√24+ Gambar Flora | Penjelasan Singkat, Nama Ilmiah, dan Persebaran

Gambar flora dan fauna – Flora dan fauna memiliki keberagaman yang banyak dan tentunya indah-indah dan bagus. Nah, kali ini saya akan membagikan artikel ini mengenai gambar flora dan fauna. Mulai dari yang tinggal di darat, udara, dan air. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk langsung ke intinya. Lest go

Gambar Flora

Untuk gambar flora dapat dikelompokkan berbagai macam, mulai dari tanaman hias, tanaman obat, tanaman buah-buhan, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui kelompokkannya sebagai berikut :

Gambar Flora/Tanaman Hias Bunga

Flora/tanaman hias banyak sekali ragamnya, dan banyak spesiesnya yang sering kita jumpai. Berikut daftar flora atau tanaman hias :

Anggrek Bulan

Anggrek Bulan
isroi.com

Bunga dari tanaman anggrek bulan merupakan salah satu bunga nasional, dengan nama ilmiah (Phalaenopsis amabilis) tanaman ini termasuk dari anggrek monopodial yang menyukai sedikit sinar matahari sebagai penunjang hidupnya.

Tanaman ini tersebar mulai dari Malaysia, Filipina, Indonesia, Papua, hingga sampai ke Australia, cara hidup tumbuhan ini dengan epifit, menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan.

Karateristik dari tumbuhan ini adalah daunnya yang hijau dan bentuknya memanjang, akar putih yang berbentuk bulat memanjang seperti terasa berdaging. Bunganya sedikit harum dan ketika sedang mekar membutuhkan waktu yang lama, serta bisa tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.

Baca Juga :

Anggrek Hitam

Anggrek Hitam
phinemo.com

Anggrek hitam merupakan maskot dari flora Provinsi Kalimantan Timur, dengan nama ilmiah (Coelogyne pandurata) tumbuhan ini tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatra.

Anggrek hitam termasuk famili dari golongan simpodial dengan bentuk bulb membengkak pada bagian bawah dan daun terjulur di atasnya, setiap bulb hanya memiliki dua lembar daun saja. Jika diperhatikan daun dari tanaman ini mirip dengan daun tunas kelapa muda.

Karateristik dari anggrek hitam adalah kelopak bunga (sepal) dan mahkota bunga (petal) yang berwarna hijau muda, bunganya yang harum semerbak, dan mekar pada bulan Maret hingga Juni. Kenapa tanaman ini dinamakan anggrek hitam? Karena tanaman ini memiliki lidah (labellum) berwarna hitam yang memiliki sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu.

Anggrek Tebu

Anggrek Tebu
life.trubus.id

Anggrek tebu dengan nama ilmiahnya (Grammatophyllum speciosum) merupakan anggrek paling besar dan paling berat di antara jenis anggrek-anggrek lainnya. Anggrek tebu juga bisa di sebut sebagai anggrek macan, anggrek harimau, dan anggrek ratu.

Tanaman ini bisa kita jumpai di Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, dan New Guinea. Di Indonesia sendiri tanaman ini bisa kita temui di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Karakteristik dari tanaman ini adalah ukurannya yang besar, berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna coklat, merah, atau merah kehitam-hitaman, malai yang dapat tumbuh mencapai ketinggian 2,5-3 meter dengan diameter sekitar 1,5-2 cm.

Dalam setiap malai bisa memiliki puluhan, bahkan mencapai ratusan kuntum bunga yang masing-masing bunga berdiameter sekitar 10 cm. Batang yang menyerupai tebu, maka tak heran mengapa anggrek ini dinamakan anggrek tebu? Karena batangnya yang menyerupai tebu.

Bunga Bangkai Raksasa

Bunga Bangkai Raksasa
goodnewsfromindonesia.id

Bunga bangkai raksasa, atau kibut, atau suweg raksasa mempunyai nama ilmiah (Amorphophallus titanum). Tumbuhan ini merupakan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatra, yang dikenal sebagai tumbuhan majemuk terbesar di dunia.

Bunga ini di sebut bunga bangkai karena bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, dan untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.

Nibung

Nibung
nibungkepmeranti.blogspot.com

Nibung merupakan tumbuhan palma yang tumbuh di rawa-rawa Asia Tenggara, mulai dari Indocina sampai Kalimantan. Dengan nama ilmiah (Oncosperma tigillarium) tumbuhan ini memiliki ciri khas yaitu batang tidak atau jarang bercabang, dapat mencapai 25 m, dapat memunculkan anakan yang rapat, membentuk kumpulan 50 batang.

Serta batang dan daunnya terlindungi oleh duri keras panjang berwarna hitam, dan daun yang tersusun secara majemuk menyirip tunggal (pinnatus) yang berkesan dekoratif.

Melati Putih

Melati Putih
busy.org

Melati putih memiliki nama ilmiah (Jasminum sambac), bunga ini termasuk dari tiga bunga nasional (sebagai Puspa Bangsa) dan juga menjadi bunga nasional di Filipina. Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan dan tersebar dari India ke Indocina lalu Kepulauan Melayu.

Krateristik dari melati putih adalah batangnya bulat berkayu dengan tinggi 0,3-3 meter, memiliki batang yang bercabang dan berwarna coklat. Daun dari melatih putih berjenis tunggal, tangkai daun yang pendek dengan ukuran sekitar 5 mm, dan letak yang berhadapan.

Melati Gambir

Melati Gambir
abahtani.com

Melati gambir memiliki nama ilmiah (Jasminum officinale), tanaman ini merupakan perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati adalah genus semak dan tumbuhan merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Tanaman ini asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australia, dan Oceania, dan banyak dibudidayakan untuk aroma khasnya yang harum.

Kenanga

Kenanga
inibaru.id

Kenanga merupakan nama bagi jenis bunga dan pohon yang menghasilkannya, tanaman ini memiliki nama ilmiah (Cananga odorata). Ada 2 macam kelompok yang dibudidayakan yaitu cananga (Forma marcophylla steeins) dan ylang-ylang (Forma genuina steeins).

Untuk ciri-ciri dari cananga yaitu mempunyai cabang tegak lurus terhadap batang sedangkan ylang-ylang mempunyai cabang yang terkulai dan aun lebih kecil.

Kenanga biasa adalah tanaman asli asal Indonesia, sedangkan ylang-ylang tumbuhan asli asal Filipina. Tanaman ini lazim ditanam di Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia.

Edelweis Jawa

Edelweis Jawa
jatimplus.id

Edelweis jawa atau juga bisa disebut bunga senduro ini adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Nusantara. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah (Anaphalis javanica) ini merupakan tumbuhan yang dapat mencapai ketinggian 8 meter, dan batangnya bisa sebesar kaki manusia walaupun tidak melebihi 1 meter, edelweis jawa sekarang dikategorikan sebagai tanaman langka.

Cempaka Kuning

Cempaka Kuning
pherbi.com

Cempaka kuning merupakan pohon yang bunganya berbau harum, berwarna putih kekuning-kuningan atau kuning, tanaman ini memiliki nama ilmiah (Michelia champaca). Ciri-ciri dari pohon ini adalah memiliki tinggi 15-25 m, ujung ranting berambut, daun bulat telur bentuk lanset, dengan ujung dan pangkal runcing.

Gambar Flora/Tanaman Obat

Untuk gambar tanaman obat banyak yang belum tahu, padahal banyak sekali manfaatnya untuk sebagai obat dan herbal. Berikut sebagai contohnya :

Sirih

Sirih
sipindo.id

Sirih dengan nama ilmiahnya (Piper betle) merupakan tanaman asli Indonesia yang bisa digunakan sebagai obat, tanaman ini tumbuh atau bersandar pada batang lain. Ciri-ciri dari tanaman ini adalah bisa merambat mencapai 15 m.

Batangnya yang berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas, dan merupakan tempat keluarnya akar. Daun tunggal yang menyerupai jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang enak ketika diremas. Kegunaan dari sirih dapat mengobati batuk, sariawan, sariawan, bisul, koreng, luka bakar, dan lain-lainnya.

Mengkudu

Mengkudu
honestdocs.id

Mengkudu memiliki nama ilmiah (Morinda citrifolia) merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan tergolong dalam famili (rubiaceae). Tanaman ini hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1500 m, tinggi pohon bisa mencapai 3-8 m, mempunyai bunga bongkol berwarna putih.

Buahnya majemuk yang ketika masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, sedangkan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik hitam, daun yang tebal dan mengkilap.

Zodia

Zodia
tokotanaman.com

(Evodia sauveolens) adalh nama ilmiah dari zodia, tumbuhan ini tergolong dari suku jeruk-jerukan (Rutacea) dan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua, hingga kini tanaman zodia sudah mulai dibudidayakan di berbagai tempat.

Ciri-ciri darai zodia merupakan tanaman perdu dari suku jeruk-jerukan yang memiliki tinggi sekitar antara 50-200 cm dengan rata-rata sekitar antara 75 cm, daun yang berbentuk pipih memanjang agak lentur dengan warna kuning kehijau-hijauan, panjangnya sekitar antara 2-30 cm, dan tanaman ini dapat tumbuh mencapai 2 meter bila hidup alam bebas.

Ciplukan

Ciplukan
wajibbaca.com

Ciplukan mempunyai nama latin (Physialis peruviana), buah dari tanaman ini adalah  sejenis tanaman liar yang juga disebut sebagai (morel berry), (golden berry), dan (goose zape berry).

Ciri-ciri dari tanaman ini adalah buah yang berdiameter 1,25 sampai 2 cm, buah yang berwarna hijau ketika masih muda, dan ketika sudah tua dagingnya berubah menjadi halus, mengkilap, dan berubah warna menjadi kuning keemasan hingga oranye dengan banyak biji kecil didalamnya.

Gambir

Gambir
pertanianwww.blogspot.com

Gambir merupakan genus tumbuhan dengan suku (rubiaceae), tanaman dengan nama latin (Uncaria gambir) ini mengandung katekin (Catechin), suatu bahan alami yang bersifat antioksidan. Kegunaan gambir adalah untuk menyirih, tapi yang lebih penting untuk bahan panyamak kulit dan pewarna.

Gambar Flora/Tumbuhan Buah

Flora/tumbuhan buah banyak sekali ragamnya, untuk mengetahuinya lebih lanjut sebagai berikut :

Salak

Salak
agustinnesia.com

Salak dengan nama ilmiahnya (Salacca zalacca) merupakan tanaman palma yang buahnya bisa dimakan. Dalam bahasa inggris salak dinamakan snake fruit atau juga bisa disebut salak, kenapa dinamakan snake fruit karena buah ini menyerupai sisik dari ular itu sendiri.

Rambutan

Rambutan
kampustani.com

Rambutan merupakan tanaman tropis yang tergolong suku lerak-lerakan atau (Sapindaceae), yang berasal dari Asia Tenggara.

Tanaman ini mempunyai nama ilmiah (Nephelium lappaceum), dan tersebar di daerah tropis lainnya, seperti Afrika, Kamboja, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, dan masih banyak lagi yang tentunya masih kawasan tropis. Asal dari nama “rambutan” merupakan dari buahnya, yang mana kulitnya memiliki rambut.

Alpukat

Alpukat
uprint.id

Alpukat atau avokad merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dengan nama ilmiah (Persea americana) tumbuhan ini mulai dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur.

Ciri-ciri dari pohon ini merupakan mempunyai batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 sampai 25 cm, bunganya yang tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter, dan buahnya bertipe buni.

Baca Juga :

Sirsak

Sirsak
wongcoco.com

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda merupakan berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Sirsak memiliki nama ilmiah (Annona muricata), buah ini sering dijadikan bahan baku jus atau es krim, karena dari buah ini mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa.

Apel

Apel
faktualnews.co

Apel dengan nama ilmiah (Malus domestica) merupakan tanaman yang menghasilkan buah, dan dari buah itulah yang kita ketahui adalah apel. Buahnya biasanya berwarna merah ketika sedang masak, namun bisa juga berwarna kuning atau hijau.

Kulit dari buah ini agak lembek, dan dagingnya yang keras, dan memiliki biji di dalamnya. Dahulu orang menanam apel pertama kali di Asia Tengah, dan kini sudah banyak dibudidayakan di daerah-daerah dunia yang memiliki suhu udara lebih dingin

Gambar Flora/Tanaman Keras

Flora/tanaman keras merupakan tanaman yang lebih memanfaatkan kayu atau batangnya untuk dijadikan bahan bangunan atau untuk kerajinan. Contohnya sebagai berikut :

Jati

Pohon Jati
kampustani.com

Jati merupakan pohon penghasil kayu bermutu tinggi, dengan nama ilmiah (Tectona grandis) ini merupakan pohon yang besar, berbatang lurus, dapat tumbuh tinggi hingga tingginya bisa mencapai 30-40 m. Daunnya yang besar, dan ketika kemarau daun itu luruh.

Pohon ini dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 1500-2000 mm/tahun dan suhu 27-36 ºC baik di dataran rendah maupun tinggi. Jati memiliki pertumbuhan yang lambat dengan germinasi rendah (kurang dari 50%) yang membuat propagasi secara alami menjadi sulit sehingga tidak bisa menutupi permintaan kayu jati.

Karet

Pohon Karet
tirto.id

Karet merupakan polimer hidrokarbon yang terkandung pada lateks beberapa jenis tumbuhan. Karet mempunyai nama ilmiah (Hevea brasiliensis), beberapa dari tumbuhan juga bisa menghasilkan getah lateks tapi sedikit berbeda dengan karet, seperti beringin dari anggota suku ara-araan, sawo manila, Euphorbiaceae, dan dandelion.

Baobab

Pohon Baobab
phinemo.com

Baobab atau ki tambleg merupakan nama umum dari sebuah genus (Adansonia) yang terdiri dari delapan spesies pohon asli Madagaskar, Afrika daratan dan Australia. Pohon ini memiliki nama ilmiah (Adansonia digata), ciri-ciri dari pohon ini adalah memiliki tinggi antara 5-25 m, dan menyimpan air dalam kapasitas 12000 liter di dalam batang mereka untuk bertahan dalam kondisi lingkungan sekitar.

Kapuk Randu

Pohon Kapuk Randu
flickr.com

Kapuk Randu atau Kapuk merupakan pohon tropis yang tergolong ordo malvaves dan famili malvaceae yang sebelumnya termasuk dalam famili bombacaceae. Dengan nama ilmiah (Ceiba pentandra) pohon ini berasal dari Amerika Selatan bagian utara, Amerika Tengah dan Karibia.

Ciri-ciri dari pohon kapuk randu bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 60-70 m, batang pohon mencapai diameter 3 m, akarnya yang menyebar secara horizontal di permukaan tanah, tumbuh dengan baik pada ketinggian <500 m dan temperatur malam harinya mencapai 17 derajat celcius, dan yang terakhir menyukai curah hujan yang tinggi sekitar 1500-2500 mm/tahun.

Kenari

Pohon Kenari
tribunnews.com

Kenari merupakan tumbuhan yang berpotensi ekonomi dan termasuk anggota suku burseraceae, nama ilmiah dari pohon ini adalah (Canarium ovatum). Pohon kenari berasal dari kawasan Malesia timur, daerah asal utama dari pohon ini adalah Maluku sampai Vanuatu.

 


 

Mungkin sekian mengenai artikel ini, semoga adanya artikel ini bisa menambah wawasan kalian mengenai flora, sekian dari saya. Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *