√ Pengertian Akuntan Manajemen | Tujuan, Fungsi, & Pengertian Para Ahli

Pengertian akuntan manajemen – Kembali lagi bersama saya di catilmu.com, nah kali ini saya akan membagikan membagikan pengetahuan mengenai pengertian akuntan manajemen. Sebelum itu akuntan di bagi menjadi empat bagian, yakni akuntan publik, akuntan pemerintah, akuntan pendidik, dan akuntan internal. Akuntan merupakan orang yang mahir dalam semua bidang akuntansi.

Yuk, langsung ke materinya tentang pengertian akuntan manajemen :

Pengertian Akuntan Manajemen

Pengertian Akuntan Manajemen
pixabay.com

Akuntan manajemen merupakan suatu proses pengidentifikasian, mengukur dan melaporkan semua informasi mengenai keuangan yang kemungkinan adanya penilaian, keputusan yang diambil dengan tegas pada perusahaan yang menggunakan informasi tersebut, dimana titik pusatnya berada di pihak-pihak perusahaan tersebut.

Dan juga salah satu akuntansi yang menghasilkan semua segala informasi keuangan, untuk kepentingan perusahaan dalam mencapai upaya tujuan dari sebuah perusahaan.

Pengertian Akuntan Manajemen Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut para pengertian dari akuntan manajemen sebagai berikut :

RA Supriyono (1993:8)

Menurut beliau akuntan manajemen merupakan suatu proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan data, analisis, penyiapan, dan komunikasi informasi mengenai finansial yang digunakan manajemen untuk sebuah perencanaan, evaluasi, pengendalian, dalam suatu organisasi atau perusahaan, dan juga menjamin ketepatan penggunaan sumber dan pertanggung jawaban dari atas segala sumber.

Halim dan Supomo (2000:3)

Menurut Halim dan Supomo pengertian dari akuntan manajemen adalah suatu kegiatan atau proses yang menghasilkan sesuatu informasi keuangan bagi manajemen untuk mengambil sebuah keputusan dalam menjalankan fungsi dari manajemen.

Mulyadi (2001:2)

Sedangkan menurut Mulyadi pengertian dari akuntan manajemen adalah suatu informasi keuangan yang dihasilkan, dan digunakan oleh pengguna intern suatu organisasi.

Charles T. Homgren (1993:4)

Menurut Charles pengertian dari akuntan manajemen adalah suatu proses identifikasi, penyiapan, pengukuran, akumulasi, analisa dan penafsiran dalam suatu komunikasi mengenai informasi yang dapat membantu eksekutif dalam memenuhi tujuan dari perusahaan tersebut.

Baca Juga :

Tujuan Akuntan Manajemen

Tujuan dari akuntan manajemen ialah antara lain :

  1. Dalam proses pencatatan transaksi keuangan menghasilkan informasi keuangan kepada pihak manajemen untuk mengambil keputusan dalam menjalankan fungsi manajemen.
  2. Sebagai sistem informasi manajemen mencakup aktifitas identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi informasi yang digunakan oleh pihak manajemen hendak merencanakan, mengevaluasi, mengendalikan dalam suatu objek dan membenarkan suatu kesesuaian dan akuntabilitas sumber daya perusahaan.
  3. Sebagai penyusunan laporan keuangan untuk pemegang saham dan kelompok manajemen lainnya.
  4. Membantu semua pihak eksekutf dalam mencukupi tujuan dari perusahaan.
  5. Menyajikan laporan keuangan secara detail lagi terperinci dan mengelompokkannya seperti departemen, wilayah, pemasaran, dan produk.
  6. Memudahkan akuntan untuk membuat laporan keuangan seperti dengan karateristik kualitatif laporan keuangan, yang mudah di pahami, relevan, materialistis, handal, bisa dibandingkan, kendala informasi yang relevan dan handal, dengan penyajian yang handal.
  7. Memberikan informasi harga pokok jasa produk, dan tujuan lain yang dibutuhkan pada pihak manajemen.
  8. Memberikan informasi untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasi, dan perbaikan yang berkelanjutan.
  9. Memberikan informasi untuk mengambil keputusan, mengidentifikasikan suatu masalah, menyelesaikannya, dan mengevaluasi kinerja.
  10. Melakukan pelaporan eksternal dalam berpartisipasi untuk proses pengembangan prinsip-prinsip dalam akuntan yang mendasari pelaporan eksternal.

Baca Juga :

Fungsi Akuntan Manajemen

Fungsi utama dari akuntan ini adalah untuk meneliti data dan informasi mengenai data historis untuk pihak. Berikut fungsi lainnya secara lebih lanjut :

Pendukung Pencapaian Tujuan Perusahaan

Dalam mengambil keputusan pihak manajemen membutuhkan sebuah informasi dan fungsi mengenai laporan keuangan dalam menghasilkan pertimbangan. Jika target atau tujuan belum dicapai maka akan dievalusai agar periode selanjutnya bisa mencapai target atau juga bisa melebihi target.

Sebagai contoh, pihak manajer membutuhkan data keuangan mengenai rincian biaya produksi, harga pokok produksi, dan informasi terperinci mengenai harga produk perunit dari akuntan manajemen.

Sarana Identifikasi dan Pengukuran Kinerja

Pihak manajemen wajib mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi keuangan secara sistematis, transparan, dan terperinci yang telah dibuat oleh akuntan manajemen kepada direksi dan pemilik perusahaan. Sebagai contoh, kalkulasi anggaran produk, anggaran kegiatan, dan anggaran setiap departemen.

Penyaji Suatu Laporan Dalam Satu Kesatuan Usaha

Pihak dari manajemen wajib menjalankan proses manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dalam suatu biaya dan harga. Akuntan inilah yang akan membantu perusahaan untuk memelihara dan mengendalikan sumber daya perusahaan.

Penyedia Data Dalam Peningkatan Jumlah Penjualan

Menyediakan data-data internal yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk meningkatkan jumlah penjualan. Dalam hal ini akuntan hanya bisa dalam sistem internal perusahaan saja, tapi efek dan dampaknya bisa menyebar luas sampai seluruh perusahaan dan manfaat yang bisa didapatkan bagi pihak eksternal.

Pengendali Pemakaian Sumber Daya Perusahaan

Dalam fungsi satu ini akuntan akan menunjang manajer dalam mengendalikan pemanfaatan suber daya keuangan untuk kegiatan perusahaan sebagai efisien dan efektif, dan juga mengarahkan kerjasama secara terpadu dengan fungsi-funsi lainnya.

 


 

Mungkin ini saja tentang pengertian akuntan manajemen, semoga adanya artikel ini kalian bisa menambah wawasan mengenai akuntan manajemen. Sekian dari saya, Terimakasih.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *