Fauna Oriental | Pengertian, Ciri-ciri, dan Fauna Khas Wilayah Oriental

Fauna oriental – Setelah kemarin kita membahas persebaran flora dan fauna di Indonesia, yang membahas mengenai fauna tipe asiatis, peralihan, dan australis. Kali ini saya akan membahas mengenai fauna tipe oriental, apa sih itu fauna oriental? ciri-cirinya? dan masih banyak lagi yang kalian masih belum tahu.

Untuk mengetahuinya tentang fauna orienta lebih lanjut, yuk langsung ke materinya.

Baca Juga: √ 49+ Gambar Flora Untuk Inspirasi Menggambar Kalian

Baca Juga: √ 284+ Daftar Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Lengkap Beserta Arti

Baca Juga: √ Fauna Asiatis – Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contoh Lengkapnya

Pengertian Fauna Oriental

Fauna oriental merupakan fauna yang meliputi di wilayah Asia Tenggara dan selatan termasuk Indonesia bagian Barat. Persebaran wilayah fauna oriental meliputi Benua Asia beserta pulau-pulau disekitarnya, seperti Srilangka, Filipina, dan wilayah Indonesia bagian barat dan tengah, meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Kondisi lingkungan fisik di wilayah oriental cukup beragam, sebagian besar beriklim tropis yang akan kaya flora dan faunanya. Beberapa fauna khas yang hidup di wilayah oriental meliputi :

  1. Harimau
  2. Gajah
  3. Ungka
  4. Orang utan
  5. Bekantan
  6. Monyet
  7. Badak bercula satu
  8. Menjangan
  9. Antelop
  10. Tapir
  11. Babi rusa

Dan beberapa fauna endemik yang hidup di wilayah tertenu, seperti komodo yang hidup di pulau komodo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, anoa yang hidup di sulawesi, burung rangkong di sulawesi, burung jalak bali di hutan bagian barat pulau bali, dan kukang.

Ciri-ciri Fauna Oriental

Ciri-ciri dari fauna oriental meliputi :

  1. Banyak mamalia berukuran besar seperti, gajah, harimau, banteng, badak, dan sedikit mamalia berkantung yang hampir tidak ada.
  2. Terdapat berbagai macam jenis kera. Kalimantan lah yang paling banyak akan jenis-jenis spesies primata, terdapat 4 macam jenis seperti bekantan, loris hantu, orang utan, dan tarsius.
  3. Terdapat flora endemik seperti :
    • Badak bercula satu di ujung kulon.
    • Binturong (Arctictis binturong), Sejenis musang tapi bertubuh besar.
    • Monyet kedih (Presbytis Thomasi), primata asli sumatra utara.
    • Mentilin (Tarsius bancanus), salah satu spesies tarsius yang berada di Sumatra dan Kalimantan.
  4. Jenis burung di wilayah ini memiliki warna yang menarik di bandingkan dengan wilayah australis, seperti jalak bali, elang jawa, murai, elang putih, ayam hutan dada merah, dan lain-lainnya.

Fauna yang Hidup di Wilayah Oriental

Terdapat banyak sekali fauna yang hidup di wilayah oriental, seperti :

Harimau Sumatra

Fauna Harimau
pedomanbengkulu.com

Harimau sumatra merupakan subspesies harimau yang habitat aslinya di Sumatra, nama ilmiah dari harimau sumatra merupakan (Panthera Tigris Sumatrae). Harimau sumatra merupakan salah satu dari enam subspesies yang masih bertahan hidup hingga saat ini. Hewan ini masuk dalam daftar merah spesies terancam punah yang dirilis Lembaga Konservasi Dunia.

Gajah Sumatra

Fauna Gajah
medanmerdeka.com

Gajah sumatra merupakan subspesies gajah asia yang hanya tinggal hidup di Pulau Sumatra, nama ilmiah dari gajah sumtra merupakan (Elephas maximus sumatranus). Gajah Sumatra memiliki tubuh yang kecil dari gajah india, populasi dari gajah sumatra makin menurun dari tahun ke tahun.

Ungka

Fauna Ungka
flickr.com

Ungka, wawa, wak-wak, atau owa. Merupakan kera dalam keluarga Hylobatidae, dan dikelompokan empat genus berdasarkan jumlah kromosom diploid seperti Hylobates, Hoolock, Nomascus, dan Symphalangus. Hewan ini dapat ditemukan di alam liar di hutan hujan tropis dan subtropis Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Termasuk Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

Ukuran tubuh ungka terbilang kecil, kurus, lincah, serta ramping dengan kepala bulat kecil, lengan panjang, dan jari-jari panjang namun jempolnya relatif pendek.

Orang Utan Kalimantan

Fauna Orang Utan
theconversation.com

Orangutan Kalimantan merupakan spesies asli Pulau Kalimantan, dengan nama latin (Pongo Pygmaeus). Orangutan kalimantan masuk kedalam genus pongo yang dapat di temui di Asia beserta orangutan sumatra, hewan ini memiliki lama waktu hidup 35 sampai 40 tahun di alam liar, dan di penangkaran bisa sampai 60 tahun.

Bekantan

Fauna Bekantan
mayaanurhan.blogspot.com

Bekantan merupakan hewan sejenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan, nama ilmiah dari bekantan adalah (Nasalis larvatus). Bekantan termasuk dalam satu dari dua spesies dalam genus tunggal monyet Nasalis.

Ciri-ciri dari bekantan adalah dari hidungnya yang panjang dan besar, yang hanya bisa ditemukan di bekantan saja. Bekantan betina lebih memilih pasangannya yang hidunyanya panjang sebagai pasangannya, karena sebab ini bekantan dijuluki monyet belanda. Bekantan bisa di temukan di Pulau Kalimantan.

Monyet

dictio.id

Monyet merupakan istilah dari semua primata yang bukan prosimia atau kera, yang hidup di dunia lama maupun dunia baru. Pengelompokkan monyet bersifat parafiletik, karena monyet dunia lama (Cercophitecoidea) lebih dekat kekerabatan genetiknya dengan kera (Hominidae), daripada monyet dunia baru (Platyrrhini).

Monyet terbesar adalah jenis mandrill atau monyet dukun, monyet ini berhubungan dekat dengan babun, bahkan lebih dekat dengan drill. Hingga saat ini terdapat 264 jenis monyet yang hidup di dunia.

Badak Bercula Satu

centralnews.co.id

Badak bercula satu atau juga bisa disebut badak jawa merupakan famili dari rhinocerotidae, dan juga merupakan satu dari lima badak yang masih hidup. Badak jawa masih dalam satu genus dengan badak india dan memiliki kulit bermosaik menyerupai baju baja, memiliki pajang sekitar 3,1-3,2 m dan tinggi 1,4-1,7. Badak jawa memiliki postur tubuh lebih kecil dibandingkan badak india, bahkan menyerupai besar tubuh dengan badak hitam.

Ukuran culanya lebih sedikit 20 cm dibandingkan dengan cula spesies badak lainnya. Badak jawa bisa hidup selama 30-45 tahun di alam bebas, badak ini bersifat tenang, kecuali untuk masa kenal-mengenal dan membesarkan anak. Walaupun suatu kelompok dapat berkumpul di suatu kubangan dan mendapatkan mineral.

Menjangan

balifundive.blogspot.com

Menjangan atau juga bisa disebut rusa ini merupakan hewan mamalia pemamah biak yang termasuk famili cervidae. Salah satu ciri khas menjangan adalah antler (tanduk rusa) bukan tanduk biasa, yang merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang pada musim panas terhadap rusa jantan. Ada sekitar 34 spesies rusa di seluruh dunia yang terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu rusa dunia lama (Muntiacinae) dan (Cervinae), serta dunia baru (Hydropotinae) dan (Odocoilinae).

Antelop

pexels.com

Antelop merupakan hewan mamalia yang menyerupai kambing dengan tanduk tegak lurus ke atas,dan mirio dengan kijang tapi bukan kijang. Antelop masuk dalam famili bovidae dan termasuk hewan yang terancam punah. Persebaran antelop meliputi Afrika, Asia, dan Timur Tengah, antelop merupakan hewan yang berkelompok serta berpindah-pindah tempat untuk mencari makan.

Tapir

wildthornberrys.fandom.com

Tapir merupakan hewan herbivora yang memakan dedaunan muda di sepanjang hutan dan pinggiran sungai, tapir memiliki bentuk tubuh seperti babi, telinga mirip dengan badak, moncongnya yang panjang mirip dengan teringgiling, dan lenguhannya mirip dengan burung dibandingkan dengan binatang mamalia.

Tapir termasuk hewan nokturnal (aktif dalam malam hari), aktifitas makan tapir sambil tetap terus berpindah dalam jalur yang berpindah-pindah. Jangkauan tapir sangat luas karena mereka cenderung berjalan jauh untuk menemukan lokasi yang kaya akan garam mineral.

Babi Rusa

Fauna Babi Rusa
mongabay.co.id

Babi rusa merupakan marga dari babi liar yang hanya terdapat di sekitar Sulawesi, habitai hewan ini banyak ditemukan di hutan hujan tropis. Babi rusa aktif dalam malam hari untuk berburu makanan, karena untuk menghindar dari binatang buas yang menyerang, biasanya hewan ini melahap buah-buahan dan tumbuhan, seperti amngga, jamur, dan dedaunan.

Babi rusa memiliki sifat penyendiri, dan mereka hidup berkelompok dengan seekor pejantan yang paling kuat sebagai pemimpinnya. Binatang pemalu ini bisa buas jika diganggu.


Mungkin ini saja dari saya, semoga adanya artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian. Demikian dari saya, terimaksih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *