Pengertian Akuntan Intern | Tugas Dan Hal Yang Berkaitan Akuntan Intern

Pengertian akuntan intern – Apakah kalian tau apa itu akuntan intern? Tugas-tugasnya dan lain-lain yang masih berkaitan dengan akuntan intern. Jika kalian belum tahu kali ini saya akan membahas mengenai pengertian akuntan intern. Yuk langsung ke pembahasannya, lest go.

Pengertian Akuntan Intern

Pengertian Akuntan Intern
pexels.com

Pengertian akuntan intern merupakan akuntan yang bertugas pada organisasi atau perusahaan, bisa di bilang akuntan intern sebagai akuntan perusahaan maupun akuntan manajemen. Kedudukannya bisa dari staf biasa sampai kepala bagian akuntansi maupun direktur keuangan.

Suatu organisai maupun perusahaan sangat membutuhkan yang namanya akuntan intern, karena untuk mempunyai seorang ketua (akuntan) yang bertugas untuk organisasi maupun perusahaan, seperti contoh untuk menciptakan perencanaan, memilih kebijakan pada masa depan, dan mengawasi atas pengoperasian organisasi atau perusahaan, serta untuk dapat mengetahui apakah organisasi atau perusahaan memiliki keberhasilan yang dapat dicapai.

Tugas Akuntan Intern

Adapun tugas dari akuntan intern sebagai berikut :

  1. Membentuk sistem biaya akuntansi pada suatu perusahaan, yang mana semua akuntan wajib menjalankan aktivitas dalam sistem tersebut dan standar akuntansi keuangan.
  2. Merancang laporan keuangan yang berguna untuk pihak-pihak intern serta eksternal perusahaan.
  3. Membentuk anggaran perusahaan setiap tahun.
  4. Membenahi masalah daripada perpajakan serta pemeriksaan (audit) intern.

Baca Juga :

Hal-hal Yang Masih Menjadi Bagian Akuntansi Intern

Akuntansi intern terdapat berbagai bagian kerjanya di suatu perusahaan, sebab banyaknya kerjaan yang harus diurus dan dipantau oleh pihak manajemen supaya kondisi keuangan perusahaan dapat di ketahui. Adapun hal-hal yang menjadi bagian akuntansi intern sebagai berikut :

Akuntansi Umum

Akuntansi umum bekerja untuk pencatatan transaksi keuangan, menyusun laporan manajemen, serta membuat laporan keuangan umum berupa neraca, rugi dan laba, perubahan modal, aliran kas. Ruang lingkup dari akuntansi umum menghasilkan data dasar (basic data) berfungsi untuk keperluan akuntansi secara keseluruhan.

Akuntansi Biaya

Keunggulan dari akuntansi biaya adalah pada analisis biaya perusahaan guna membantu manajemen dalam pengawasan. Penekanan akuntansi biaya lebih ditekankan untuk biaya produksi dan biaya pemasaran yang semakin meningkat. Akuntansi ini di butuhkan dalam pengambilan keputusan khusus pada sistem akuntansi biaya perusahaan, sehingga mampu diestimasi biaya dimasan mendatang (future cost).

Penganggaran

Penyusunan anggaran dilihat dari data masa lalu dan perencanaan yang jelas dalam mencapai sasaran tersebut, anggaran digunakan untuk pengawasan kegiatan operasional perusahaan melalui anggaran yang sudah ditetapkan.

Baca Juga :

Perancangan Sistem Informasi

Mengidentifikasi kebutuhan informasi dalam kepentingan intern dan ekstern perusahaan. Sesudah informasi didapatkan, sistem yang disesuaikan akan dirancang dan dikembangkan. Fungsi dari sistem informasi akuntansi untuk mempermudah pengawasan operasional sebuah perusahaan.

Pemeriksaan Intern (Internal Audit)

Perusahaan atau lembaga besar biasanya mempuyai staf pemeriksaan intern sendiri dan bertugas dalam mengevaluasi sistem akuntansi dan manajemen. Tugas dari staf pemeriksaan intern untuk membantu manajemen dalam memperbaiki efesiensi operasi serta menjamin seluruh karyawan melaksanakan prosedur dan rencana yang telah ditetapkan manajemen.

Tujuan Pemeriksaan Intern (Internal Auditing)

Tujuan dari pemeriksaan intern yang diutarakan oleh D. Hartanto pada bukunya yaitu (Akuntansi Untuk Usahawan) sebagai berikut :

  1. Menyelidiki serta mengukur apakah pelaksanaan pada pengendalian intern dalam bidang akuntansi dan operasi cukup memenuhi syarat.
  2. Mengukur kebijakan, rencana, serta prosedur yang telah ditentukan apakah betul ditaati.
  3. Mengukur aktiva perusahaan aman ketika kehilangan maupun kerusakan serta penyelewengan.
  4. Mengukur kecermatan data akuntansi serta data lain di organisasi perusahaan.
  5. Mengukur mutu maupun pelaksanaan dari tugas yang diberikan pada masing-masing manajemen.

Fungsi Pemeriksaan Intern (Internal Auditing)

Fungsi dari pemeriksaan intern antara lain tentang pelaksanaan kerja internal auditing untuk mencapai targetnya, adapun fungsinya sebagai berikut :

  1. Mengkaji serta menghitung kebaikan dan ketepatan pelaksanaan pengendalian akuntansi keuangan serta operasi.
  2. Membuktikan pelaksanaan dengan kebijaksanaan, rencana dan prosedur yang ditetapkan.
  3. Membuktikan kekayaan perusahaan atau organisasi dipertanggung jawab kan secara baik serta dilindungi dengan aman terhadap segala resiko kerugian yang ada.
  4. Membuktikan tingkat kepercayaan akuntansi serta cara lainnya yang dikembangkan dalam organisasi.
  5. Mengukur kwalitas melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah dibebankan.

Program Pemeriksaan Intern (Internal Auditing)

Ketika menyusun atau mengembangkan suatu program audit intern hal yang patut diperhatikan sebagai berikut :

  1. Cakupan waktu (Periods Covered), bidang-bidang tersendiri akan dipilih untuk pemeriksaan pada waktu tertentu.
  2. Koordinasi (Coordination), auditor intern meminta saran atau usulan kepada manajemen perusahaan.
  3. Prioritas (Priority)
    • Temuan sebelumnya, kelemahan laporan pada audit sebelumnya akan diperlukan kajian atas tindak lanjut yang dilaksanakan.
    • Permintaan manajemen, mengutamakan permintaan manajemen atas bidang tertentu.
    • Prior coverage, bidang sebelumnya yang terlambat akan diutamakan pada periode selanjutnya.
    • Bidang yang sensitif, bidang yang peka sehingga dibutuhkan audit yang sensitif.
  4. Menentukan adanya kemungkinan terjadi masalah akuntansi sedini mungkin.
  5. Pengaturan asisten secara efisien dan tertib.
  6. Penelaah dan penilaian atas pengendalian intern.

 


 

Mungkin ini saja pembahasan mengenai akuntan intern, semoga bisa menambah wawasan kalian mengenai akuntan intern. Demikian dari saya, Terimakasih 🙂

Baca Ini Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *