√ Hakikat Geografi | Definisi, Aspek, serta Hakikat Geografi

Hakikat geografi – Hi sobat, kembali lagi bersama saya di catilmu.com. Nah, kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa itu hakikat geografi?. Sebelum itu apakah kalian mengetahui hakikat geografi?, jika kalian belum mengetahuinya ada baiknya kalian memerhatikan artikel ini sampai selesai.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut tentang hakikat geografi, yuk langung ke pembahasannya, lest go.

Definisi Geografi

Geografi merupakan istilah dari bahasa yunani kuno yang berarti geo adalah bumi, sedangkan graphein adalah tulisan. Istilah ini juga mendapat berbagai nama di berbagai negara, bahasa Belanda menyebutnya dengan aardrijkunde, bahasa Inggris menyebutnya dengan geography, sedangkan bahasa Yunani menyebutnya dengan (γεωγραφία) geographia.

Istilah geografi diperkenalkan pertama kali dengan nama geographica oleh Eratosthenes. Sedangkan secara harfiah berarti deskripsi tentang bumi, jadi geografi adalah ilmu yang menggambarkan keadaan bumi.

Definisi Geografi Menurut Para Ahli

Beberapa definisi geografi dari beberapa ahli berbeda-beda, untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk kita simak sebagai berikut :

Reenow, Linda L

Definisi Hakikat Geografi

Geography : the science that deal with location of living and non living thing on the earth and way affect one other

Reenow, Linda L (1995)

Makna di atas yang berarti adalah ilmu yang berhubungan dengan lokasi makhluk hidup dan tidak hidup di bumi serta caranya saling mempengaruhi.

Moore, W.G

Definisi Hakikat Geografi

Subject with describe the earth surface, its physical features, climates, vegetations, soils, products, peoples, etc; and their distribution.

Moore, W.G. (1981)

Makna di atas yang berarti adalah subjek dengan menggambarkan permukaan bumi, fitur fisiknya, iklim, vegetasi, tanah, produk, orang, dan lain-lain, serta pendistribusiannya.

Heintzelman, Oliver H

Definisi Hakikat Geografi

Geography is that of full understanding of the vast system on the earth’s surface comprising man and natural environment and that the organizing concept is the “spatial distribution and spatial relations” of the man- earth system and subsystem.

Heintzelman, Oliver H. (1967)

Makna di atas yang berarti geografi adalah pemahaman penuh tentang sistem luas di permukaan bumi yang terdiri dari manusia dan lingkungan alam dan bahwa konsep pengorganisasian adalah “distribusi spasial dan hubungan spasial” dari sistem dan subsistem manusia pada bumi.

Michael, William

Definisi Hakikat Geografi

Geography is the study of man and his environment from selected points of view. Yet natural science, economic, history, the study of local conditions as regard industry or agriculture might also said to be concerned with environment.

Michael, William. (1976)

Makna di atas yang berarti geografi adalah studi tentang manusia dan lingkungannya dari sudut pandang yang dipilih. Namun ilmu alam, ekonomi, sejarah, studi tentang kondisi lokal yang berkaitan dengan industri atau pertanian mungkin juga dikatakan peduli dengan lingkungan.

Yuk Baca Ini Juga :

Geography Board of Education

Definisi Hakikat Geografi

Geography is science of are on the earth surface. It seeks the cause and effects of the association of features and phenomena contained with different parts of the earth surface.

Geography Board of Educattion. (1976)

Makna di atas yang berarti geografi adalah ilmu yang ada di permukaan bumi. Ilmu ini mencari penyebab dan efek dari asosiasi fitur dan fenomena yang terkandung dengan berbagai bagian di permukaan bumi.

Van Ripen, Joseph E

Definisi Hakikat Geografi

Geography is that of full understanding of vast system on the earth’s surface comprising man and natural environment and that organizing concept is the “spatial distribution and spatial relations” of the man earth system and subsystem.

Van Ripen, Joseph E. (1962)

Makna di atas yang berarti geografi adalah pemahaman penuh tentang sistem luas di permukaan bumi yang terdiri dari manusia dan lingkungan alam dan konsep pengorganisasian adalah “distribusi spasial dan hubungan spasial” dari sistem dan subsistem manusia di bumi.

Alexander Bain

Definisi Hakikat Geografi

Foundation of geography ties in conceptions of occupied space.

Alexander Bain - in the Bartlett. (1982)

Makna di atas yang berarti adalah yayasan ikatan geografi dalam konsepsi ruang yang ditempati.

Bintarto

Definisi Hakikat Geografi

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitra, menerangkan sifat bumi, menganalisis gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur bumi dalam ruang dan waktu.

Bintarto. (1977)

Menurut makna di atas adalah geografi merupakan ilmu yang menerangkan sifat bumi, menganalisis gejala alam serta penduduk, dan mempelajari corak khas mengenai kehidupan.

Seminar dan Lokakarya Geografi

Definisi Hakikat Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan, kewilayahan dalam konteks keruangan.

Seminar dan Lokakarya Geografi. (1988)

Menurut makna diatas geografi merupakan ilmu mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer.

 

Berdasarkan definisi menurut beberapa para ahli geografi, Bartllett (1982) menyimpulkan menjadi sebagai berikut :

  1. Man-land relations (keterikatan manusia dengan lingkungan alam) menekankan bumi pada sumber daya yang terbatas serta sebagai tempat tinggal manusia.
  2. Pandangan keruangan terhadap studi organisasi baik pada persebaran penduduk atau objek lain yang berada pada suatu tempat di permukaan bumi.
  3. Studi wilayah difokuskan pada bentang budaya secara ekspresi dari hasil interelasi antara manusia dan lingkungan.

Sedangkan menurut pendapat Petter Hagget (1975), beberapa definisi yang dikemukaan oleh para ahli dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Geografi adalah bagian dari earth science yang berhubungan pada pengertian wilayah secara umum di bumi, bukan pengertian keruangan sebagai inti.
  2. Memfokuskan pada keruangan manusia serta bagaiman hubungan timbal balik sebagai ekologi dalam lingkungan tersebut.
  3. Sangat berkaitan pada kenekaragaman dan kekayaan di permukaan bumi.

Hakikat Geografi

Kesimpulan pembahasan di atas adalah geografi merupakan dari bahasa Yunani yang berarti lukisan tentang bumi (description of the earth) atau tulisan tentang bumi (writing about the earth).

Sedangkan pendapat yang dikemukakan oleh Erastothenes, geografi merupakan tulisan tentang bumi, bukan hanya pada fisik alamiah bumi saja, juga meliputi segala gejala serta prosesnya, baik gejala proses alami atau gejala proses kehidupan.

Penggambaran dari bumi ini berdasarkan data serta informasi dari kisah perjalanan, perdagangan, dan peperangan. Beikutnya, menurut Kart Ritter mengungkapkan bahwa

geography to study the earth as dwelling place of man.

Yang berarti membahas bumi sebagai tempat tinggal manusia, bukan hanya membahas itu saja tapi juga termasuk wilayah-wilayah yang belum didatangi manusia, sepanjang wilayah itu menjadi penting bagi manusia bagi kehidupan.

Pada faktor tersebut manusia manjadi peranan penting, sebagaimana pendapat Hartshore yang dikemukakan bahwa

geography is that discipline that seeks to describe and interpret the variable character from place of the earth as world of man

Geografi juga dikatakan sebagai induk ilmu pengetahuan yang juga dikemukakan oleh Preston R. James, bahwa

Geografi bisa disebut sebagai induk ilmu pengetahuan dikarenakan berbagai lapangan dipelajarinya dengan dimulai melakukan observasi pada raut bumi, mengarah pada studi proses-proses spesifik yang berlaku di suatu tempat tertentu.

Menurut pendapat Broek (1980) hakikat geografi terdapat enam macam seperti berikut ini :

Geografi sebagai Ilmu Pengetahuan Biofisik

Geografi merupakan ilmu pengetahuan tentang biofisik bila jika dikaji hanya geografi fisik dan biotik yang melandasi pengamatan seluk beluk tanah saja.

Geografi sebagai Relasi Hubungan Timbal Balik antara Manusia dan Alam

Konsep geografi yang tengah berlaku pada orang awam mengungkapkan bahwa bagaimana alam mempengaruhi kondisi tingkah laku manusia.

Geografi sebagai Ilmu Ekologi Manusia

Titik pandang dari ekologi manusia adalah konsentrasinya terhadap hubungan timbal balik pada masyarakat tertentu dalam habitatnya pada wilayah setempat serta mengabaikan interaksi antar wilayah.

Geografi sebagai Studi Bentang Lahan

Masyarakat membangun tempat tinggalnya melalui cara mengubah bentang alam menjadi bentang budaya. Yang perlu diperhatikan jangan terlalu melebih-lebihkan pendeskripsian bentang lahan, hendaklah lebih ke geografinya lebih khusus terkait pada keruangan.

Baca Ini Juga :

Geografi sebagai Studi Penyebaran

Geografi dapat didefinisikan sebagai penyebaran atau distribusi, yakni letak benda itu berada. Apkah itu batuan, tumbuhan, rumah, penduduk, atau segala yang berada pada permukan bumi? Apakah pakar geografi menebak suatu penempatan pola-pola penyebaran benda tersebut? Sebagian atau semuanya? Bagaimana batasan dari metode yang digunakan? Hal yang penting adalah objektivitas lokasinya.

Geografi sebagai Teori Keruangan Bumi

Pembahasan dalam teori ini adalah kemampuan adaptasi manusia dalam berperilaku seragam dengan ruang keberadaannya.

Aspek Geografi

Dalam pembelajaran ilmu geografi terdapat dua aspek, yakni meliputi aspek geografi fisik dan aspek geografi sosial. Nah, berikut penjelasannya :

Aspek Fisik

Aspek fisik merupakan aspek geografi yang mempelajari seluruh fenomena geosfer yang memengaruhi kelangsungan hidup manusia. Aspek fisik ini memiliki tiga macam aspek, berikut macam-macam aspek beserta penjelasannya :

Aspek Topografi

Aspek topografi merupakan aspek yang berkaitan pada letak lokasi suatu wilayah. Umumnya aspek ini mengkaji tentang hal-hal yang bertepatan pada letak daerah dan negara, bentuk permukaan buminya, luas area serta batas wilayah yang memiliki ciri khas.

Aspek Biotik

Aspek biotik merupakan aspek yang berkaitan mengenai makhluk hidup. Umumnya aspek ini mengkaji tentang hal-hal yang bertepatan pada unsur tumbuhan (flora), binatang (fauna), dan pengkajian penduduk.

Aspek Non-Biotik

Aspek non-biotik merupakan aspek yang berkaitan pada tanah serta air di suatu wilayah. Umumnya aspek ini mengkaji tentang hal-hal yang bertepatan pada unsur kondisi tanah, hidrologi perairan darat dan laut serta kondisi iklim pada suatu wilayah.

Baca Juga :

Aspek Sosial

Aspek sosial merupakan aspek geografi tentang mengkaji fenomena yang terjadi dalam geosfer dan masih berkaitan pada kegiatan manusia. Tujuan dari aspek ini untuk memahami pola hubungan manusia dan lingkungan, aspek sosial memiliki tiga macam-macam aspek. Berikut adalah macam-macam aspek pada aspek sosial :

Aspek Sosial

Aspek sosial merupakan aspek yang berkaitan pada unsur-unsur sosial. Umumnya aspek ini mengkaji tentang hal-hal yang bertepatan pada unsur tradisi, adat istiadat, komunitas, kelompok masyarakat serta lembaga sosial.

Aspek Ekonomi

Aspek ekonomi merupakan aspek yang berkaitan pada hal-hal ekonomis. Umumnya aspek ini mengkaji tentang hal-hal yang bertepatan pada unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, dan lain-lain.

Aspek Budaya

Aspek budaya merupakan aspek yang berkaitan pada unsur sosial budaya. Umumnya aspek ini mengkaji tentang hal-hal yang bertepatan pada unsur pendidikan, agama, bahasa, kesenian serta ragam budaya.

Aspek Politik

Aspek politik merupakan aspek yang berkaitan pada unsur politik. Umumnya aspek ini mengkaji tentang hal-hal yang bertepatan pada unsur kepemerintahan dalam kehidupan bermasyarakat.

 


 

Nah mungkin itu tadi pembahasan mengenai hakikat geografi, definisi, dan aspek geografi. Kesimpulan diatas adalah terdapat dua aspek yang terbagi menjadi tiga sampai empat bagian, dan juga terdapat enam macam hakikat geografi.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga adanya artikel ini bisa menambah wawasan kalian mengenai geografi. Demikian dari saya, Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *