Tak Berkategori

7 Rekomendasi Ide Snack Arisan Super Mewah & Cara Pembuatannya

Jenis Snack Arisan – Untuk bisa membawakan acara arisan kita menjadi mewah, kita perlu juga untuk menyiapkan beberapa makanan dan minuman di dalamnya. Semakin kita menyediakan beberapa makanan yang bagus dan cantik, maka semakin mewah pula acara kita.

Nah, untuk bisa mengetahui makanan apa yang ingin kalian bawakan, kalian bisa membaca rekomendasi beberapa snack makanan yang pas untuk dihidangkan di acara arisan kalian.

“Rumah anda menjadi tuan rumah acara arisan? dan ingin tidak repot untuk membuat snack? yuk, pesan sekarang juga snack box di tempat kami”

Klik Disini

Berikut ini beberapa jenis snack arisan yang lezat dan nikmat di lidah, yang bisa membuat acara anda menjadi mewah.

Hal Penting untuk Menyiapkan Snack

Sebelum menyediakan cemilan snack yang pas, kalian perlu memperhatikan beberapa hal penting yang telah kami sediakan di bawah ini.

#1. Memilih Ukuran Lebih Kecil

Memilih Ukuran Lebih Kecil
canva.com

Memilih ukuran dalam hal ini adalah, kalian perlu perhatikan ketika menyediakan snack. Jangan sampai ukuran snack lebih besar dari perkiraan kalian, sebab nantinya ketika dihidangkan akan memakan tempat, serta menjadikan snack tampak lebih sedikit.

Oleh karena itu, untuk menghemat tempat, kalian bisa membuat atau membeli snack dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga tempat-tempat pun akan lebih terisi dengan lebih banyaknya snack.

Selain itu, ukuran yang lebih kecil memiliki tampak yang cantik karena sangat mungil, dan juga sayang untuk dimakan. Serta, kue yang memiliki tampak yang mini akan menyimpan kalori lebih sedikit dibandingkan dengan porsi yang lebih besarnya.

#2. Menyajikan yang Manis dan Gurih

Menyajikan yang Manis dan Gurih
canva.com

Dengan menyajikan snack anda yang manis-manis dan gurih, akan membuat para tamu kalian teringat-ingat, bahwa snack yang kalian hidangkan memiliki rasa yang manis dan gurih semua.

Hal itu bisa menjadi poin plus, karena bisa jadi tempat kalian akan menjadi kandidat utama penyelenggaraan arisan kalian.

Selain itu juga, pastinya selera para tamu kalian berbeda-beda, ada yang suka makanan yang manis-manis, dan juga ada yang suka makanan yang bergurih.

Sebagai contoh, kalian bisa membawakan kue tradisional seperti tahu isi, dadar gulung, arem-arem, dan lain sebagainya untuk makanan yang gurih.

Nah, untuk makanan yang manis-manisnya, kalian bisa menghidangkan macam-macam kue, ataupun aneka rasa puding, dan lain sebagainya.

#3. Menyusun Snack dengan Rapih

Menyusun Snack dengan Rapih
canva.com

Berikutnya adalah untuk membuat tampilan makanan kalian enak untuk dipandan, kalian bisa menyusunnya dengan rapih.

Memang estetika kerapihan makanan akan berpengaruh bagi para tamu kalian untuk mencoba berbagai snack yang kalian hidangkan.

Nah, untuk tempat penyediaan makanannya, kalian bisa menggunakan nampan yang disusun rapi dengan tampah anyaman bambu untuk makanan-makanan tradisional.

Jikalau kalian ingin menyiadakan dengan ala-ala modern, kalian bisa menggunakan pedestal atau piring bersusun, agar tampilannya memiliki kesan yang elegan.

#4. Menentukan Minuman yang Pas

Menentukan Minuman yang Pas
canva.com

Nah, yang terakhir merupakan poin krusial dan juga paling penting dalam penentuan acara kalian, kalian harus bisa dan bijak dalam memilih minuman yang pas.

Sebab, tanpa adanya pertimbangan dalam memilih minuman yang pas, maka akan membuat acara arisan kalian akan diingat oleh para tamu kalian, karena sembarang dalam menghidangkan minuman.

Oleh karena itu, sandingkanlah minuman kalian dengan makanan yang pas pula. Sebagai contoh, kalian bisa menghidangkan teh panas serta kopi panas, untuk mendampingi makanan yang manis dan juga gurih.

Selain itu, kalian pun bisa menghidangkan minuman yang lain, seperti wedang jahe dingin, bandrek hangat, teh jahe, dan lain sebagainya.

Jenis Snack Arisan yang Pas untuk Dihidangkan

Nah, kalau tadi sudah dibahas hal penting dalam menyediakan snack, kali ini tidak ketinggalan juga dong beberapa snack rekomendasi pilihan yang kami tawarkan sedari tadi.

Berikut beberapa snack arisan pilihan yang bakal membuat acara kalian menjadi mewah.

#1. Puding Aneka Rasa

Puding Aneka Rasa
kompas.com

Puding aneka rasa ini maksudnya adalah kalian bisa membuat puding dengan mencampurkan beberapa rasa ataupun buah di dalamnya. Sehingga bisa menjadi alternatif lain, ketika kalian tidak mau menyediakan makanan manis yang banyak.

Dengan mencampurkan beberapa buah atau rasa di dalamnya, pasti akan membuat para tamu kalian ingin cepat-cepat merasakannya, sebab terlihat cantik dan juga menggiurkan.

Cara Membuat

Awalan yang harus kalian lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan:

  1. Agar-agar bubuk (1 bungkus, rasa sesuai selera).
  2. 100 gram gula pasir.
  3. Air (3 gelas).
  4. Susu kental manis (secukupnya).
  5. Vanila bubuk (opsional).
  6. Aneka Buah (Pilih 3 buah saja, kalau lebih dari itu, rasanya akan menjadi campur aduk).

Tahapan selanjutnya:

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Buah dipotong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian kotak kecil, atau pilihan lain dihaluskan.
  3. Siapkan panci, kemudian isi air (secukupnya), masukkan susu cair, agar-agar bubuk, gula pasir, dan yang terakhir bubuk vanila, kemudian aduk panci hingga rata.
  4. Masak adonan sambil terus diaduk hingga mendidih (usahakan menggunakan api kecil atau sedang saja).
  5. Jika sudah mendekati mendidih, masukkan buah tadi ke dalam panci.
  6. Masak agar-agar hingga mendidih, kemudian angkat dan tuangkan ke cetakan yang disediakan.
  7. Supaya puding lebih cepat dingin, lebih baik masukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es.
  8. Siap dihidangkan.

#2. Dadar Gulung

Dadar Gulung
kompas.com

Dadar gulung memiliki tekstur yang sangat lembut, serta mudah untuk dimakan oleh siapa saja. Sehingga membuat makanan ini menjadi utama untuk dihidangkan di acara arisan maupun pengajian.

Makanan dengan berwarna hijau serta isi di dalamnya menggunakan kelapa dan gula jawa ini, memiliki rasa yang gurih dan juga manis. Sehingga menjadikan dadar gulung sebagai makanan ringan yang paling enak di Indonesia.

Cara Membuat

Awalan yang harus kalian lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan:

  1. ½ buah kelapa yang sudah di parut (sebaiknya siapkan kelapa muda).
  2. 250 gram tepung terigu.
  3. 125 gram gula merah.
  4. 3 tetes pewarna makanan (diutamakan yang hijau).
  5. Garam secukupnya.
  6. Air.

Tahapan selanjutnya:

  1. Siapkan bahan.
  2. Masak gula merah menggunakan air secukupnya hingga larut.
  3. Masukkan kelapa tadi ke dalam larutan gula merah, kemudian aduk hingga mengering.
  4. Diamkan campuran kelapa parut dan gula merah tadi terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya masak tepung terigu dengan 600 ml air, kemudian tambahkan pewarna makanan, lalu diaduk hingga merata.
  6. Kemudian cetak kulit dadar gulung menggunakan teflon anti lengket (kalau tidak punya bisa menggunakan minyak). Proses memasak kulit dadar gulung jangan sampai mengering, kalau bisa masih lembek dan elastis.
  7. Lakukan proses pengisian dengan cara, masukkan satu sendok teh bahan campuran kelapa parut dan gula merah tadi ke atas kulit dadar gulung, kemudian ratakan isi dari ujung ke ujung.
  8. Kemudian lipat seperti lipatan risol atau lumpia. Untuk memudahkan melipat, kalian bisa menggunakan bantuan alas plastik.
  9. Dadar gulung sudah siap disajikan.

#3. Donat

Donat
tokopedia.com

Kalau tadi adalah makanan sejuta umat, sekarang adalah makanan yang disukai oleh para anak-anak. Yap! yakni donat.

Biasanya para anak-anak menyukai donat karena memiliki tampilan yang menarik dan juga berwarna. Oleh sebab itu, untuk menarik perhatian para anak-anak dari tamu kalian, buatlah ataupun beli donat semenarik mungkin, agar para anak-anak tertarik dengan donat kalian.

Cara Membuat

Awalan yang harus kalian lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan:

  1. 250 gram tepung terigu berprotein tinggi.
  2. 125 gram ragi.
  3. 55 gram gula pasir.
  4. 40 gram margarin (yang sudah dilelehkan serta didinginkan).
  5. 5 gram ragi.
  6. 2 kuning telur.

Tahapan selanjutnya:

  1. Siapkan bahan.
  2. Masak susu terlebih dahulu di api kecil sebentar saja, sampai hangat. Kemudian masukkan ragi, aduk hingga rata, lalu sisihkan.
  3. Masukkan tepung terigu dan gula pasir pada wadah, lalu aduk hingga rata.
  4. Campur adonan pertama dan kedua secara bergantian, kemudian mixer sampai kalis. Setelah itu tambahkan margarin cair, lalu mixer lagi sampai elastis dan kalis.
  5. Diamkan adonan selama 45-60 menit, dan juga hingga mengembang dua kali lipat. Kemudian tutup wadah menggunakan lap lembap atau plastic warp.
  6. Kempiskan adonan dan bagi menjadi 16 bagian, kemudian diamkan kembali adonan selama 10 menit.
  7. Tipiskan adonan menggunakan penggiling adonan, lalu cetak menggunakan cetakan adonan, atau langsung saja bolongi di tengahnya.
  8. Diamkan adonan selama 30 menit sampai mengembang dua kali lipat.
  9. Masak minyak hingga panas menggunakan api kecil sedang saja, kemudian masukkan bentuk donat, masak hingga kecokelatan. Lalu balik ke satu sisinya, goreng hingga kecokelatan.
  10. Angkat donat yang sudah berwarna kecokelatan, lalu tiriskan.
  11. Warnai donat dengan segala topping yang berwarna (opsional).
  12. Donat pun sudah siap untuk dihidangkan.

#4. Aneka Keripik

Aneka Keripik
sajiansedap.grid.id

Tak ketinggalan pula, bahwa aneka keripik ini sangat sering disajikan ketika orang-orang melaksanakan berbagai acara. Kalian bisa mendapatkan aneka keripik ini dengan cara membeli barang mentahannya ataupun beli langsung di pasar maupun warung kelontongan.

Untuk rasa yang asin dan gurih, kami merekomendasikan kalian untuk memilih antara keripik singkong atau keripik tempe. Sedangkan untuk yang memiliki rasa manis, kalian bisa menghidangkan jenis keripik ubi ungu.

Cara Membuat

Awalan yang harus kalian lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan:

  1. 2 kg singkong.
  2. 3 sdm garam.

Tahapan selanjutnya:

  1. Siapkan Bahan
  2. Kupas kulit singkong, kemudian cuci sampai bersih.
  3. Bersihkan sisa-sisa kulit yang masih menempel pada singkong, kemudian cuci kembali.
  4. Isi wadah dengan air, kemudian potong singkong menggunakan pisau atau irisan keripik. Lalu cuci dan bilas irisan singkong sampai bersih, pastikan dibilas sampai kering sampai teksturnya menjadi kesat. Terakhir, tiriskan.
  5. Siapkan air panas secukupnya di wadah irisan singkong, kemudian tambahkan garam dan diamkan 2 jam, agar garam bisa meresap.
  6. Panaskan minyak secukupnya, lalu goreng singkong sampai kering, teksturnya renyah, dan warnanya kuning kecokelatan. Tiriskan.
  7. Keripik singkong siap disajikan.

#5. Risoles

Risoles
youtube.com

Risoles merupakan makanan ringan sepeninggal kolonial Belanda, yang mana makanan ini sangat populer di negeri-negeri Eropa. Nah, biasanya orang-orang pun akan menyiapkan hidangan ini di berbagai acara mereka.

Isi dari risoles merupakan kumpulan aneka sayuran, cincangan daging ayam atau sapi, bahkan ada yang memakai telur rebus didalamnya, dan lain sebagainya.

Dengan menambahkan cabai rawit sebagai pelengkapnya, maka cita rasa risoles pedas pun akan terasa jika kalian memakannya.

Cara Membuat

Awalan yang harus kalian lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan:

  1. 2 sendok makan susu bubuk.
  2. 2 sendok makan minyak goreng.
  3. 2 sendok makan tepung tapioka.
  4. 2 butir kuning telur.
  5. 500 gram tepung terigu.
  6. ½ sendok teh garam.
  7. Putih telur (perekat risoles).
  8. Air (secukupnya).
  9. Tepung panir (secukupnya).
  10. Minyak goreng (secukupnya).

Bahan isian:

  1. 1 tangkai daun seledri.
  2. 1 tangkai daun bawang.
  3. 1 buah wortel (potong-potong sampai membentuk dadu kecil).
  4. 500 gram kentang (potong-potong sampai membentuk dadu kecil).
  5. 3 buah sosis goreng (potong-potong sampai membentuk dadu kecil).

Bumbu Halus:

  1. ½ sendok teh garam.
  2. ½ sendok teh gula.
  3. ½ sendok teh lada bubuk.
  4. ½ sendok teh kaldu bubuk.
  5. 8 butir bawang putih.
  6. 21 butir bawang merah.

Tahapan selanjutnya:

  1. Untuk membuat adonan kulit, kalian bisa mencampurkan tepung tapioka, tepung terigu, dan susu bubuk, lalu diaduk sampai rata.
  2. Setelah itu masukkan kuning telur dan tambahkan air sekiranya, aduk lagi sampai adonan menjadi licin. Kemudian saring adonan supaya menjadi halus dan tidak menggumpal.
  3. Panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng dadar kulit risoles satu per satu hingga adonan habis.
  4. Tumis bagian bumbu halus tadi, lalu masukkan wortel dan kentang, setelah itu tambahkan gula, merica, garam, bumbu penyedap rasa, dan air sekiranya. Masak sampai matang dan airnya menyusut, kemudian matikan api, lalu masukkan sosis, daun bawang, dan daun seledri.
  5. Ambil satu lembar kulit risoles, kemudian isi dengan bahan-bahan tadi, lalu gulung. Lakukan sampai habis.
  6. Celupkan risoles ke putih telur (sebagai pelekat), lalu taburi risoles dengan tepung panir. Lakukan sampai habis.
  7. Panaskan minyak goreng, lalu goreng risoles sampai berwarna kecokelatan. Kemudian angkat dan tiriskan.
  8. Terakhir, kalian bisa menyajikan hidangan risoles ini ke acara kalian.

#6. Lumpia

Lumpia
canva.com

Makanan satu ini merupakan makanan yang sangat dikenali, dan juga cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Lumpia satu ini pun bisa kalian buat dengan isian yang beraneka ragam, seperti isian telur, daging, rebung, dan lain sebagainya.

Tidak dipungkiri pula, bahwa makanan ini sangat digemari sebab memiliki rasa yang enak nan gurih. Kalin pun bisa loh, membuat makanan lumpia ini dirumah kalian, proses pembuatannya pun sangat mudah.

Cara Membuat

Awalan yang harus kalian lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan:

  1. Kulit lumpia (secukupnya).
  2. 2 butir bawang putih (memarkan, lalu potong-potong sampai halus).
  3. 1 butir bawang bombay (potong-potong sampai halus).
  4. 1 butir telur.
  5. 1 buah wortel (potong-potong sampai halus).
  6. 1 batang daun seledri (potong-potong sampai halus).
  7. 1 batang daun bawang (potong-potong sampai halus).
  8. 100 gram bihun (dalam keadaan sudah direbus dan di potong-potong kasar).
  9. Kaldu ayam bubuk (sekiranya).
  10. Garam (sekiranya).
  11. Minyak goreng (sekiranya).
  12. Lada bubuk (sekiranya).

Tahapan selanjutnya:

  1. Untuk membuat isian lumpia, tumis dahulu bawang putih dan bawang bombay sampai tercium aromanya.
  2. Masukkan daun bawang, daun seledri, wortel, dan bihun.
  3. Tambahkan garam, kaldu ayam, dan lada bubuk. Lalu, masak sampai bumbu meresap dan matang. Matikan kompor, kemudian angkat dan sisihkan sebentar.
  4. Untuk proses melipati, siapkan kulit lumpia, lalu taruh isian tadi diatasnya. Lipat kulit lumpia sampai tertutup rapat.
  5. Supaya kulit lumpia terus merekat saat digoreng, kalian bisa rekatkan menggunakan putih telur pada ujung lipatan kulit.
  6. Masak lumpia sampai kecokelatan di minyak yang panas.
  7. Angkat lumpia, lalu tiriskan.
  8. Lumpia pun siap disajikan di berbagai acara yang kalian buat.

#7. Siomay Dimsum

Siomay Dimsum
kompas.com

Memiliki kesamaan dengan lumpia, siomay dimsum merupakan makanan yang berasal dari China, yang mana makanan ini sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Tentunya siomay dimsum ini memiliki cita rasa yang khas dan juga agak sedikit pedas, ketika kalian memakannya dengan bumbu kacang sebagai pendampingnya. Untuk varian isinya, kalian bisa memakai udang ataupun ayam di dalamnya.

Cara Membuat

Awalan yang harus kalian lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan:

  1. 70 gram wortel (diparut).
  2. 20 lembar kulit pangsit (sebutuhnya).

Bahan isian:

  1. 400 gram daging ayam giling.
  2. 150 gram udang yang sudah dikupas (potong-potong halus).
  3. 3 sendok makan minyak wijen.
  4. 3 sendok makan tepung sagu.
  5. 3 butir bawang putih (dihaluskan).
  6. 2 butir telur.
  7. 1 sendok teh kaldu ayam.
  8. 1 batang daun bawang (diiris tipis-tipis).
  9. 1 sendok makan bawang merah goreng (dihaluskan).
  10. 1 sendok makan tepung terigu.
  11. ½ sendok teh gula pasir.
  12. ½ sendok teh merica putih bubuk.
  13. ½ sendok teh garam.

Tahapan Selanjutnya:

  1. Aduk semua bahan isian menjadi rata, kemudian sisihkan. Panaskan dandang, lalu sisihkan kembali.
  2. Ambil kulit pangsit, kemudian taruh 1 sendok teh bahan adonan di tengahnya. Setelah itu lipat keliling sisi kulitnya, kemudian taruh parutan wortel di atasnya. Ulangi sampai bahan adonan dan kulit lumpia sudah habis.
  3. Kukus siomay dimsum di dalam dandang panas selama 30 menit.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi jenis snack arisan yang kami tuliskan untuk acara yang sedang kalian buat. Tentunya, di setiap pembahasan kami memberikan cara-cara pembuatannya bagi kalian yang ingin membuat snack ketimbang membeli. Sekian dari kami, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *