√ 50+ Cabang Ilmu Geografi Beserta Penjelasannya (Terlengkap) 100%

Cabang ilmu geografi – Hi sobat, kembali lagi bersama saya di catilmu.com. Setelah kemarin kita tengah membahas mengenai hakikat geografi, nah kali ini saya akan membahas tentang geografi, lebih tepatnya mengenai cabang ilmu geografi.

Terdapat banyak sekali cabang-cabang ilmu geografi di permukaan bumi ini. Mulai dari ilmu katografi, geofisika, geodesi, glasiologi, dan lain-lain.

Dalam pembahasan ini cabang ilmu geografi terbagi menjadi dua bagian yakni geografi fisik dan manusia, dari kedua tersebut akan menjadi beberapa bagian lainnya. Untuk mengetahuinya lebih dalam yuk langsung ke materinya.

Geografi Fisik

Geografi Fisik
pexels.com

Geografi fisik merupakan ilmu dari georafi yang mengkaji tentang gejala fisik yang berasal dari bumi, yakni tanah, air, serta udara. Cabang dari ilmu geografi fisik mempunyai keterikatan pada ilmu-ilmu lain yang menunjang pengembangan cabang ilmu geografi ini. Berikut beberapa ilmu yang menunjang geografi fisik :

Meteorologi

Ilmu meteorologi merupakan penujang dari geografi fisik, ilmu ini membahas tentang bagaimana mempelajari cuaca dalam suatu wilayah. Dalam bidang ini kita bisa dapat tahu informasi tentang perkiraan cuaca yang sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Klimatologi

Ilmu klimatologi mempunyai keterikatan dengan ilmu meteorologi, karena ilmu ini mengkaji tentang iklim, sedangkan ilmu meteorologi membahas mengenai cuaca. Iklim dan cuaca diibaratkan teman yang saling membantu, karena cuaca meliputi tempat yang sempit sedangkan iklim tempat yang lebih luas.

Oceanografi

Oceanografi adalah ilmu yang mengkaji mengenai lautan beserta semua aspek yang berada di dalam lautan termasuk sedimen, batuan yang membentuk dasar laut, pergerakan air laut, interaksi laut dengan atmosfer, serta tenaga yang menjadi penyebab adanya gerakan-gerakan tersebut.

Hidrologi

Ilmu hidrologi merupakan mengkaji mengenai pergerakan, distribusi, serta kualitas air di seluruh bumi. Ilmu ini dapat menciptakan fungsi air hujan untuk kehidupan makhluk hidup di seluruh dunia.

Hidrografi

Karena memiliki nama yang hampir sama, ilmu hidrografi mempunyai keterkaitan dengan ilmu hidrologi. Penyebabnya adalah ilmu ini mengkaji tentang penelitian serta pemetaan air di permukaan bumi sedangkan hidrologi mengkaji tentang pergerakan distribusi, dan kualitas.

Yuk Baca Ini Juga :

Geologi

Ilmu geografi merupakan mengkaji tentang proses pembentukan bumi serta perubahan bumi berdasarkan struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, serta komposisinya dari masa ke masa. Ilmu ini juga bisa disebut dengan ilmu batuan.

Geomorfologi

Ilmu geografi merupakan membahas tentang proses ilmiah pada permukaan bumi serta proses-proses yang terjadi di bagian-bagian dari bumi, yang juga dijelaskan tentang sejarah bentuk permukaan lahan.

Ilmu Tanah

Ilmu tanah merupakan mengkaji tentang berbagai hal perihal mengenai tanah serta sifat-sifat tanah tersebut.

Geografi Tanah

Geografi tanah merupakan ilmu yang mengkaji tentang tanah, bukan hanya sifatnya saja, melainkan juga genesisnya, penyebaran, serta penerapan kepada manusia.

Biologi

Ilmu biologi disini bukan hanya mengenai sains saja, namun juga termasuk dalam cabang ilmu geografi fisik. Ilmu ini mengkaji mengenai makhluk hidup.

Biogeografi

Ilmu biogeografi merupakan membahas mengenai penyebaran organisme dalam ruang dan waktu serta faktor-faktor yang mempengaruhi.

Geografi Manusia

Geografi Manusia
pexels.com

Geografi manusia merupakan cabang dari geografi yang mengkaji mengenai aspek keruangan sebagai tempat aktivitas manusia. Aspek-aspek yang berada pada geografi manusia meliputi aspek ekonomi, kependudukan, politik, dan sosial. Berikut adalah penjelasannya :

Geografi Ekonomi

Geografi ekonomi merupakan cabang dari geografi manusia yang mengkaji tentang struktur keruangan aktivitas ekonomi. Aspek dari ekonomi disini meliputi bidang industri, pertanian, perdagangan, komunikasi, jasa, transportasi, dan lain-lain.

Geografi Permukiman

Geografi permukiman merupakan mengkaji tentang perkembangan permukiman dalam suatu wilayah yang berada di seluruh permukaan bumi, serta membahas tentang kapan permukiman itu akan di huni, faktor pengaruhnya dari perkembangan dan pola permukiman serta bentuk permukimannya.

Geografi Politik

Geografi poilitik merupakan membahas mengenai kepemerintahan atau kenegaraan yang mencakup hubungan regional dan internasional. Ilmu geografi ini dijadikan sebagai landasan perkembangan serta hubungan kenegaraan.

Geografi Sosial

Geografi sosial merupakan membahas tentang hubungan sosial pada struktur keruangan yang dikaji mengenai ilmu sosial. Dalam ilmu ini mengulas mengenai kesehatan serta perlindungan, kriminalitas dan kemiskinan, serta variasi pergerakan sosial.

Geografi Regional

Geografi regional merupakan membahas tentang diskripsi menyeluruh antara aspek manusia dengan aspek alam. Fokus dari geografi ini merupakan untuk interelasi, interaksi, serta integrasi antara aspek alam dengan aspek manusia di suatu ruang tertentu

Cabang-cabang Ilmu Geografi Lainnya Beserta Penjelasannya

Berikut beberapa cabang-cabang ilmu geografi beserta penjelasannya :

Kartografi

Ilmu katografi merupakan cabang ilmu geografi yang mengkaji tentang representasi permukaan bumi dengan simbol abstrak dengan tanpa banyaknya kontroversi. Bisa dibilang katografi adalah penyebab dari meluasnya kajian geografi.

Pitogeografi

Ilmu pitogeografi merupakan cabang dari ilmu geografi yang mengkaji mengenai tanaman.

Zoogeografi

Ilmu zoogeografi merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai persebaran spesies hewan di permukaan bumi pada masa lalu dan masa kini.

Antropogeografi

Ilmu antropogeografi merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai persebaran manusia di permukaan bumi serta dalam hubungannya kepada lingkungan geografi.

Geofisika

Ilmu geofisika merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Ilmu ini juga membahas tentang interior bumi seperti inti, mantel bumi, serta kulit bumi dan kandungan-kandungan alaminya.

Geodesi

Ilmu geodesi merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai pengukuran serta pemetaan permukaan bumi dan dasar laut.

Glasiologi

Ilmu glasiologi merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai sifat-sifat fisika dan kimia dari es serta salju (gletser), pembentukan formasi, pergerakan beserta evolusinya.

Ilmu Atmosfer

Ilmu atmosfer merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai bagian gas dari bumi atau atmosfer dari permukaan bumi sampai lapisan eksofer. Cabang dari ilmu ini adalah meteorologi, klimatologi, serta aeronomi.

Kimia Atmosfer

Ilmu kimia atmosfer merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai kimia atmosfer bumi serta planet-planet lain. Bidang dari multidisiplin kimia atmosfer melibatkan pada kimia lingkungan, fisika, meteorologi, pemodelan komputer, oseanografi, geologi, vulkanologi, serta disiplin-disiplin lainya.

Baca Juga :

Hidrometeorologi

Ilmu hidrometeorologi merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai perubahan iklim yang terjadi pada seluruh rentang sejarah bumi.

Paleontologi

Ilmu paleontologi merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai sejarah kehidupan di bumi pada zaman praaksara.

Mikropaleontologi

Ilmu mikropaleontologi merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai mikrofosil. Mikropaleontologi adalah cabang dari ilmu paleontologi yang sudah kita bahas di atas.

Geomikrobiologi

Ilmu geomikrobiologi merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai interaksi organisme mikroskopis dengan lingkungan anorganik, seperti batuan desimen. Geomikrobiologi ialah penggabungan dari ilmu geologi dengan mikrobiologi.

Limnologi

Ilmu linmologi merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai kehidupan dan padanan bagi biologi pada perairan darat, terutama perairan tawar, sehingga bisa dikategorikan sebagai bagian dari ekologi. Lingkup kajiannya sekali-kali mencakup perairan payau (eusuaria).

Hidrogeologi

Ilmu hidrogeologi merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai penyebaran dan pergerakan air tanah dalam tanah serta batuan di kerak bumi. Ilmu ini adalah bagian dari ilmu hidrologi

Oceanografi Biologi

Ilmu oceanografi biologi atau juga bisa disebut biologi laut merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai tumbuhan, binatang, dan mikroba (biota) samudra serta interaksi ekologi.

Oceanografi Kimia

Ilmu oceanografi kimia atau juga bisa disebut kimia laut merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai kimia samudra serta interaksinya pada atmosfer.

Oceanografi Geologi

Ilmu ocenografi geologi atau juga bisa disebut geologi laut merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai geologi dasar laut, termasuk tektonik lempeng.

Oceanografi Fisika

Ilmu oceanografi fisika merupakan cabang ilmu dari geografi yang mengkaji mengenai ciri fisik samudra termasuk struktur suhu salinitas, ombak, pencampuran, pasang, dan arus rekayasa laut.

Geologi Ekonomi

Ilmu geologi ekonomi merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai hubungan pada material bumi yang dapat digunakan untuk tujuan ekonomi atau industri.

Geologi Rekayasa

Ilmu geologi rekayasa merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai ilmu geologi dalam penerapan dibidang praktik rekayasa untuk tujuan menjamin faktor-faktor geologi yang mempengaruhi desain, lokasi, konstruksi, operasi dan perawatan pekerjaan rekayasa yang sudah dipersiapkan secara matang

Geologi Lingkungan

Ilmu geologi lingkungan merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai pengelolaan sumber daya geologi dan hidrogeologi seperti bahan bakar fosil, air, mineral, serta tata guna lahan.

Geologi Sejarah

Ilmu geologi sejarah merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai pemahaman dan rekonstruksi sejarah bumi dengan memakai prinsip-prinsip geologi, serta berfokuskan pada evolusi tumbuhan dan binatang selama periode waktu berbeda dalam skala waktu geologi.

Geologi Struktur

Ilmu geologi struktur merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai distribusi tiga dimensi tubuh batuan serta permukaan yang datar atau terlipat, dan juga susunan internalnya

Sedimentologi

Ilmu sedimentologi merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai membentuknya lapisan tanah dikarenakan pengendapan tanah yang mengalami perpindahan dari tempat lain.

Geokimia

Ilmu geokimia merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai komposisi-komposisi kimia bagian dari bumi.

Geofisika

Ilmu geofisika merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai sifat bentuk bumi, seperti reaksi terhadap gaya, bentuk-bentuk bumi, dan medan potensial bumi (magnet dan gravitasi).

Geokronologi

Ilmu geokronologi merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai menentukan umur absolut batuan, fosil, serta desimen, dalam ketidak pastian tertentu yang melekat pada metode digunakan.

Mineralogi

Ilmu mineralogi merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai sifat kimia, struktur kristal, serta fisika (dan juga optik) dalam mineral.

Kristalografi

Ilmu kristalografi merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai eksperimen sains terhadap dalam menentukan susunan atom pada zat padat.

Petrologi

Ilmu petrologi merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai batuan serta kondisi pembentukkannya.

Vulkanologi

Ilmu vulkanologi merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai magma, gunung berapi, lava, serta fenomena geologi yang masih ada kaitannya.

Edafologi

Ilmu edafologi merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai kesuburan tanah. Ilmu ini juga mempelajari peran tanah sebagai pendukung kehidupan, terutama tumbuhan.

Pedologi

Ilmu pedologi merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai lokasi dan persamaan serta perbedaan keruangan mengenai fenomena fisik dan manusia di permukaan bumi.

Stratigrafi

Ilmu stratigrafi merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai sejarah yang membahas tentang komposisi serta umur relatif dan distribusi pelapisan tanah serta interprestasi lapisan-lapisan batuan untuk menjelaskan sejarah bumi.

Baca Juga :

Palinologi

Ilmu palinologi merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai polinomorf yang ada saat ini besera fosilnya, seperti serbuk sari, sepura, kista, scolecodont, chitinozoa, acritarchs, dinoflagelata. Dan juga bersamaan dengan partikel material organik serta kerogen yang terdapat di sedimen dan batuan desimen.

Sistem Informasi Geografis

Ilmu sistem informasi geografis merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai sistem informasi berbentuk di komputer yang dapat mengelola, memproses, menganalisis data geografis maupun nongeografis.

Penginderaan Jauh

Ilmu penginderaan jauh merupakan cabang ilmu yang mengkaji mengenai ilmu serta seni yang dapat menghasilkan informasi mengenai objek, gejala atau daerah.

 


 

Mungkin ini saja yang bisa sampaikan, semoga adanya artikel ini bisa menambah wawasan kalian. Demikian dari saya, Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *