tidak mempunyai kesan pada kesamaan antara penglihatan serta indera peraba. Sedangkan tekstur nyata adalah tekstur yang mana antara indera peraba dan indera penglihatan terasa sama.

Gelap Terang

Unsur ini merupakan unsur yang menjadikan suatu hasil karya seni yang dibuat akan menjadi nyata, sebab dalam proses pembuatannya sangat memerhatikan intensitas cahaya dari objek yang akan dijadikan sebuah karya seni.

Macam-Macam Seni Rupa

Dalam sebuah karya seni rupa memiliki macam-macamnya yang juga memiliki arti yang berbeda. Berikut beberapa macam-macam seni rupa.

Seni Berdasarkan Fungsinya

Seni berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua bagian, yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Pengertian dari seni rupa murni adalah suatu karya seni yang diciptakan dengan tujuan sebagai menuangkan ide serta imajinasi dari seseorang yang menciptakannya.

Sedangkan seni rupa terapan merupakan suatu karya seni yang mempunyai tujuan praktis untuk membantu segala aktivitasmu menjadi lebih cepat dan mudah.

Seni Berdasarkan Wujudnya

Karya seni berdasarkan wujudnya dibedakan menjadi dua bagian, yakni seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi.

Pengertian dari seni rupa dua dimensi merupakan karya seni yang dapat dinikmati dari satu arah. Sedangkan pengertian dari seni rupa tiga dimensi adalah karya seni yang dapat dinikmati dari berbagai sisi.

Contoh hasil karya dari seni rupa dua dimensi yakni seperti lukisan, sketsa, ilustrasi. Sedangkan contoh dari hasil karya seni rupa tiga dimensi yakni seperti patung, sebuah bangunan, dan vas bunga.

Seni Berdasarkan Masanya

Macam-macam seni yang terkahir adalah berdasarkan masanya, seni rupa berdasarkan masanya dibagi menjadi tiga bagian, yakni seni rupa tradisional, seni rupa modern, dan seni rupa kontemporer.

Seni rupa tradisional memiliki sifat statis, yang mana pola serta bentuk dari seni tersebut selalu sama dari dulu hingga sekarang. Sedangkan seni rupa modern bersifat individualis, yang mana dalam sebuah karya seni diberi sentuhan berbagai kreativitas.

Dan yang terakhir seni rupa kontemporer, hasil dari sebuah karya seni yang terbentuk diwaktu tertentu, sehinga sifatnya kekinian atau masa kini pada zamannya.

Fungsi Seni Rupa

Fungsi Seni Rupa
pixabay.com

Seni rupa memiliki dua bagian fungsi, yakni fungsi individu serta fungsi sosial, yang tentunya dari kedua fungsi tersebut sangatlah berbeda. Berikut kedua fungsinya.

Fungsi Individu

Fungsi seni rupa secara individu tentunya bersifat untuk memuaskan diri sendiri. Yang mana seseorang menciptakan suatu hasil karya yang hanya untuk memuaskan batin serta mengekspresikan dirinya sendiri. Biasanya fungsi ini menggambarkan suasana emosional sang pembuat.

Fungsi Sosial

Sedangkan fungsi dari seni rupa secara sosial adalah untuk memberikan kepuasan kepada banyak orang. Hasil karya tersebut biasanya dapat berguna bagi orang lain, contohnya seperti sebuah bangunan gedung, bangunan rekreasi, patung, dan masih banyak lagi.

 


 

Nah, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai seni rupa ini, dan semoga dengan kalian membaca artikel ini bisa membuka wawasan yang lebih luas lagi mengenai seni rupa. Demikian dari saya, Terimakasih dan Sampai Jumpa 🙂

Jangan lupa baca artikel lain di artikel ini!!!

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *