√ 17+ Pengertian Kewirausahaan | Contoh, Manfaat, dan Karakteristik

Pengertian Kewirausahaan Membahas mengenai kewirausahaan, pastinya hal yang dibenak kalian adalah pekerjaan orang tua kita yang sering ditanyakan kepada guru kalian, dan orang tua kalian memberitahu anda dengan menjawab wirausaha saja.

Dan dibenak kalian berfikir lagi, apa sih itu kewirausahaan? yang biasanya orang tua kalian jawab kepada orang lain yang sedang menanya pekerjaannya apa.

Nah, kalian beruntung datang ke artikel ini. Kali ini catilmu.com akan membahas mengenai pengertian kewirausahaan, ciri-cirinya, karakteristiknya, dan masih banyak lagi.

Oke, mari saja kita langsung menuju pembahasannya.

Semoga adanya artikel ini dapat membantu kalian yang ingin mencari jawaban dari apa yang ingin kalian cari


Pengertian Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan
pexels.com

Apa sih arti dari kewirausahaan itu ? Nah, secara umum kewirausahaan memiliki makna sebagai suatu cara atau kemampuan seseorang untuk menciptakan atau melakukan sesuatu dengan kreatif serta penuh pembaharuan yang dapat bermanfaat bagi orang lain dan memiliki nilai jual.

Serta dari beberapa sumber mengakatan bahwa pengertian dari kewirausahaan itu sebagai suatu sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas, aktif, dan menciptakan sdm dalam membuat sesuatu yang baru, serta unik yang dapat berguna bagi seluruh orang.

Sedangkan dalam wikipedia, definisi dari kewirausahaan memiliki arti sebagai suatu proses dalam melebarkan, mengidentifikasi, serta mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan.

Kata “kewirausahaan” bersumber dari kata wira dan usaha, dengan memiliki arti “wira” sebagai pejuang, pemberani dan berwatak agung, serta berbudi luhur. Sedangkan “usaha” memiliki arti sebagai bekerja, berbuat amal, serta berbuat sesuatu.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Para ahli pun juga mengungkapkan pendapatnya masing-masing mengenai pengertian kewirausahaan. Supaya dapat lebih mengetahuinya, berikut beberapa pendapat dari ahli.

Drs. Joko Untoro

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Drs. Joko Untoro adalah :

Suatu tindakan keberanian untuk melakukan berbagai cara dalam memenuhi kebutuhan hidup seseorang, berdasarkan kemampuan yang dimiliki untuk memanfaatkan segala kekuatan dalam menghasilkan sesuatu yang bernilai bagi dirinya dan juga orang lain.

-Drs. Joko Untoro

Maksud dari kata diatas adalah, melakukan berbagai upaya yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan dan menghasilkan manfaat bagi dirinya sendiri dan juga orang lain.

Eddy Soeryanto Soegoto

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Eddy Soeryanto Soegoto merupakan :

Tindakan kreatif berdasarkan inovasi dalam menghasilkan sesuatu yang baru, terdapat nilai tambah, memberikan manfaat, serta membuat lapangan kerja dan hasil dari tersebut dapat berguna bagi orang lain.

-Eddy Soeryanto Soegoto

Pembahasan diatas bermaksud untuk melakukan sebuah gebrakan baru terhadap diri kita, berdasarkan inovasi yang dimiliki, dan hasilnya dapat membuat hal yang baru, serta dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

Ahmad Sanusi

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Ahmad Sanusi adalah :

Sebuah usaha yang dilaksakan dalam bentuk perilaku serta dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis itu sendiri.

-Ahmad Sanusi

Maksud diatas adalah suatu usaha harus segera dilaksakan untuk menjadikan hal yang berguna atau bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Soeharto Prawiro

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Soeharto Prawiro adalah :

Sebuah potensi yang dibutuhkan dalam memulai usaha serta mengembangkannya.

-Soeharto Prawiro

Peter Drucker

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Peter Drucker merupakan :

Kemahiran dalam menciptakan sesuatu yang baru serta berbeda dari kebanyakan orang.

-Peter Drucker

Zimmerer

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Zimmerer merupakan :

Suatu tahapan menerapkan kreativitas serta inovasi untuk memecahkan persoalan dan mendapatkan peluang dalam memperbaiki kehidupan bisnis.

-Zimmerer

Maksud kata diatas adalah, langkah dalam mempraktekkan kreativitas dan inovasi dalam menyelesaikan persoalan untuk memperbaiki bisnis.

Siswanto Sudomo

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Siswanto Sudomo adalah :

Suatu hal yang penting dalam hidup seorang wirausaha, yaitu orang yang mempunyai jiwa pekerja keras, mau berkorban, memusatkan segala daya, serta berani dalam mengambil resiko untuk menciptakan gagasannya.

-Siswanto Sudomo

Maksud pengertian diatas adalah suatu hal penting bagi seorang wirausaha yang memiliki watak pekerja keras, dan lain sebagainya, dalam mengambil keputusan untuk mewujudkan apa yang dia rencanakan.

S. Wijandi

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari S. Wijandi merupakan :

Sebuah watak keberanian, keutamaan, serta keteladanan untuk mengambil resiko yang beasal dari kemampuan diri sendiri.

-S. Wijandi

Robbin & Coulter

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Robbin & Coulter adalah :

Suatu proses yang mana seseorang maupun kelompok individu melakukan upaya yang terencana dalam mencari peluang serta menciptakan suatu nilai, yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan serta keinginan lewat sebuah inovasi dan keunikan, dimana tidak memedulikan apapun sumber daya yang digunakan.

-Robbin & Coulter

Joseph Schumpeter

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Joseph Schumpeter merupakan :

Seseorang yang memperoleh kesempatan dan mampu mebuat kesempatan tersebut menjadikan sebuah peluang usaha yang dapat menghasilkan.

-Joseph Schumpeter

Arif F. Hadipranata

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Arif F. Hadipranata merupakan :

Seseorang yang berani dalam mengambil resiko dari semua kegiatan usaha yang dilaksanakan.

-Arif F. Hadipranta

Kasmir

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Kasmir adalah :

Seorang sosok pemberani dalam mengambil resiko dari sebuah peluang usaha yang ada, dengan keinginan mampu memperoleh sebuah pembelajaran yang baru dari peluang yang dia ambil tersebut.

-Kasmir

Andrew J. Dubrin

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Andrew J. Dubrin merupakan :

Seorang yang dapat melaksanakan berbagai macam hal yang bisa bermanfaat atau berguna bagi banyak orang.

-Andrew J. Dubrin

Hervey Leibenstein

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Hervey Leibenstein adalah :

Sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk menciptakan dan menjalankan sesuatu produk, yang mana keadaan pasar saat itu masih belum jelas teridentifikasi atau pasar belum terbentuk.

-Herley Leibenstein

Baca Juga :

Jean Baptista Say

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Jean Baptista Say adalah :

Pergabungan dari berbagai macam alat produksi dalam menghasilkan sesuatu yang berguna dan bermanfaat dari hasil produksi tersebut.

-Jean Baptista Say

Kathleen

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Kathleen merupakan :

Seorang yang bisa, serta mampu mengatur, melaksanakan dan mau mengambil resiko yang ada, dari pekerjaan yang dijalankan tersebut dalam dunia usaha.

-Kathleen

Mas’ud Mahfud & Mahmud Mahfud

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Mas’ud Mahfud dan Mahmud Mahfud merupakan :

orang-orang yang mempunyai inovasi dalam mengubah kesempatan menjadi ide-ide yang dapat menghasilkan, mendapatkan nilai tambah bagi banyak orang, biaya, waktu, serta kecakapan dengan adanya tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

-Mas’ud Mahfud dan Mahmud Mahfud

Penrose

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Penrose merupakan :

Sebuah kegiatan yang meliputi berbagai macam kesempatan yang teridentifikasi dalam suatu sistem ekonomi.

-Penrose

Raymond

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat dari Raymond adalah :

Seseorang yang memiliki jiwa kreatif, inovatif, serta mampu mewujudkannnya dalam bentuk karya yang dapat mensejahterakan lingkungannya dan masyarakatnya juga.

-Raymond

Manfaat Kewirausahaan

Manfaat Kewirausahaan
pexels.com

Terdapat penilitan yang mengidentifikasikan bahwa pemilik bisnis mikro, kecil atau lainnya dipercaya bahwa mereka cenderung memiliki jiwa bekerja secara lebih keras, menghasilkan lebih banyak uang, serta lebih membanggakan dari pada bekerja pada perusahaan besar.

Seorang tokoh bernama Thomas W Zimmerer sendiri mengakatan bahwa, terdapat berbagai macam manfaat dari kewirausahaan itu sendiri, berikut ini beberapa manfaatnya.

Membuka Peluang Serta Kebebasan Dalam Mengendalikan Nasib Sendiri

Memiliki usaha sendiri terdapat sebuah kebebasan serta peluang untuk pebisnis dalam memenuhi tujuan hidupnya. Seorang pembisnis akan mencoba memenangkan hidupnya dan dapat memungkinkan bahwa bisnis itu digunakan untuk dapat menggapai cita-citanya.

Memberikan Peluang Melaksanakan Perubahan

Banyak sekali pembisnis yang ketika mengawali usahanya supaya untuk dapat menangkap peluang dalam melakukan serangkaian perubahan, hal tersebut lah bagi mereka itu sangat penting.

Contohnya seperti menyediakan perumahan sederhana yang bersih, sehat, dan juga layak pakai, serta mendirikan sebuah pabrik daur ulang limbah dalam melestarikan sumber daya alam yang terbatas.

Dengan cara tersebutlah pebisnis sekarang memiliki wujud kepedulian kepada berbagai masalah ekonomi dan juga sosial, dengan suatu harapan untuk dapat menjalani hidup yang lebih baik lagi.

Memberikan Peluang Dalam Meraih Potensi Diri Dengan Penuh

Semakin banyak orang yang sadar akan bekerja di sebuah perusahaan itu sering membuah kita bosan, kurang menantang, serta tidak ada daya tariknya.

Semua masalah tersebut tidak berlaku bagi seorang wirausahaan, bagi mereka antara pekerjaan, menyalurkan hobi atau bermain tidak ada bedanya, karena keduanya sama saja.

Bisnis mereka pun diibaratkan seperti aktualisasi diri, dengan keberhasilannya sebagai sebuah hal yang ditentukan lewat kreativitas, antusias, inovasi, serta visi mereka sendiri.

Bagi mereka memiliki sebuah perusahaan sendiri sama saja dengan memberikan kekuasaan untuk mereka, kebangkitan spiritual, serta dapat mengikuti minat atau hobi itu sendiri.

Memiliki Peluang Dalam Berperan Aktif

Dalam kehidupan bermasyarakat biasanya pengusaha ataupun pemilik usaha kecil mendapatkan sebuah pengakuan serta merupakan warga masyarakat yang paling dihormati serta dipercaya.

Kesepakatan bisnis lewat kepercayaan serta pengakuan yang diterima merupakan ciri khas dari pengusaha kecil. Para pemiliki usaha tersebut pun sangat suka terhadap kepercayaan dan pengakuan dari pelanggan yang sudah dilayaninya selama bertahun-tahun.

Peran penting dijalankan pada sistem bisnis di lingkungan setempat, serta kesadaran bekerja memiliki dampak yang nyata untuk membuat kelancaran fungsi sosial dan ekonomi nasional, yang merupakan sebuah imbalan bagi manajer sebuah perusahaan kecil.

Mempunyai Peluang Dalam Meraih Keuntungan

Walaupun pada tahap pertama uang bukan menjadi daya tarik utama dalam wirausahawan, keuntungan dari berwirausaha merupakan faktor motivasi yang sangat penting dalam mendirikan usaha sendiri.

Acapkali para pembisnis tidak ingin mereka menjadi kaya, namun banyak diantaranya yang menang menjadi berkecukupan.

Mempunyai Peluang Untuk Melaksanakan Sesuatu yang Disukai

Ketika kita menjadi seorang wirausahawan, maka peluang dari melakukan sesuatu yang disenangi dan menimbulkan rasa senang dalam mengerjakan hal yang didasari oleh pengusaha kecil merupakan bahwa aktivitas usaha sesungguhnya mereka bukanlah bekerja.

Banyak sekali kewirausahawan yang berhasil masuk ke bisnis tertenu, sebab mereka tertarik serta menyukai pekerjaan tersebut.

Yuk, Baca Juga Artikel berikut :

Contoh Kewirausahaan

Contoh Kewirausahaan
pexels.com

Selanjutnya yang patut kita ketahui adalah seperti apa sih contoh dari kewirausahaan tersebut. Nah, pada dasarnya dalam semua bidang usaha, baik itu berskala kecil maupun besar dapat dijadikan sebagai contoh dari kewirausahaan, berikut beberapa contohnya.

Usaha Dalam Bidang Kuliner

Usaha dalam bidang ini merupakan menjadi yang paling dinikmati, karena hampir seluruh peminatnya membutuhkan asupan makanan setiap hari, maka tak heran dalam bidang ini tak kunjung sepi peminat. Berikut beberapa jenis-jenis usaha dalam bidang kuliner.

  1. Restaurant
  2. Rumah Makan
  3. Cafe.
  4. Warung Nasi
  5. Pedagang Kaki Lima
  6. Penjual Makanan
  7. Penjual Minuman
  8. Penjual Makanan Ringan.
  9. Penjual Jajanan Daerah.
  10. dan lain sebagainya.

Usaha Dalam Bidang Jasa

Usaha dalam bidang ini membutuhkan pemiliknya untuk memiliki wawasan yang luas tergantung dalam jasa yang ditawarkan. Berikut ini beberapa contoh usaha dalam bidang jasa.

  1. Jasa logistik.
  2. Jasa Desain Grafis.
  3. Jasa Video Editor.
  4. Jasa Pembuatan Website.
  5. Jasa SEO.
  6. Jasa Pembuatan Artikel.
  7. Jasa Tata Rias.
  8. Jasa Antar Jemput.
  9. Jasa Pengrajin.
  10. dan lain sebagainya.

Usaha Dalam Bidang Jual Beli

Contoh dari kewirausahaan ini pun sangat dinikmati, serta melakukan tindakan usaha jual beli secara langsung. Contoh dari usaha dari jual beli seperti.

  1. Jual Beli Alat Elektronik.
  2. Jual Beli Kendaraan.
  3. Jual Beli Hewan Peliharaan.
  4. Jual Beli Saldo Virtual.
  5. dan lain sebagainya.

Usaha Dalam Bidang Agrobisnis

Dalam bidang pertanian, peternakan, maupun perikanan menjadi salah satu komiditi yang paling banyak dibutuhkan bagi manusia pada setiap harinya.

Usaha dalam bidang tersebut masih dalam bentuk bidang agrobisnis, karena terdapat permintaan serta pengambilan keuntungan disana. Contoh dari usaha dalam bidang agrobisnis seperti.

  1. Pembudidayaan Ikan Segar.
  2. Peternakan Ayam.
  3. Peternakan Sapi.
  4. Pembudidayaan Hewan Peliharaan.
  5. Pembudidayaan Sayur.
  6. Pembudidayaan Buah-buahan.
  7. dan masih banyak lagi.

Usaha Dalam Bidang Waralaba atau Franchise

Usaha yang terakhir merupakan usaha yang sering marak pada saat ini, yakni dalam jenis bidang usaha waralaba atau franchise.

Sistem yang digunakan dalam usaha ini yakni pendistribusian barang dan jasa melalui hubungan kerjasama dengan pemiliki usaha (franchisor) dan pemiliki modal (franchisee). Berikut beberapa contoh usaha dalam bidang waralaba atau franchise.

  1. KFC.
  2. CFC.
  3. Starbucks.
  4. Alfamart.
  5. Indomart.
  6. dan masih banya lagi.

Karakteristik Kewirausahaan

Karakteristik Kewirausahaan
pexels.com

Karakteristik dari wirausahawan dapat dilihat dari sikap-sikap atau tindakan yang dilakukan oleh seorang wirausaha, dan juga dapat dilihat dari sikap kesehariannya, seperti memiliki komitmen dan juga tidak setengah-setengah dalam melaksanakan pekerjaan.

Menurut pendapat dari M. Scarborough dan Thomas W. Zimmeree karakteristik kewirausahaan adalah sebagai berikut.

  • Desire for Responsibility

Seorang wirausahawan mempunyai rasa tanggung jawab dari usaha yang dilakukannya.

  • Preference for Moderate Risk

Para wirausahawan lebih memilih resiko yang sedang, ketimbang memilih resiko yang kecil ataupun besar.

  • Confidence

Para wirausahawan memiliki rasa kepercayaan akan kemampuan yang dimiliki untuk menggapai keberhasilan.

  • Desire for Immediate Feedback

Para wirausahawan selalu menghendaki adanya umpan balik sesegera mungkin.

  • High Level of Energy

Seorang wirausahawan mempunyai semangat tinggi serta selalu bekerja keras dalam mewujudkan keinginannya untuk menggapai masa depan yang lebih cerah atau baik.

  • Future Orientation

Seorang wirausahawan selalu berorientasi menuju masa depan, serta memiliki perspektif dan berwawasan jauh ke depan.

  • Skill at Organizing

Wirausahawan memiliki keterampilan untuk mengorganisir sumber daya dalam menciptakan nilai rendah.

  • Value Achievement Over Money

Para wirausahawan selalu menilai prestasi dengan uang.


Penutup

Nah, itulah beberapa pengertian dari kewirausahaan, contoh, manfaat, dan juga karakteristik dari kewirausahaan tersebut. Semoga adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian mengenai seputar kewirausahaan.

Demikian dari catilmu.com, Terimakasih dan Sampai Jumpa :).

Oh iya, jangan lupa baca beberapa artikel berikut dibawah ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *