Pengertian Seni : Definisi Secara Umum, Macam-macam, dan Fungsi Seni

Pengertian seni – Seni merupakan sebuah karya yang mana dalam sebuah seni tersebut terdapat pengungkapan rasa yang ada, lalu dilampiaskan ke dalam bentuk sebuah karya. Jadi maka tak heran dari zaman pra sejarah sampai sekarang seni itu adalah bagian dari kehidupan manusia.

Seni pada masa pra sejarah dapat dilihat dalam lukisan-lukisan yang berada dalam goa, dalam seni tersebut juga terdapat nilai tersendiri. Serta seni pada zaman sekarang yang dikarang dalam sebuah papan kecil, atau media apapun yang dapat dibuat dalam menghasilkan karya.

Seni dapat mempunyai makna tersendiri bagi pembuatnya, baik makna yang dapat diartikan ataupun makna yang susah diartikan. Maka tak heran jika ada sebuah karya seni yang dapat dijual dengan harga setinggi langit. Terdapat beberpa pengertian seni yang diungkapkan menurut para ahli.

Pengertian Seni

Seni dapat dibilang dari bahasa sansekerta yakni (Sani) yang bisa diartikan sebuah pemujaan ataupun persembahan.

Sedangkan menurut Padma Pushpita, istilah seni berasal dari bahasa Belanda yakni (Genie) yang berarti genius dalam bahasa latin.

Seni merupakan sebuah bakat dari seseorang yang memiliki kemampuan mengagumkan sejak lahir. Dalam bahasa Inggris seni adalah (Art) yang dapat diartikan art visual, seni rupa.

Baca Juga :

Pengertian Seni Secara Umum

Seni
pexels.com

Seni merupakan hasil sebuah penciptaan karya dari semua orang yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Dan juga pengertian seni secara umum adalah sebuah hasil karya dikarang oleh manusia yang terutama para pecinta seni yang mana dalam sebuah karya tersebut terdapat nilai-nilai keindahan.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Para ahli dalam mengungkapkan pendapatnya biasanya saling berbeda, begitu juga dengan pengertian seni. Berikut beberapa pengertian seni yang diungkapkan oleh para ahli :

  • Aristoteles

Seni menurut Aristoteles adalah sebuah bentuk pengungkapan serta penampilan yang tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.

  • Alexander Baum Garton

Seni menurut Alexander Baum Garton merupakan sebuah keindahan dan memiliki tujuan positif yang menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

  • Immanuel Kant

Seni menurut Immanuel Kant adalah impian, sebab rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.

  • Ki Hajar Dewantara

Seni menurut Ki Hajar Dewantara merupakan hasil keindahan sehingga dapat menimbulkan perasaan indah, dan seni adalah perbuatan manusia yang dapat memengaruhi serta menumbuhkan rasa indah .

  • Sudarmaji

Seni menurut Sudarmaji adalah sebuah indikasi atau manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, tekstur, garis, warna, volume, dan gelap terang.

  • James Murko

Seni menurut James Murko merupakan penjelasan dari rasa indah yang mana terkandung dalam jiwa manusia, serta dilahirkan dalam perantaraan alat komunikasi yang terbentuk oleh indra pendengaran (seni suara), penglihatan (seni lukis), atau dengan perantaraan seni gerak (seni tari, drama).

  • Leo Tolstoy

Seni menurut Leo Tolstoy adalah ungkapan perasaan seorang pencipta kemudian disampaikan kepada orang lain, supaya mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pencipta.

  • Hilary Bel

Seni menurut Hilary Bel merupakan istilah yang dapat digunakan pada semua karya, serta dapat menggugah hati agar mencari tahu siapa penciptanya.

  • Eric Ariyanto

Seni menurut Eric Ariyanto adalah aktivitas rohani atau batin yang dilangsungkan dalam bentuk karya untuk dapat menggugah perasaan orang lain yang melihatnya atau mendengarnya.

  • Drs. Popo Iskandar

Seni menurut Drs. Popo Iskandar merupakan lontaran emosi yang ingin diungkapkan kepada orang lain dalam hidup bermasyarakat/berkelompok.

  • Ensiklopedia Indonesia

Seni menurut Ensiklopedia Indonesia adalah pencipataan dari segala hal, sebab keindahannya dapat menimbulkan rasa senang untuk melihat ataupun mendengar.

  • Thomas Munro

Seni menurut Thomas Munro merupakan suatu alat yang diciptakan oleh manusia supaya dapat menimbulkan efek-efek psikologis pada manusia lain yang melihatnya.

  • Herbert Read

Seni menurut Herbert Read adalah ekspresi atas penuangan hasil pengamatan serta pengalaman yang diikat pada perasaan, aktivitas fisik dan psikologis dalam bentuk karya.

  • Plato

Seni menurut Plato merupakan hasil tiruannya alam serta segala isinya (ars imitator naturam)

Macam-macam Seni

Macam-macam Seni
pexels.com

Seni bisa dinikmati lewat visual art (yakni media penglihatan), audio art (yakni media mendengar), serta audio visual (yakni penggabungan dari sebelumnya).

Seni secara umum terbagi menjadi lima bagian, yakni sebagai berikut :

  • Seni Rupa

Seni rupa memiliki hasil karya yang terdiri dari gambar, lukisan, patung, kerajinan tangan, dan lain-lain. Hasil dari karya tersebut biasanya dihasilkan dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Biasanya para pecinta seni paling gemar dengan seni ini, sebab memiliki keindahan dalam bentuknya.

  • Seni Musik

Seni musik adalah karya seni yang berupa dalam bentuk melodi maupun harmoni yang dapat menimbulkan suara atau bunyi yang indah.

Penjelasan dari pengertian seni musik mengarah pada hasil karya yang dapat dinikmati oleh para penggemarnya.

Seni ini memiliki unsur-unsurnya yang terdiri dari, harmonisasi, melodi, dan notasi, serta unsur yang paling penting adalah unsur bunyi itu sendiri. Selain dari alat, suara musik juga dapat berasal dari manusia misalkan akapela, beatbox.

  • Seni Tari

Seni tari merupakan seni yang memanfaatkan gerak tubuh untuk keindahan. Dengan gerakan tersebut berfungsi sebagai media komunikasi yang disampaikan oleh koreografi.

Secara umum seni ini biasanya diiringi dengan seni musik, supaya sang penari akan berkonsentrasi dalam gerak-gerik tari untuk penyampaian pesan dan perasaan.

  • Seni Teater

Seni teater adalah seni yang dapat memvisualisasikan imajinasi atau menggambarkan buah pemikiran seseorang.

Hasil dari imajinasi tersebut biasanya terhubung pada perilaku manusia, baik itu secara individu ataupun kelompok.

Beberapa kemampuan yang berada dalam seni teater adapun kemampuan membuat naskah, pemahaman mengenai karakter, serta mengekspresikan karakter dalam naskah. Adapun contoh dari seni teater adalah seperti ludruk, lenong, wayang, dan lain-lain.

  • Seni Sastra

Seni sastra merupakan seni yang dapat dinikmati atau dirasakan lewat media pendengaran ataupun penglihatan.

Melalui seni ini, seseorang dapat mengutarakan pesan dan kesan dengan cara yang indah. Contoh dari seni sastra yakni puisi dan kaligrafi.

Fungsi Seni

Fungsi Seni
pexels.com

Fungsi dari seni secara umum bermakna sebagai bentuk/cara dari penyampaian ekspresi seseorang terhadap orang lain serta lingkungannya.

Fungsi dari seni memiliki dua bagian yakni fungsi individual dan fungsi sosial. Berikut penjelasannya :

Fungsi Individu

Seni untuk individu mempunyai fungsi sebagai alat pemenuhan kebutuhan. Berikut beberapa kebutuhannya :

  • Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Pada dasarnya manusia merupakan makhluk yang memiliki kecakapan dalam berapresiasi pada keindahan serta pemakaian berbagai benda.

Seni ini memang mengarah pada pemuasan terhadap kebutuhan fisik serta memberikan kenyamanan pada orang lain.

  • Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Emosional

Rasa emosi merupakan perasaan dalam diri manusia yang tidak dapat diketahui orang lain, baik itu perasaan sedih, marah, senang, benci, cinta, dan lain-lain.

Semua orang perlu meluapkan emosinya tersebut agar ketenangan jiwanya kembali normal, cara agar seseorang tenang dalam balutan emosi dibutuhkanlah dorongan dari luar seperti orang tua, teman, pacar, ataupun saudara.

Serta cara agar meredakan emosi adalah dengan menuangkan rasa emosi tersebut pada musik, lukisan, menari, ataupun hal lainnya.

Bisa juga ketika sesorang merasa stress ia dapat meluangkan waktunya untuk rekreasi, pergi bersama teman, nonton bioskop, maupun kegiatan lainnya yang dapat meredakan tekanan jiwanya.

Fungsi Sosial

Dalam fungsi ini merupakan suatu fungsi dari seni yang dapat bermanfaat pada pemenuhan kebutuhan sosial pada individu. Fungsi ini memiliki beberapa macam fungsi, adapun beberapa fungsinya sebagai berikut :

  • Sebagai Media Pendidikan

Seni juga dapat memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan dikelompokkan menjadi tiga kategori, yakni :

    1. Pendidikan formal : Pendidikan yang berada dalam lingkungan sekolah.
    2. Pendidikan non formal : Pendidikan yang berada dalam lingkungan masyarakat.
    3. Pendidikan informal : Pendidikan yang berada dalam lingkungan keluarga.

Seorang individu dapat belajar lewat seni mengenai nilai-nilai serta ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Seperti halnya siswa belajar tentang musik ataupun drama, yang mana dalam kegiatan tersebut dapat mengekspresikan diri kepada orang lain.

  • Sebagai Media Keagamaan/Religi

Seni juga terkadang memberikan sesuatu kesan religi dalam suatu keagamaan. Seperti halnya dalam sebuah seni ukiran kaligrafi yang terdapat pada dinding masjid maupun rumah.

Ataupun seni musik yang memiliki unsur religi seperti rebana, gamelan, angklung, dan lain-lainnya yang dapat menenangkan jiwa dan pikiran untuk mengisi aktivitas keagamaan.

  • Sebagai Media Informasi

Seni terkadang juga dapat memberitahukan informasi pesan moral yang berada didalamnya dan bermaksud untuk menunjukkan suatu gagasan atau tujuan tertentu.

Contoh dari seni sebagai media informasi adalah seperti wayang kulit, pagelaran teater, dan juga poster-poster yang bernilai seni seperti bahaya narkoba, imunisasi, dan lain-lain.

  • Sebagai Media Hiburan

Fungsi terakhir yakni fungsi seni sebagai media hiburan, dalam hal ini para pecinta seni terkadang menikmati sebuah karya seni untuk menghibur dirinya sendiri, seperti halnya mendatangi konser musik, menonton bioskop, melihat pagelaran lukisan indah, dan lain-lain.

 


 

Nah, itulah tadi beberapa rangkuman mengenai seni. Mungkin itu saja yang bisa sampaikan, semoga adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian tentang seni. Sekian dari saya, Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *