Pengetahuan

Beberapa Jenis Box Packaging Yang Paling Sering Digunakan

Jenis-jenis box packaging – Dalama dunia pengiriman barang tentunya memerlukan box packaging sebagai wadah barang yang akan di kirim.

Selain dimanfaatkan untuk mengemas barang, box packaging atau biasa disebut sebagai karton box bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang bekas kalian yang sudah tidak digunakan lagi.

Untuk memudahkan kalian mengetahui jenis-jenis box packaging atau box karton, kalian perlu baca terus artikel ini sampai habis, agar informasi yang kami beri tidak akan terlewati oleh kalian.

Berikut beberapa jenis karton box atau box packaging yang wajib kalian ketahui untuk keperluan pengiriman barang, penyimpanan barang, dan lain sebagainya.

“Sedang mencari Snack Box untuk acara anda? Pesan sekarang juga di tempat kami. Harga bersahabat dan juga gratis ongkir”

Klik Disini

Istilah Pada Box Packaging

Bagi beberapa orang yang bekerja dalam bidang pembuatan kertas box pasti telah mengetahui istilah-istilah yang ada pada box packaging ini.

Bagi kalian yang belum tahu, tenang saja berikut ini beberapa istilah yang dipakai pada box packaging.

Creasing

Creasing
dinastindopratama.com

Creasing sendiri merupakan kata yang berasal dari Bahasa Inggris “Crease” yang memiliki arti sebagai lipatan atau melipat, sehingga bisa diartikan pula dalam dunia kertas karton sebagai asal lipatan yang berguna untuk membantu proses melipat.

Umumnya, kedalaman yang dipakai di tiap jenis box berbeda, dimulai dari ½, ¼, bahkan ada yang mencapai ¾ dari ketebalan box yang akan dilipat.

Sedangkan untuk tipenya, istilah creasing memiliki 3 tipe macam, yang terdiri dari point flat, point to point, dan three point.

Slot

Slot
vendorpedia.co.id

Istilah kedua dari box packaging adalah “Slot” atau “Slotter”. Dua istilah tersebut sama-sama memiliki makna sebagai garis yang memotong serta memisahkan dari box dan tutup kardusnya.

Flap

Flap
dinastindopratama.com

Istilah terakhir yang sering kali disebut adalah “Flap”. Makna kata tersebut merupakan penutup karton box yang fungsinya sebagai penutup pada box tersebut.

Tipe Bahan Pada Box Packaging

Kebingungan ketika ingin tahu bahan yang biasanya digunakan pada box packaging? Nah, kalan tidak perlu kebingungan lagi, sebab rasa kebingungan itu telah terpecahkan ketika membaca artikel ini.

Yellow Board Paper

Yellow Board Paper
id.seetracker.com

Jenis bahan ini ketika dicetak, harus memerlukan jenis kertas lain, supaya bisa tercetak warnanya. Dengan memiliki daya tahan yang tidak perlu diragukan lagi, biasanya jenis yellow board sering digunakan pada bahan dasar hard cover. Seperti box smartphone, kartu undangan, box cincin, box kacamata, dan lain sebagainya.

Ketika hendak dijual, jenis kertas ini harus dihitung terlebih dahulu ketebalannya. Biasanya dihargai mulai dari YB 25 sampai YB 40. Ada harga, ada rupa, begitulah kiranya ketika tipe jenis yellow board hendak dijual.

Kraft Paper

Kraft Paper
id.aliexpress.com

Dengan memiliki warna coklat yang khas, proses pembuatan dari tipe ini menggunakan serat kayu serta hasil dari daur ulang kertas.

Seperti yang biasanya kalian lihat box pada umumnya, tipe ini memiliki multi fungsi, seperti bisa dijadikan sebagai dasar pembuatan karton box, hangtag, paper bag, karung, dan lain semacamnya.

Tipe ini pun memiliki dua jenis sub tipe, yakni white kraft dan brown kraft. Perbedaannya terletak pada warna lapisan luarnya, akan tetapi dari kedua sub tipe itu, pada bagian dalamnya sama-sama tetap berwarna coklat.

Untuk harga dari tipe kraft sangatlah beragam, bisa dihitung dari ukuran dan gramasi, serta dari per lembar atau per gulungan.

Corrugated Paper

Corrugated Paper
tokopedia.com

Pernahkah anda membeli barang dalam jumlah yang besar atau terdapat barang yang dapat terpecah belah? Nah, untuk bisa dapat terlindungi, barang-barang tadi biasanya memakai tipe box corrugated box ini.

Bahan dasar pembuatan box ini pun terbuat dari beberapa lapisan tipe kraft, yang mana ditengahnya terdapat lapisan bergelombang. Lapisan itulah yang menjadikan bantalan supaya barang yang tadi tidak dapat cepat rusak.

Nah, untuk sekarang ini tipe corrugated box terbuat tidak hanya dari kertas kraft saja, melainkan juga bisa digabungkan dengan kertas duplex dan dicetak full color sehingga kemasan pun akan menjadi cantik untuk dilihat.

Corrugated box memiliki 3 jenis tipe, yakni single wall, double wall, sampai triple wall. Dari ketiga itu, semakin tebal lapisannya, maka semakin mahal pula harganya, itupun tergantung juga pada ukuran.

Art Paper

Art Paper
importer.co.id

Tampilan cetak pada art paper akan menjadi mewah jika kalian menggunakan warna yang lebih vibrant. Dengan bahan yang mudah ditemukan di percetakan terdekat, art paper merupakan jenis kertas yang tidak gampang sobek, terlipat, maupun rusak terkena air.

Sebab jenis kertas ini mengandung air dan minyak, sehingga tinta yang digunakan pada permukaannya dapat bertahan lama.

Tampilan dari art paper pun sudah cukup mengkilap, namun untuk kalian yang merasa kurang puas, kalian bisa menambahkannya dengan laminating doff, laminating glossy, sampai UV spot. Supaya bisa mendapatkan hasil kemasan yang lebih menarik.

Nah, untuk harganya, jenis art paper sangatlah sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis ivory. Nah, kalian pun dapat memilih dari ukuran dan gramasi yang paling pas, mulai dari 150 gram sampai 400 gram.

Ivory Paper

Ivory Paper
importer.co.id

Ivory memiliki sifat kertas yang kokoh, sehingga kertas ini dapat menjadi pilihan kalian untuk kemasan berbagai macam produk. Jenis kertas ini pun sudah memiliki sertifikat lulus uji, yakni food grade.

Memiliki perpaduan antara art cartoon dan matte paper, kertas ivory memiliki hasil akhir yang mengkilap, dan juga disatu sisinya memiliki hasil akhir yang doff.

Lagi-lagi harganya kertas ivory sangatlah beragam, tergantung dari ukuran dan gramasi. Serta jenis kertas ini lebih mahal dibandingkan dengan kertas duplex.

Duplex Paper

Duplex Paper
indiamart.com

Tipe terakhir yang biasanya paling sering digunakan adalah kertas duplex, ciri-cirinya pun terletak pada warnanya, yang mana memiliki satu sisi yang berwarna putih, dan disatu sisinya lagi berwarna abu-abu pada satu lembar kertas duplex.

Jenis kertas duplex dapat digunakan untuk box catering dan box kue kering. Harga dari kertas duplex pun sangat ekonimis dari jenis tipe-tipe yang lainnya.

Harganya tergantung dari ukuran serta gramasi, dimulai dari 250 gram sampai 400 gram. Semakin berat pasti akan semakin mahal harganya.

Tipe Kardus Box Packaging

Setelah sempat disinggung pada pembahasan diatas, beberapa box juga memiliki berbagai bentuk serta tampilan yang beragam. Berikut ini beberapa tipe kardus berdasarkan jumlah dindingnya.

Single Wall

Single Wall Box
airseacontainers.com

Tipe kardus ini umumnya dipakai untuk pengemasan barang, seperti makanan, minuman, barang elektronik, dan lain sebagainya. Jenis tipe ini memiliki 3 bagian kertas yang memiliki tebal berkisar antara 2-5 mm.

Double Wall

Double Wall Box
almaghfirahtelajung.com

Jenis tipe ini memiliki kesamaan dengan tipe single wall, yang menjadi pembeda antara satu sama lain adalah dari ketebalan kertas dan jumlah kertas. Untuk double wall sendiri memiliki 5 bagian kertas dan tebal bisa mencapai 7 mm.

Triple Wall

Triple Wall Box
davpack.co.uk

Dengan memiliki fungsi sebagai pengiriman barang menuju import ataupun export, kardus ini harus setidaknya memiliki ketebalan yang cukup dan juga kokoh. Karena, biasanya barang yang dikirimkan pasti memiliki berat yang lebih.

Untuk menyiasati hal tersebut, tipe kardus ini memiliki 7 lapisan kertas dan ketebalan mencapai 10 mm.

Jenis-Jenis Box Packaging

Beberapa box dibawah ini merupakan tipe box untuk kebutuhan umum, dan juga pastinya sudah sesuai dengan standard ISO. Berikut ini beberapa jenis box packaging yang perlu kalian ketahui.

A1 – Regular Slotted Container

Regular Slotted Container
packagingcorp.com

Box dengan tipe ini umumnya sangat sering dipakai untuk keperluan pengemasan, seperti makanan ringan, air mineral, mie instan, dan lain sebagainya.

Dengan model yang praktis, mudah dalam penggunaan, terlebih lagi harga yang ditawarkan pada model ini sangat murah dibandingkan dengan harga pada tipe lainnya.

Membuat jenis model ini sangat mudah dikerjakan dengan membutuhkan barang yang sedikit, sehingga bentuk dari model ini pun memiliki kelebihannya tersendiri.

Ciri-ciri dari model ini adalah saat kotak dibentuk serta dilipat, saat itulah flap bagian luar dapat bertemu tepat ditengah-tengah, sehingga biasanya akan direkat memakai isolasi maupun lakban.

A2 – Overlap Slotted Container

Overlap Slotted Container
packagingcorp.com

Secara bentuk tipe box ini terlihat mirip dengan tipe A1 tadi, namun bentuk kedua tipe ini sangat berbeda. Perbedaannya terlihat pada flap atau penutupnya, jika model A1 tadi ketika box ditutup, maka flap akan bertemu ditengah-tengah.

Nah, sedangkan di tipe ini flapnya sedikit menumpuk beberapa sentimeter. Jenis tipe ini sangat amat jarang digunakan, karena dari sisi kegunaanya hampir mirip dengan tipe A1, tetapi harganya lebih mahal sebab luas dari box sangat lah lebih besar.

Ciri-ciri dari tipe A2 adalah saat box dibentuk serta dilipat, saat itulah flap bagian luar bertemu tidak tepat pada bagian tengah-tengahnya, melainkan sedikit lebih menumpuk beberapa sentimeter.

A3 – Centre Special Slotted Container

Centre Special Slotted Container
packagingcorp.com

Tipe A3 merupakan jenis tipe yang mana saat karton box ditutup, maka saat itu kedua flap akan tepat bertemu pada bagian tengahnya.

Kelihatannya jenis tipe ini lebih perfect dibandingkan dengan model A1, sebab kedua bagian flap pada bagian dalam dan bagian luar dapat tertutup rapat pada bagian tengahnya.

Akan Tetapi, untuk bisa menjadikan kedua flap dapat bertemu tepat ditengah, maka bahan yang dibutuhkan pun menjadi lebih besar dan banyak dibandingkan model A1.

Harga dari tipe box ini sangat mahal dibandingkan dengan kedua model diatas, sebab selain dari bahan yang dibutuhkan menjadi lebih luas, proses pengerjaannya pun menggunakan pisau die cutter, yang mana pastinya akan menambah biaya harga.

Ciri-ciri dari tipe A3 adalah ketika box dibentuk dan ditutup, maka saat itulah kedua flap luar dan dalam akan bertemu tepat dibagian tengah.

A5 – Full Overlap Slotted Container

Full Overlap Slotted Container
packagingcorp.com

Sekilas model ini pun terlihat mirip dengan tipe A1, bedanya adalah ketika box ditutup maka flap yang lebar akan menyentuh sampai dinding depannya.

Dengan sebab itulah tipe ini lebih kuat sebab alas dan tutupnya lebih rangkap. Tipe box A5 lebih cocok digunakan pada box yang lebih kecil ukurannya, sehingga luas bahan tidak terlalu besar. Sedangkan jika menerapkan pada KKG yang memiliki lebar yang cukup besar, maka tidak akan efektif.

Ciri-ciri dari tipe A5 adalah saat box dibentuk dan ditutup maka bagian flap disisi lebar akan tertutup penuh hingga bagian tepi sisi depannya.

C1-C2 – Full Telescope Design Style Box

Full Telescope Design Style Box
packagingcorp.com

Jenis box C1-C2 merupakan jenis box yang dibagi menjadi dua (atas & bawah). Sehingga jenis tipe dapat memiliki dimensi yang panjang, lebar serta tinggi pada bagian atas akan melengkapi ukuran box bawahnya, dan akan menutup box ini dengan rapat.

Biasanya tipe ini sangat cocok pada kemasan sederhana dan berukuran kecil, seperti box sandal dan sepatu. Dalam proses pengerjaannya pasti akan menggunakan pisau die cut.

C3-C4 – Full Telescope Half Slotted Box

Full Telescope Half Slotted Box
indiamart.com

Layaknya kakak dan adik, tipe C3-C4 pun termasuk dalam box yang dibagi menjadi dua (atas & bawah). Namun jenis ini berbeda dengan tipe yang diatas, yakni ukurannya memiliki tinggi yang lebih besar. Sebagai contoh dalam penggunaan box ini adalah tobacco box.

E – Box Die Cut

Box Die Cut
gemapack.co.id

Box tipe ini memiliki ciri khusus, yakni terdapat lubang ventilasi yang sekaligus dapat digunakan sebagai lubang pegangan di kedua sisinya. Umumnya box tipe die cut digunakan untuk kemasan minuman, makanan, box arsip, dan lain sebagainya.


Nah, itu tadi beberapa pembahasan dan juga subnya mengenai jenis-jenis box packaging.

Bukan berarti box yang kalian pikirkan hanya satu jenis saja, melainkan ada beberapa jenis box yang mungkin kalian belum ketahui.

Semoga dengan kalian membaca artikel ini dapat menambah wawasan kalian mengenai jenis-jenis box packaging. 😀😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *