Seni Musik : Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur-Unsur, dan Fungsinya

Pengertian Seni Musik – Setelah artikel sebelumnya tentang pengertian seni, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa sih itu seni musik ? Pasti setiap manusia di belahan bumi setidaknya mendengarkan musik setiap harinya.

Terkadang juga musik berguna untuk mengisi kejenuhan dalam jiwa kita, dan juga sebagai obat penenang diri. Walau banyak yang menggemari musik, hampir seluruh masyarakat Indonesia masih belum mengetahui apa itu pengertian dari seni musik. Untuk mengetahuinya kalian bisa membaca artikel ini.

Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik
pexels.com

Seni musik merupakan sebuah susunan bunyi ataupun suara yang berisi irama, nada, lagu serta keharmonisan dalam komponen maupun alat yang dapat menghasilkan irama. Atau yang lebih sederhana, seni musik adalah penyusunan suara yang dapat menghasilkan irama, melodi, keteraturan, serta harmonisasi.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Beriikut beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian seni musik :

  • David Ewen

Seni musik menurut pendapat David Ewen adalah sebuah ilmu pengetahuan yang membahas mengenai pengkombinasian pada ritmik dengan beberapa nada.

Hal tersebut baik itu vokal maupun instrumental yang melingkupi melodi serta harmoni secara ekspresi dari segala sesuatu hal yang ingin diungkapkan lebih dalam mengenai emosional

  • Jamalus

Seni musik menurut pendapat Jamalus adalah suatu hasil karya yang dapat berupa dari unsur-unsur bunyi seperti irama, melodi, harmoni, serta bentuk struktur lagu dan ekspresi dalam datu kesatuan.

  • Sylado

Seni musik menurut pendapat Sylado adalah suatu wujud hidup dalam sekumpulan ilusi dan alunan suara. Untuk semakin jelasnya Sylado mengungkapkan bahwa alunan musik dengan nada yang berjiwa dapat menggerakkan hati penikmatnya.

  • Lexicographer

Seni musik menurut pendapat Lexicographer adalah suatu ilmu dan seni yang disamakan dengan unsur ritmis dan nada, serta dapat dipadukan juga dengan vokal sebuah instrumen yang dapat menyangkutkan harmoni serta melodi. Seni ini mempunyai tujuan dalam mengekspresikan segala sesuatyang bersifat emosional.

  • Suhartjarja

Seni musik menurut pendapat Suhartjarja adalah suatu rasa indah dari manusia pada pemikiran yang kompleks. Pemikiran tersebut adalah dari bentuk nada dan suara yang memuat harmoni serta ritme.

Unsur-unsur Seni Musik

Unsur-unsur Seni Musik
pexels.com

Dengan adanya unsur-unsur penggabungan dari musik maka suara dari musik tersebut terdengar sangat indah, dan juga dapat dinikmati oleh para pendegarnya. Maka tak heran kebanyakan orang saat ini meluangkan waktunya untuk mendengarkan musik yang dapat menyenangkan dirinya.

Penggabungan dari sebuah unsur musik yang ditata rapih sedemikian rupa dapat membuat suatu hasil karya yang luar biasa. Unsur-unsur tersebut ialah antara lain :

Melodi

Melodi merupakan suatu gabungan nada atau bunyi yang tinggi dan rendahnya tersusun pada suatu frase. Alat musik perkusi merupakan suatu alat yang dapat memainkan sebuah melodi, dan juga daya tarik dari seni musik terdapat pada melodi itu sendiri.

Melodi terdiri dari beberapa bagian yakni tone, durasi, serta pitch. Untuk tone sendiri adalah not dihasilkan dari beragam macam alat musik dengan suara yang berbeda.

Sedangkan durasi itu sendiri adalah penggabungan not-not menjadi melodi pada waktu tertentu. Serta pitch adalah not-not yang diatur serta diberi lambang alfabet dari A-G, pitch juga sering dipadankan pada timbre atau warna suara.

Ritme (Irama)

Irama atau ritme merupakan suatu panjang pendeknya serta tinggi rendahnya nada. Unsur dari irama merupakan sangat penting pada musik karena dapat menentukan sebuah ketukan dalam bermusik.

Ritme akan menjadi sangat indah sebab terdapat penggabungan perbedaan nilai pada satuan bunyi. Bisa disebut ritme adalah suatu ketukan dasar yang mengikuti secara teratur pada gerak dari melodi yang bervariasi.

Birama

Birama merupakan unsur dari seni musik yang berupa suatu ketukan atau ayunan  yang dilakukan berulang-ulang dengan teratur pada waktu yang sama. Birama ditulis dengan bentuk angka pecahan seperti 3/4, 2/3, 2/4, 6/8, dan masih banyak lagi.

Angka pembilang yang berada pada atas garis miring (/) merupakan jumlah suatu ketukan. Sebaliknya angka penyebut yang berada pada bawah garis miring (/) merupakan nilai dari nada pada suatu kesatuan.

Biasanya angka penyebut yang genap disebut sebagai birama bainar, sedangkan angka penyebut yang ganjil disebut sebagai birama ternair.

Seni musik memiliki 2 jenis birama yakni birama perduaan dan birama pertigaan. Birama perduaan bersahaja yakni birama 2/4 dan 2/8, serta untuk birama perduaan bertingkat yakni birama 4/4, 4/8, 8/4, dan 8/8.

Sedangkan jenis birama pertigaan bersahaja antara lain birama 3/4, serta 3/8, dan untuk birama pertigaan bertingkat yakni birama 6/4, 6/8, 9/4, serta 9/8.

Harmoni

Harmoni merupakan suatu hal yang berkaitan pada keselarasan bunyi, atau juga bisa disebut sebagai kumpulan dari paduan nada dan melodi yang teratur sehingga enak untuk didengarkan. Tidak hanya itu saja, harmoni juga memiliki elemen-elemen penting berupa interval dan akor.

Pengertian Interval merupakan susunan dari nada ke nada yang ketika dimainkan secara bersama-sama akan terdengar sangat indah. Untuk akor akan mengiri suatu melodi sebuah lagu sebagai kegiatan, serta lagu tersebut akan enak didengar.

Tempo

Tempo merupakan hal yang berkaitan dengan cepat lambatnya musik. Hal ini bisa juga dapat dikatakan sebagai ukuran suatu birama dalam bermusik atau lagu. Tempo dikategorikan menjadi 4 kelompok yakni :

  • Tempo lambat :
    1. Largo
    2. Adagio
    3. Lento
    4. Grave
  • Tempo sedang :
    1. Andante
    2. Andantino
    3. Allegro moderato
    4. Moderato
  • Tempo perubahan :
    1. Rit
    2. Rittad
    3. Accel
    4. String
  • Tempo cepat :
    1. Allegro
    2. Presto
    3. Vivace
    4. Allegreto

Tangga Nada

Tangga nada merupakan deretan nada yang tersusun secara berejenjang dan memiliki jarak tertentu di setiap nadanya. Jarak dari setiap nada sangatlah beragam, mulai dari 1, 1 1/2, dan 2. Nada dari jarak inilah yang menentukan variasi nada serta tangga nada.

Timbre

Timbre merupakan suatu kualitas atau warna nada bunyi musik. Pada setiap alat musik memiliki timbre yang berbeda walaupun memainkan nada yang sama. Contohnya alat musik petik mempunyai timbre yang berbeda dengan alat musik pukul karena dari setiap alat musik memiliki timbre yang berbeda walaupun memainkan sebuah nada yang sama.

Dinamika

Dan unsur yang terakhir adalah dinamika, unsur ini merupakan suatu tanda yang dapat memainkan nada dengan suara bunyi yang nyaring atau merdu. Dinamika merupakan unsur yang sangat penting karena dapat mengungkapkan suatu ekspresi bermusik yang emosional seperti sedih, senang, riang, datar, dan sebagainya.

 


 

Nah mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian mengenai pengertian seni musik. Sebelumnya saya berterimakasih karena telah menjumpai artikel saya. Sampai jumpa dan Terimakasih. 🙂

 

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *