Teknologi Pembayaran Nirsentuh pada Mesin EDC Mandiri

  • Admin Catilmu
  • Mei 16, 2024
Daftar Isi [ Tutup ]
Pembayaran contactless mungkin terdengar seperti sesuatu dari film sci-fi, tapi faktanya, teknologi ini sudah ada di genggamanmu. Kamu mungkin sudah pernah mendengar atau bahkan menggunakan metode ini, tapi tahukah kamu bahwa prospek pembayaran contactless di masa depan sangat cerah dan berkembang pesat? Pembayaran contactless menawarkan kenyamanan, kecepatan, dan keamanan yang semakin diminati masyarakat modern. Dengan adopsi yang semakin meluas di berbagai sektor dan peningkatan nilai transaksi global yang luar biasa, pembayaran contactless tidak hanya menjadi tren sesaat, tapi sebuah revolusi dalam dunia keuangan. Artikel ini akan membahas bagaimana adopsi teknologi ini semakin meluas, pertumbuhan pembayaran mobile, peningkatan nilai transaksi, serta berbagai teknologi baru yang mendukungnya. Dengan informasi ini, kamu akan memahami betapa pentingnya pembayaran contactless dalam transformasi menuju masyarakat cashless. Jadi, apakah kamu siap untuk masa depan yang lebih praktis dan aman?

A. Apa itu Pembayaran Nirsentuh (Contactless)?

1. Pembayaran Nirsentuh

Pembayaran nirsentuh atau contactless adalah metode transaksi di mana Anda hanya perlu mendekatkan atau menempelkan (tap) kartu debit/kredit atau perangkat lain seperti ponsel pada mesin EDC yang dilengkapi teknologi NFC (Near Field Communication). Dengan cara ini, proses pembayaran bisa dilakukan tanpa perlu memasukkan kartu ke slot atau memasukkan PIN untuk transaksi di bawah Rp1 juta.

2. Teknologi NFC

Teknologi NFC memungkinkan komunikasi data jarak dekat dengan jangkauan sekitar 4 cm. Ini memudahkan proses otorisasi dan mempercepat waktu transaksi menjadi hanya beberapa detik saja. Selain kartu, pembayaran contactless juga bisa dilakukan melalui perangkat wearable seperti smartwatch atau ponsel yang mendukung fitur NFC.

3. Cara Kerja Kartu Contactless

Kartu contactless memiliki logo khusus berupa gelombang NFC yang menunjukkan dukungan terhadap pembayaran nirsentuh. Untuk melakukan transaksi, cukup dekatkan kartu ke area NFC pada mesin EDC dalam jarak 2-4 cm.

4. Keuntungan Pembayaran Contactless

Pembayaran contactless menawarkan kecepatan dan kemudahan dalam bertransaksi. Anda tidak perlu repot memasukkan kartu atau PIN untuk transaksi kecil. Cukup tap, dan transaksi selesai dalam hitungan detik. Selain itu, kartu tetap berada di tangan Anda selama proses pembayaran, sehingga meminimalkan risiko kartu tertinggal atau tertukar.

B. Keamanan Transaksi Contactless

1. Enkripsi Data

Transaksi contactless menggunakan teknologi yang aman untuk melindungi informasi kartu dan data transaksi. Kartu contactless dilengkapi dengan chip yang mengenkripsi semua data transaksi. Informasi penting seperti nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, dan kode keamanan tidak dikirimkan dalam bentuk teks biasa saat bertransaksi. Enkripsi ini membuat data sulit dibajak atau disadap oleh pihak tidak berwenang.

2. Jarak Dekat

Transaksi contactless hanya bisa dilakukan pada jarak sangat dekat, sekitar 2-4 cm dari terminal pembayaran. Jarak ini terlalu pendek untuk memungkinkan pembajakan data secara nirkabel. Kartu harus benar-benar didekatkan ke terminal agar transaksi dapat diproses.

3. Pembatasan Transaksi

Untuk transaksi contactless tanpa PIN, biasanya terdapat batasan nominal seperti Rp1 juta per transaksi. Jika melebihi batas tersebut, nasabah harus memasukkan PIN untuk verifikasi tambahan. Ini melindungi dari kerugian besar jika kartu hilang atau dicuri.

4. Tokenisasi

Saat bertransaksi contactless, nomor kartu sebenarnya tidak dikirimkan. Sebagai gantinya, digunakan token sementara yang hanya berlaku untuk satu kali transaksi. Token ini tidak berguna bagi pihak lain untuk melakukan transaksi curang.

5. Autentikasi Tambahan

Untuk transaksi contactless melalui perangkat seperti ponsel, terdapat lapisan keamanan tambahan seperti sidik jari, pengenalan wajah, atau PIN ponsel. Ini memastikan hanya pemilik yang sah yang dapat menggunakan fitur pembayaran contactless.

6. Tips Keamanan Tambahan

Meski begitu, nasabah tetap harus berhati-hati menjaga keamanan kartu dan segera melaporkan jika kartu hilang atau dicurigai disalahgunakan. Selain itu, penting untuk mengikuti petunjuk bank dalam mengatur batas transaksi yang aman sesuai kebutuhan.

C. Kemudahan Bertransaksi dengan Contactless

1. Transaksi Lebih Cepat

Dengan fitur contactless, transaksi jadi lebih cepat. Anda hanya perlu mendekatkan atau menempelkan (tap) kartu ke mesin EDC berlogo contactless. Proses pembayaran selesai dalam hitungan detik, tanpa perlu memasukkan kartu atau PIN untuk transaksi di bawah Rp1 juta. Ini sangat membantu di tempat-tempat ramai seperti restoran cepat saji, toko ritel, atau tempat hiburan, di mana efisiensi waktu sangat dibutuhkan.

2. Lebih Praktis dan Nyaman

Fitur contactless sangat praktis. Anda tidak perlu repot mengeluarkan kartu dari dompet atau tas. Cukup dekatkan kartu atau perangkat seperti ponsel ke mesin EDC untuk bertransaksi. Kartu tetap berada di tangan Anda selama proses pembayaran, sehingga risiko kartu tertinggal atau tertukar bisa diminimalisir.

3. Mendukung Gaya Hidup Modern

Pembayaran contactless sesuai dengan tren digitalisasi layanan keuangan. Anda bisa menikmati pengalaman bertransaksi yang seamless dan modern dengan teknologi terkini seperti NFC (Near Field Communication).

4. Pelacakan Pengeluaran Lebih Baik

Setiap transaksi contactless akan tercatat secara rinci di rekening bank Anda. Ini memudahkan pelacakan pengeluaran dan perencanaan keuangan yang lebih baik.

5. Diterima secara Luas

Semakin banyak merchant di berbagai sektor seperti ritel, restoran, apotek, SPBU, dan lainnya yang mengadopsi teknologi contactless. Baik di dalam maupun luar negeri, sehingga Anda bisa menikmati kemudahan bertransaksi di berbagai tempat.

D. Cara Menggunakan Contactless di EDC Mandiri

1. Langkah-langkah Menggunakan Contactless di EDC Mandiri

Menggunakan fitur contactless di EDC Mandiri sangat sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih menu “Contactless” pada mesin EDC Mandiri.
  2. Masukkan jumlah pembayaran dan tekan tombol hijau.
  3. Konfirmasi jumlah pembayaran yang dimasukkan.
  4. Tempelkan atau dekatkan (tap) kartu debit/kredit Mandiri yang berlogo contactless ke area NFC di EDC.
  5. Setelah terdengar bunyi konfirmasi, transaksi selesai.

2. Prosedur untuk Transaksi di Atas Rp1 Juta

Untuk transaksi di atas Rp1 juta, Anda akan diminta memasukkan PIN setelah menempelkan kartu. Kartu debit Mandiri yang mendukung fitur contactless memiliki logo khusus berupa gelombang atau sinyal seperti WiFi, menandakan kartu tersebut dilengkapi teknologi NFC (Near Field Communication).

3. Penggunaan Aplikasi Livin’ by Mandiri

Selain kartu debit, Anda juga bisa menggunakan fitur Tap to Pay di aplikasi Livin’ by Mandiri untuk melakukan pembayaran contactless dengan ponsel. Caranya:

  1. Aktifkan NFC di pengaturan ponsel.
  2. Buka aplikasi Livin’ by Mandiri dan pilih fitur Tap to Pay.
  3. Dekatkan ponsel ke EDC berlogo contactless.

4. Keuntungan Pembayaran Contactless di EDC Mandiri

Pembayaran contactless di EDC Mandiri sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu mendekatkan kartu atau ponsel ke area NFC tanpa perlu memasukkan kartu atau PIN untuk transaksi di bawah Rp1 juta. Proses ini tidak hanya praktis, tetapi juga menghemat waktu dan mengurangi risiko kartu tertinggal atau tertukar.

E. Adopsi Contactless di Merchant

Semakin Banyak Merchant Mengadopsi Contactless

Semakin banyak merchant di berbagai sektor yang mengadopsi fitur pembayaran contactless di Indonesia. Ini didukung oleh peningkatan jumlah mesin EDC (Electronic Data Capture) yang dilengkapi teknologi NFC (Near Field Communication) untuk memfasilitasi transaksi contactless.

1. Sektor yang Mengadopsi Pembayaran Contactless

Ritel

Merchant di sektor ritel, seperti supermarket, hypermart, toko serba ada, dan toko kelontong, sudah banyak yang menyediakan pembayaran contactless. Ini membantu mempersingkat antrian dan mempercepat transaksi.

Restoran dan Kafe

Restoran cepat saji, kafe, dan tempat makan lainnya banyak mengadopsi contactless untuk meningkatkan efisiensi layanan.

Apotek dan Toko Obat

Apotek dan toko obat menerima pembayaran contactless untuk memudahkan transaksi obat-obatan dan kebutuhan kesehatan lainnya.

SPBU

Stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) juga mengadopsi contactless untuk mempercepat transaksi pembayaran bahan bakar.

Transportasi

Pembayaran contactless digunakan untuk membayar tol, parkir, taksi, dan transportasi umum lainnya.

2. Edukasi dan Sosialisasi oleh Bank Mandiri

Bank Mandiri terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada merchant untuk mempercepat adopsi teknologi contactless. Semakin banyak merchant yang menyediakan layanan ini, semakin besar manfaat yang bisa dirasakan nasabah dalam bertransaksi secara efisien dan nyaman.

3. Manfaat Adopsi Contactless

Adopsi contactless di merchant terus meningkat seiring dengan tren digitalisasi layanan keuangan dan gaya hidup masyarakat yang semakin menuntut kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi. Merchant yang mengadopsi teknologi ini dapat memberikan layanan yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

F. Prospek Contactless di Masa Depan

1. Adopsi Semakin Meluas

Adopsi pembayaran contactless diperkirakan akan terus meningkat secara signifikan di berbagai sektor seperti ritel, makanan dan minuman, transportasi, dan lainnya. Kemudahan dan keamanan yang ditawarkan menjadi daya tarik utama bagi konsumen.

2. Pertumbuhan Pembayaran Mobile

Pembayaran contactless melalui ponsel atau mobile wallet seperti Apple Pay, Google Pay, dan Samsung Pay diproyeksikan akan terus meningkat. Pada 2025, lebih dari 125 juta pengguna ponsel di AS diperkirakan akan menggunakan pembayaran mobile.

3. Peningkatan Nilai Transaksi

Nilai total transaksi pembayaran contactless global diperkirakan akan mencapai $164,15 miliar pada 2030, naik dari $1,168 miliar pada 2022. Pertumbuhan ini mencerminkan peningkatan kepercayaan dan penggunaan pembayaran contactless oleh konsumen di seluruh dunia.

4. Adopsi Teknologi Baru

Teknologi baru seperti pembayaran biometrik, wearable contactless, dan tap to phone (menggunakan ponsel sebagai terminal) akan semakin diadopsi. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pembayaran contactless yang lebih aman dan nyaman.

5. Pertumbuhan di Pasar Berkembang

Pasar berkembang seperti Asia Pasifik dan Amerika Latin diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan pesat dalam adopsi contactless. Hal ini seiring dengan meningkatnya penetrasi kartu contactless dan perkembangan infrastruktur digital di wilayah tersebut.

6. Pergeseran ke Cashless Society

Pembayaran contactless berperan penting dalam transisi menuju masyarakat cashless (non-tunai). Transaksi digital dan non-kontak menjadi norma baru yang semakin diterima oleh masyarakat luas.

Kesimpulan

Pembayaran contactless menawarkan banyak keuntungan yang membuatnya semakin populer. Dari adopsi yang meluas di berbagai sektor hingga pertumbuhan pembayaran mobile, nilai transaksi yang meningkat, adopsi teknologi baru, dan pertumbuhan di pasar berkembang, pembayaran contactless terus berkembang. Artikel ini telah menunjukkan bagaimana teknologi ini memainkan peran penting dalam pergeseran menuju masyarakat cashless. Dengan kecepatan, kemudahan, dan keamanannya, contactless menjadi pilihan yang lebih baik bagi konsumen modern. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk cek artikel lainnya di catilmu.com untuk informasi lebih lanjut tentang teknologi keuangan dan tren terbaru. Yuk, kita sambut masa depan pembayaran yang lebih praktis dan aman!

FAQ

Apa itu pembayaran contactless?

Pembayaran contactless adalah metode pembayaran yang memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi dengan mendekatkan atau menempelkan kartu atau perangkat yang dilengkapi teknologi NFC ke mesin EDC.

Bagaimana cara kerja teknologi NFC dalam pembayaran contactless?

Teknologi NFC (Near Field Communication) memungkinkan komunikasi data jarak dekat antara kartu atau perangkat kamu dengan mesin EDC, sehingga transaksi bisa dilakukan dengan cepat dan aman.

Apakah pembayaran contactless aman?

Ya, pembayaran contactless sangat aman karena menggunakan enkripsi data, tokenisasi, dan batasan transaksi untuk melindungi informasi dan mencegah transaksi curang.

Apa keuntungan utama dari pembayaran contactless?

Keuntungan utama pembayaran contactless adalah kecepatan, kemudahan, dan keamanan dalam bertransaksi. Kamu tidak perlu repot mengeluarkan kartu atau memasukkan PIN untuk transaksi kecil.

Bagaimana prospek pembayaran contactless di masa depan?

Prospek pembayaran contactless sangat cerah, dengan adopsi yang semakin meluas di berbagai sektor, pertumbuhan pembayaran mobile, peningkatan nilai transaksi, dan adopsi teknologi baru seperti pembayaran biometrik dan wearable contactless.

Post Terkait :