Geografis Pulau Jawa | Kondisi, Batas, dan Keadaan Alam Pulau Jawa

Kondisi geografis pulau jawa – Hi sobat, kembali lagi bersama saya di catilmu.com. Nah mengenai artikel ini saya akan membahas kondisi geografis pulau jawa, kondisi dari pulau jawa diantaranya adalah luas, batas laut, batas daratan dan lain-lain. Dan juga Pulau Jawa memiliki luas 128.297 km².

Untuk mengetauhi materi tentang kondisi geografis pulau jawa lebih lanjut, langsung saja kita ke pembahasannya.

Batas

Perahu
pexels.com

Pulau jawa memiliki 2 batas yang berbeda, yaitu batas laut dan batas darat untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

Batas Laut Pulau Jawa

Batas laut pulau jawa memiliki empat batasannya, yakni batas dari utara, selatan, barat, dan timur. Contohnya sebagai berikut :

Sebelah Utara : Laut Jawa

Laut jawa merupakan perairan dangkal yang luasnya mencapai 310.000 km², Pulau Kalimantan, Jawa, Sumatra, dan Sulawesi adalah gagasan kepulauan Indonesia. Laut muda yang terbentuk saat zaman es terakhir, kurang lebih 12.000 tahun sebelum masehi, dimana dua sistem sungai bersatu.

Perikanan merupakan aktivitas ekonomi yang sangat penting di laut jawa, total 3.000 lebih spesies kehidupan laut yang berada di laut jawa. Laut jawa bagian barat memiliki cadangan minyak bumi serta gas alam yang dapat dieksploitasi.

Sekitaran Laut Jawa adalah daerah tempat destinasi wisata yang populer, diantaranya adalah selam scuba yang menawarkan kesempatan untuk menjelajahi dan memotret gua di bawah laut, terumbu karang, bangkai kapal yang tenggelam, dan kehidupan yang berada di bawah laut.

Baca Juga :

Sebelah Selatan : Samudra Hindia

Samudra hindia merupakan kumpulan air yang terbesar ketiga di dunia, mencakup sekitar 20% permukaan air bumi. Di sebelah utara samudra hindia dibatasi oleh asia selatan seperti India, Nepal, Pakistan, dan lain-lain. Di sebelah barat dibatasi oleh Jazirah Arab serta Afrika. Di timur dibatasi oleh Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil, dan Australia.

Sedangkan di sebelah selatan dibatasi oleh Antartika. Samudra ini merupakan satu-satunya yang menggunakan nama negara yakni India. Samudra Hindia dipisahkan oleh Samudra Atlantik dengan 20º timur meridian, dan juga dipisahkan oleh Samudra Pasifik dengan 147º timur meridian.

Samudra hindia memiliki luas sekitar 68.556 juta km², panjang pantai yakni sekitar 66.526 km, titik terdalam di Palung Jawa sekitar -7.258 m, titik terdangkal di permukaan laut 0 m, dan terdapat lautan, yaitu Laut Andaman, Laut Arab, Teluk Bengal, dan lain-lain.

Sebelah Barat : Selat Sunda

Selat Sunda
id.wikipedia.org

Selat sunda adalah selat yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatra di Indonesia, dan juga menghubungkan Laut Jawa dengan Samudra Hindia. Di titik tersempit Selat Sunda hanya sekitar 30 km. Terdapat beberapa pulau kecil yang berada di Selat Sunda, diantaranya yakni Pulau Vulkanik Krakatau.

Selat Sunda merupakan salah satu dari dua lintasan utama yang mengalir dari Laut China Selatan sampai Samudra Hindia (yang satunya lagi Selat Malaka).

Selat ini adalah jalur pelayaran yang penting, walaupun berbahaya sepertinya selat yang sempit dan terdapat batu karang yang dapat mengancam. Luas dari selat ini lebih kecil dari Selat Malaka, sehingga kemungkinan kecil dihadang oleh bajak laut.

Sebelah Timur : Selat Bali

Selat bali merupakan selat yang memisahkan antara Pulau Jawa (sebelah barat) dengan Pulau Bali (sebelah timur). Selat ini dihubungkan melalui layanan kapal ferry dengan Pelabuhan Gilimanukk dan Pelabuhan Ketapang, rencananya selat ini akan dibangun jembatan yang menghubungkan kedua pulau.

Batas Daratan Pulau Jawa

Batas daratan pulau jawa terbagi menjadi empat, yakni utara, selatan, timur, dan barat. Contohnya sebagai berikut:

Sebelah Utara : Laut Jawa dan Kalimantan

Kalimantan
en.wikipedia.org

Kalimantan merupakan pulau yang berada di utara Pulau Jawa, sebelah timur Selat Malaka, sebelah barat pulau Pulau Sulawesi, dan sebelah selatan Filipina. Luas dari Pulau Kalimantan yakni 743.330 km².

Di sekitaran Pulau Kalimantan terdapat Laut Tiongkok Selatan di bagian barat serta utara-barat, Laut Sulu di utara-timur, Laut Sulawesi dan Selat Makassar di timur, dan Laut Jawa dan Selat Karimata di bagian selatan.

Sebelah Selatan : Samudra Hindia

Beberapa negara yang garis pantainya berbatasan dengan Samudra Hindia dan cabang-cabang lautnya ialah :

Afrika

  1. Afrika Selatan
  2. Komoro
  3. Madagaskar
  4. Kenya
  5. Djibouti
  6. Sudan
  7. Somalia
  8. Tanzania
  9. Mesir
  10. Mauritius

Asia

  1. Yaman
  2. Yordania
  3. Singapura
  4. Malaysia
  5. Qatar
  6. Indonesia (hanya Pulau Jawa, Sumatra, dan Kepulauan Sunda Kecil saja)
  7. India
  8. Arab Saudi
  9. Israel
  10. Myanmar

Eropa

  1. Britania Raya (wilayah Samudra Hindia Britania)
  2. Prancis (daratan selatan serta Antarktika Prancis, Mayotte, dan Reunion)

Oseania

  1. Australia
  2. Selandia Baru

Sebelah Barat : Selat Sunda dan Pulau Sumatra

Selat Sunda
id.wikipedia.org

Sumatra merupakan pulau keenam terbesar di dunia yang berada di Indonesia. Pulau Sumatra memiliki luas 473.481 km², dengan penduduk berkisar 57.940.351 (sensus 2018).

Pulau Sumatra berada di bagian barat Kepulauan Nusantara, di sebelah utara berbatasan oleh Teluk Benggala, di sebelah timur oleh Selat Malaka, di sebelah selatan oleh Selat Sunda, dan di sebelah barat oleh Samudra Hindia.

Sebelah Timur : Selat Bali dan Pulau Bali

Selat Bali
en.wikipedia.org

Pulau Bali merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan lebar 112 km. Pulau Bali terletak di 8º25’23” Lintang Selatan dan 115º14’23” Bujur Timur yang berikli tropis seperti daerah bagian Indonesia lainnya.

Secara geografis Pulau Bali diapit oleh Pulau Jawa dan Pulau Lombok, luas dari Pulau Bali berkisar 5.636,66 km² atau 0,29% luas wilayah NKRI.

Keadaan Alam

Keadaan Alam
pexels.com

Keadaan alam yang berada di Pulau Jawa terdiri dari pantai, laut, gunung, dan dataran rendah. Contohnya sebagai berikut :

Pantai dan Laut di Pulau Jawa

Di Pulau Jawa terdapat banyak sekali pantai mulai dari pantai selatan maupun pantai utara, contoh dari pantai di Pulau Jawa yakni :

Pantai Anyer

Pantai Anyer
pantainesia.com

Pantai Anyer terdapat di daerah Anyer, Serang, Banten. Yang tertetak 38 km dari Kota Serang, pantai ini mengarah ke arah barat, sehingga dapat tampak pemandangan Gunung Rakata (anak Gunung Krakatau yang meletus pada tahun 1833). Dan di pantai ini terdapat mercusuar yang dibangun pada masa Belanda.

Pantai Klayar

Pantai Klayar
genpinews.com

Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur, yang berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Jarak dari pantai ini berkisar 40 km ke arah barat dari Kota Pacitan.

Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung
sharetempatwisata.com

Pantai Tanjung lesung berada di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pantai ini terletak di sebelah barat Kabupaten Pandeglang dan lua berkisar 150 Ha.

Pantai Siung

Pantai Siung
pantainesia.com

Pantai Siung terdapat di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi dari Pantai Siung berjarak kurang lebih 77 m dari Kota Yogya.

Pantai Menganti

Pantai Menganti
zonekebumen.blogspot.com

Pantai Menganti berada di Daerah Kebumen, tepatnya di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Di pantai ini terdapat pasir yang putih dan panorama perbukitan serta tebing karst yang indah, dikarenakan sebab itulah pantai ini merupakan pantai yang terindah di Jawa Tengah.

Baca Ini Juga :

Laut Jawa

Laut Jawa
fasrholo643.weebly.com

Samudra Hindia

Samudra Hindia
ayobandung.com

Dataran Rendah di Pulau Jawa

 

Terdapat tiga macam dataran rendah yang berada di Pulau Jawa, contohnya sebagai berikut :

  • Dataran Rendah Semarang

Dataran Rendah Semarang memiliki ketinggian sekitar antara 0 sampai 3,5 m diatas permukaan laut serta berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

  • Dataran Rendah Surakarta

Dataran rendah Surakarta terdapat di Provinsi Jawa Tengah, yang memiliki ketinggian 95 meter sampai 105 meter di atas permukaan laut.

  • Dataran Rendah Madiun

Dataran rendah Madiun berada di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur, yang memiliki ketinggian berkisar 63 meter sampai 67 meter di atas permukaan laut.

Gunung di Pulau Jawa

Gunung
pexels.com

Pulau Jawa memiliki banyak sekali gunung mulai dari yang aktif sampai yang tidak aktif, diantaranya :

Gunung Salak

Gunung Salak
pendakigunung.top

Gunung Salak adalah kompleks Gunung Berapi yang berada di selatan Jakarta, kawasannya termasuk wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Geoposisi puncak tertinggi Gunung Salak adalah 6º43′ LS dan 106º44′ BT.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu
travelingyuk.com

Gunung Merbabu merupakan gunung api bertipe strato, yang terletak secara geografis pada 7,5º LS dan 110,4º BT. Gunung ini terletak di Kabupaten Magelang lereng sebelah barat serta Kabupaten Boyolali pada lereng sebelah timur dan selatan.

Gunung Lawu

Gunung Lawu
shnt-magetan.org

Gunung Lawu memiliki puncak 3.265 MDPL, yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini berada di antara tiga kabupaten yakni Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Yuk Baca Ini Juga :

Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Perahu
tirto.id

Gunung Tangkuban Parahu merupakan salah satu gunung yang berada di Provinsi Jawa Barat, gunung ini memiliki ketinggian 2.084 meter. Bentuk dari gunung ini ialah Stratovulcano dengan erupsi berpindah dari arah timur ke arah barat.

Gunung Merapi

Gunung Merapi
id.wikipedia.org

Gunung Merapi berada di daerah Yogyakarta, lebih tepatnya berada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah di bagian barat, Kabupaten Boyolali di bagian utara dan timur, serta Kabupaten di bagian tenggara. Gunung Merapi memiliki puncak ketinggian 2.930 mdpl.

 


 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga adanya artikel ini bisa menambah wawasan kalian mengenai kondisi geografis Pulau Jawa. Demikian dari saya, Terimakasih. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *