Pengetahuan, Serba-serbi

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan (Lengkap)

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan – Ketika kita ingin melamar suatu pekerjaan pastinya kita memerlukan sebuah surat untuk melamar sebuah pekerjaan di suatu perusahaan.

Namun, beberapa orang di Indonesia masih belum mengerti bagaimana surat lamaran kerja, cara membuatnya, serta format atau poin penting yang harus dimasukkan dalam surat tersebut.

Tenang saja, kalian sedang berada di artikel yang tepat, kali ini kami akan membahas seputar surat lamaran kerja beserta contoh-contohnya.

1. Pengertian Surat Lamaran Kerja

Sebelum dimulai, apa sih surat lamaran kerja itu. Bisa dibilang surat lamaran kerja merupakan sebuah penawaran terhadap kompetensi atau kemampuan diri kita yang ditulis disebuah kertas atau dokumen online untuk diberikan kepada sebuah perusahaan atau instasi yang sedang membuka lowongan pekerjaan tersebut.

Dengan begitu, surat lamaran kerja menjadi salah satu sebuah persyaratan penting untuk bisa mendapatkan sebuah pekerjaan. Dalam membuat surat tersebut, kita tidak boleh asal dalam mencantumkan kemampuan kita.

Kita harus menyesuaikan dengan apa yang kita kuasai dan tidak kuasai, tulislah surat dengan kata hati dan jujur, pasti sebuah instasi atau perusahaan akan melirik kalian untuk dijadikan seorang karyawannya.

Sebaliknya, jika kita menulis dengan melebih-lebihkan kompetensi yang kita miliki, maka HRD pun akan kurang yakin untuk melirik kalian.

Oleh sebab itu, buatlah sebuah surat lamaran kerja yang menarik dengan berisi informasi yang jujur dan juga baik, sebab seorang HRD belum pernah bertemu dengan anda.

Sebaiknya kemaslah dengan informasi yang menarik tentang segala kompetensi kalian, karena sebuah surat pun bisa saja menunjukkan karakter dan kualitas diri kita.

Ingat!!! Buatlah surat lamaran kerja dengan kata hati, jujur, dan sopan.

2. Tips Dalam Membuat Sebuah Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Supaya surat kalian dilirik oleh seorang hrd dan menjadi sebuah nilai plus, kalian harus memperhatikan beberapa poin penting berikut ini.

  • Menggunakan kata bahasa Indonesia yang sopan tapi resmi.
  • Hindari membuat surat dengan bertele-tele.
  • Mencantumkan data-data penting yang perlu perusahaan ketahui tentang kamu (seperti sertifikat dan lain sebagainya).
  • Tulislah secara manual di kertas (supaya hrd tau bagaimana anda menulis sebuah surat lamaran kerja dan menilai tulisan tangan kamu).

3. Format Penulisan Dalam Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Terkadang seorang hrd pun akan menilai kamu dari segi format yang telah kamu tulis dalam surat tersebut. Untuk mencegah resiko untuk tidak dilirik, berikut beberapa format yang perlu kalian taruh dalam surat lamaran kerja kalian.

  • Tempat dan tanggal penulisan.
  • Perusahaan yang ingin kalian tuju.
  • Salam hormat.
  • Kata pengantar.
  • Data pribadi atau isi.
  • Kompetensi dan keterampilan kamu.
  • Penutupan.

4. Hal Penting dan Perlu Diperhatikan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Sebaiknya untuk membuat surat lamaran kerja kamu menjadi menarik untuk dilihat, kamu harus mengikuti beberapa hal penting berikut ini.

A. Tulislah dalam Kertas Folio Bergaris

Kami menyarankan kamu untuk menulis surat lamaran dengan menggunakan kertas folio yang bergaris. Sebab, dengan kamu menggunakan kertas tersebut, membuat tulisan kalian akan tampak rapi dan sopan.

B. Tulislah yang Rapi

Ada baiknya, untuk menulis surat dalam keadaan yang rapi, sehingga hrd akan lebih betah dalam membaca surat kalian. Bahkan bisa lebih baik lagi menggunakan tulisan huruf tegak bersambung.

C. Hindari Menggunakan Correction Pen

Sudah susah payah dalam membuat surat lamaran kerja, eh taunya terdapat huruf atau kalimat yang salah dalam penulisannya, sehingga perlu dibenarkan.

Eitss, jangan dulu dibenarkan menggunakan correction pen, ada baiknya kalian gunakan kembali kertas baru lalu tulis kembali surat lamaran kalian dengan ejaan yang benar dan tidak salah lagi.

Oleh sebab itu, perhatikan dahulu setiap kalimat atau huruf yang kalian tulis.

5. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Ada kalanya perusahaan atau sebuah instansi hanya menerima surat lamaran kerja kalian dalam bentuk email saja. Hal tersebut memang menjadi sebuah alternatif dari sebuah surat fisik yang ditujukan ke perusahaan tersebut.

Dengan menggunakan email, maka akan menghemat dan menyingkat waktu dalam pembuatan sebuah surat lamaran kerja.

Walaupun begitu, kalian pun dalam membuat sebauh surat lamaran kerja dalam bentuk email harus mengikuti kaedah-kaedah penulisan juga. Berikut beberapa caranya.

  • Gunakan email pribadi kalian yang memiliki nama asli dan formal.
  • Subjek serta judul email harus jelas dan to the point (biasanya ketika perusahaan sedang membuka lowongan melalui email, mereka akan memberikan format subjek serta judul yang akan diberikan kepada calon pelamar).
  • Lihatlah waktu pengiriman email kalian.
  • Perhatikan dalam penulisan kalimat kalian (harus sesuai kaedah EYD).
  • Lihat terlebih dahulu lampiran kalian, apakah sudah lengkap dan update atau tidak.
  • Pastikan kalian sudah menyiapkan file-file tambahan yang akan dicantumkan dalam email.
  • Jika sudah, kalian tinggal kirim saja menuju email perusahaan tersebut.

A. Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat Email


To: _____
Cc: _____
Subject: _____

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang ada pada website, bahwa PT. Buana Baru sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Web Designer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: _____
Alamat: _____
Tempat, Tanggal Lahir: _____
Pendidikan: _____

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.
Bersama dengan surat ini, saya juga melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu ke dalam bentuk lampiran yang bisa diunduh.

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(nama & tanda tangan)


6. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Perlu diingat, untuk bisa membuat surat lamaran kerja kalian harus menggunakan sebuah pulpen supaya tampak ketebalannya sangat jelas, namun jika kalian menggunakan pensil, bisa jadi ketebalan tulisan sangat tipis, bahkan bisa saja tidak terlihat jelas.

Oleh karena itu, untuk memperjelas tulisan kita, ada baiknya gunakan pulpen saja. Berikut beberapa cara yang perlu kalian ikuti.

  • Gunakan alas kertas double folio dan dijepit menggunakan clip board atau papan ujian (untuk meratakan garis disisi kanan dan kiri dan supaya enak dipandang).
  • Tulislah sesuai contoh surat yang akan kami berikan dibawah ini. Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan jangan gunakan correction pen (tipe x), sebaiknya gunakan lembar baru dan tulis kembali.
  • Tuliskan tanggal penulisan, isi, dan penutup sesuai dengan kaedah bahaasa yang sesuai EYD.
  • Cantumkan alamat perusahaan dan kepada siapa surat tersebut ditujukan.
  • Terangkan lah kompetensi, keterampilan, dan nilai plus dari diri kalian sendiri.
  • Buatlah surat dengan tulisan tangan yang rapi dan sopan supaya hrd bisa membaca surat kalian.

A. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Simple

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh surat di atas merupakan contoh surat lamaran dengan tulisan tangan, dengan menggunakan tulisan tangan menunjukkan poin plus dari sisi suratnya. Dan perusahaan juga akan bisa menilai surat dengan cara kamu menulis surat itu sendiri.

B. Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai Kaidah EYD


Sragen, 15 November 2017

Kepada Yth :
PT. Meubel Jaya
Jalan Pahlawan No. 23
Sragen

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama: _____
Tempat & tanggal lahir: _____
Pendidikan:_____
Alamat: _____
Telepon: _____

Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai karyawan. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Ijazah
  2. Fotocopy KTP
  3. Pas Foto

Demikian surat permohonan pekerjaan saya buat besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

(_____)


C. Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate


Surabaya, 14 oktober 2016

Kepada Yth:
PT. Abadi Jaya
Jalan Soekarno-Hatta No. 17
Surabaya

Dengan Bapak/Ibu,
Saya membaca lowongan pekerjaan di Tribun Surabaya dan menemukan jika perusahaan bapak/ibu sedang mencari karyawan untuk posisi “Tim Marketing”.

Saya percaya posisi tersebut cocok dengan latar belakang pendidikan saya dan menjadikan saya memenuhi syarat untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut.

Nama saya Ilham Taufiq. Saya berusia dua puluh dua tahun dan saya baru saja lulus dari jurusan Manajemen Universitas Negeri Surabaya bulan Agustus tahun ini.

Saya memiliki kualifikasi yang bapak/ibu cari untuk lowongan pekerjaan tersebut. Saya memiliki motivasi yang baik untuk maju dan berkembang, saya bisa bekerja dalam tim maupun bekerja sendiri, dan yang terpenting saya mau belajar.

Selain ilmu dasar yang saya dapatkan dari latar belakang pendidikan saya, saya juga memiliki kemampuan menggunakan komputer dengan baik dan saya bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tertulis.

Dengan semua kualifikasi yang saya sebutkan di atas, saya percaya jika saya bisa berkontribusi dengan efektif untuk perusahaan bapak/ibu. Bersama surat ini saya lampirkan.

  1. Fotokopi Ijazah Sarjana (S1) dan Transkrip Nilai
  2. Riwayat Hidup
  3. Pas Foto Terakhir berukuran 4×6

Saya berterima kasih atas perhatian bapak/ibu dan saya berharap bisa bergabung dan menjadi bagian dari perusahaan bapak/ibu.

Hormat Saya,
Ilham Taufiq


D. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank


Riau, 15 November 2017

Kepada Yth.
HRD Bank BRI
Riau

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Muhammad Rijalul Akbar
Tempat, tanggal lahir : Riau, 14 Juni 1994
Alamat : Cikunir, RT 01 RW 03 Riau
No. HP : 0815 2267 1567

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak / Ibu Pimpinan untuk diterima menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas Foto 4×6

Demikian untuk surat ini, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan Bapak / Ibu. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini saya ucapkan Terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Rijalul Akbar


E. Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Guru


Bekasi, 13 April 2016

Kepada Yth :
Kepala Sekolah SMA Harapan Indah
Jl. Rambutan No.16, Harapan Indah, Mustika Jaya, Bekasi, Jawa Barat

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan di Media yang saya dapatkan pada hari Senin tanggal 17 Mei 2016 yang memberitahukan bahwa SMA Harapan Indah Bekasi butuh tenaga guru di bidang Agama, maka dengan ini saya:

Nama : Haidar Mustofa
Tempat, tanggal lahir : Bekasi, 2 April 1989
Alamat : Jl. Cibinong No. 24A, Mustika Sari, Bekasi
Pendidikan terakhir : Fakultas Agama, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Bermaksud melamar untuk menjadi guru bidang Agama di SMA Harapan Indah Bekasi. Pengalaman kerja yang saya dapatkan sebelumnya adalah menjadi guru agama di salah satu sekolah di Yogyakarta dan sudah menempuh 2 tahun mengajar di SMU Negeri 1 di Palembang untuk mata pelajaran Agama.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan:

  1. Ijazah dan Transkip Nilai Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Foto copy surat pengalaman kerja
  4. Foto copy KTP
  5. Pas Foto ukuran 3×4 tebaru sebanyak 3 lembar

Saya berharap besar supaya dapat berkontribusi di SMA Harapan Indah Bekasi menjadi guru di bidang agama. Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian dari Bapak Kepala Sekolah SMA Harapan Indah Bekasi, saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Haidar Mustofa


F. Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit


Semarang, 17 Maret 2017

Kepada Yth :
Manager HRD
RSUD. Semarang
Jl. Lubis, Semarang

Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Haris Al-Khoir
Tempat, tanggal lahir : Tasikmalaya, 26 Desember 1992
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Pendidikan terakhir : S1 Keperawatan
Alamat : Jl. Bougenvile III No. 2F. Semarang

Berdasarkan informasi yang saya peroleh lewat Harian Kompas Radar Malang hari Selasa Tanggal 17 Februari 2017, perihal kesempatan berkarir sebagai tenaga perawat, maka dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan lamaran kerja untuk posisi tersebut.

Saya mempunyai keinginan untuk bekerja keras, menyukai interaksi dan bersosialisasi, kemauan untuk belajar dan memperbaiki diri, tanggung jawab, dan mampu bekerja bersama tim ataupun personal.

Dan saya akan bekerja dengan serius, baik dalam satu tim ataupun perseorangan, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit ini.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan:

  1. Ijazah dan transkrip nilai terakhir
  2. Foto copy KTP
  3. Curriculum Vitae (CV)
  4. Foto copy Transkrip Nilai
  5. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  6. Pas foto 3×4 Terbaru
  7. Foto copy Sertifikat Kursus/Pelatihan
  8. Foto copy Kartu Kuning
  9. Foto copy Ijazah

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan memanggil saya untuk wawancara agar saya dapat mendeskripsikan diri saya dan keahlian yang saya miliki secara langsung. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Haris Al-Khoir


G. Contoh Surat Lamaran Kerja di Restoran Cafe


Bali, 4 Januari 2019

Perihal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth :
Manager Cafe Boy, Bali

Dengan hormat,
Sehubungan dengan info lowongan pekerjaan dari (Media yang saya dapatkan), bahwa Café Boy membutuhkan karyawan part time untuk posisi waitress.

Untuk itu saya tertarik dengan lowongan tersebut dan hendak mengajukan diri untuk melamar di Café Boy. Berikut merupakan data singkat saya :

Nama : Ilham Bintang

Tempat, Tanggal Lahir : Bali, 29 November 1996

Jenis Kelamin : Laki-laki

Status : Belum menikah/Single

Pendidikan Terakhir : SMA Negeri 6 Bali

Agama : Islam

Alamat : Jl. Sentosa No. 15 Bali

No. Telepon : 0856 3497 2675

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan berkas-berkas yang mendukung kualifikasi saya, diantaranya:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Pas foto 4×6 berwarna
  3. Foto kopi ijazah sekolah
  4. Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)

Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya ajukan. Besar harapan saya untuk diterima dan diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari Restoran Cafe ini. Atas perhatian dari Bapak/Ibu, saya sampaikan terimakasih.

Hormat saya,

Ilham Bintang


H. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


Bandung, 12 Juli 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan Paradiso
Jl. Gedung Sate 19, Kelurahan Ciawi
Bandung

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ayyas Taufiq
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 17 Agustus 1995
Usia : 24
Alamat asal : Jln. Sumedang No 11, Bandung
Domisili : Bandung
Telepon : 0815 9645 0200

Berdasarkan info kerja yang dimuat di website dan informasi di koran mingguan, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai karyawan.

Dengan bekal kemampuan yang saya miliki di antaranya mampu mengoperasikan komputer, Teknisi Komputer, Troubleshooting Hardware, Instalasi Hardware dan Software, Microsoft Word, Excel dan lain-lain. Saya dapat bekerja keras, rajin dan jujur, dapat bekerja secara mandiri maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

  1. Foto copy ijazah terakhir
  2. Daftar riwayat hidup
  3. Foto copy KTP
  4. Foto ukuran 3 x 4 = 2 lembar
  5. Sertifikat ketrampilan khusus

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 12 Juli 2017
Hormat Saya

Ayyas Taufiq


I. Contoh Surat Lamaran Kerja Terkini


Palembang, 4 Januari 2019

Perihal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
HRD PT. Adil Jaya
Jln. Sri Hamengkubuwono No. 14
Palembang

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Media dan Koran Mingguan pada tanggal 4 Januari 2019, bahwa PT. Adil Jaya sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai staff administrasi. Maka dengan surat ini saya berniat untuk dapat mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Berikut ini data diri saya:

Nama : Suta Praseptio
Tempat, tanggal lahir : Palembang, 3 Januari 1996
Jenis kelamin : Laki-laki
Pendidikan terakhir : S-1 Administrasi perkantoran
Alamat : Jln. Sukatani No. 9 Palembang
Nomor Telp : 0812 3000 5612

Saya adalah seorang fresh graduate dari UIN Raden Fatah Palembang pada jurusan Administrasi Perkantoran dengan nilai IPK 3,95. Saat ini saya sudah terbiasa bekerja menggunakan komputer, saya juga bisa bekerja secara mandiri ataupun tim, mengutamakan kejujuran dalam bekerja.

Latar belakang pendidikan saya juga cukup memuaskan dan saya yakin dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan:

  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. Foto copy ijazah terakhir
  3. Foto copy transkrip nilai
  4. Foto copy SKCK
  5. Pas foto 3×4 terbaru
  6. Foto copy KTP

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, saya sangat berharap dapat bergabung dengan PT. Adil Jaya. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Suta Praseptio


J. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Sholehuddin, S.E.
JI. Virgo No. 000
Solo  00000
Tel. 0810 000 000
[email protected]

Solo, March 31, 2014

Recruitment Department
P. O. Box 0000
Solo 00000

Dear Sir/Madam,

I would like to apply for the post of Customer Service which you have advertised in Detik.com on December 31, 2011.

I believe I meet all the requirements listed in your advertisement. I have good interpersonal and telephone skills. My communication skill is excellent. I have strong office abilities, including hling, organizing and word processing.

1 can work both in team as well as individual. I am hardworking, able to work well under pressure, creative, pleasant and convenient in dealing with people and customer.

For your further consideration, I have a bachelor degree in Management from University of Indonesia. I have good command of English. I am familiar with computer and Internet.

Thank you very much for your attention. I’m looking forward to hearing from you soon.

Sincerely,

Sholehuddin


K. Contoh Surat Lamaran Kerja di Alfamart


Pasuruan, 13 Oktober 2017

Kepada
Yth. Kepala Kepegawaian PT Sumber Alfaria Trijaya. Tbk
Jl. Kelapa Dua No. 25 Pasuruan, Jawa Timur
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan bergabung di perusahaan yang Bapak pimpin. Maka sehubungan dengan hal itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Yoga Pangarep
Tempat, Tanggal Lahir : Pasuruan, 28 Januari 1996
Umur : 21 tahun
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pendidikan : SMA Tahun 2014
No. Telepon : 0815 2095 3000
Email : [email protected]
Alamat : Jl. Melati No. 54, Kota Pasuruan.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah SMA
  3. Fotokopi SKHUN
  4. Fotokopi SKCK
  5. Fotokopi Kartu Kuning
  6. Fotokopi KTP
  7. Pas Photo 3×4 3 Lembar
  8. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  9. Lain-lain yang dipersyaratkan.

Demikian surat lamaran ini saya ajukan, saya sangat berharap kiranya Bapak dapat mempertimbangkan saya untuk diterima di perusahaan yang Bapak pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Yoga Pangarep


L. Contoh Surat Lamaran Kerja di Indomaret


Tangerang, 21 Maret 2015

Yth. HRD PT INDOMARCO PRISTAMA
Jln. Tangerang Selatan, No.65, Tangerang
di Tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Mufid Al-Jihan
Tempat, Tanggal Lahir : Tangerang, 23 April 1995
Umur : 20 tahun
Jenis Kelamin: Laki-laki
Pendidikan : SMA
No. Telepon: 0856 0459 1287
Email: [email protected]
Alamat : Jln. Merpati No. 12 Tangerang.

Bersama ini saya bermaksud mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak pimpin untuk menempati posisi sebagai Admin. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah SMA
  3. Fotokopi SKHUN
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fotokopi SIM C
  6. Pas Photo 3×4
  7. Lain-lain yang dipersyaratkan

Demikian surat permohonan kerja ini saya ajukan, besar harapan Saya supaya Bapak sudi meluangkan sedikit waktu untuk membaca dan mempertimbangkan permohonan saya ini. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Mufid Al-jihan


M. Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik


Gresik, 22 Agustus 2016

Perihal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.

Pimpinan HRD Pabrik Semen Tiga Roda
Di Tempat

Dengan hormat, sesuai dengan adanya informasi lowongan pekerjaan sebagai staff produksi di Pabrik Semen Tiga Roda. Saya tertarik dan ingin melamar posisi tersebut.

Berikut data singkat saya:

Nama : Ariel Al-hikmah
Tempat, Tanggal Lahir : Gresik, 2 Februari 1995
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : Strata satu
Alamat : Jl. Flamboyan No. 35 B
No HP : 0812 4568 2237

Berikut ini sebagai berkas pelengkap, saya melampirkan :

  1. Curriculum Vitae ( CV )
  2. FC Ijazah Terakhir yang telah Dilegalisir asli
  3. FC Transkip Nilai yang telah Dilegalisir asli
  4. FC Kartu Keluarga
  5. FC Sertifikat
  6. Surat Pengalaman Pekerjaan
  7. Pas Foto Terbaru ukuran 4X6

Demikian surat lamaran ini dibuat. Saya sangat berharap besar dapat bergabung di Pabrik Semen Tiga Roda. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

(Ariel Al-hikmah )


N. Contoh Surat Lamaran Kerja Resmi


Kebumen, 25 Maret 2017

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Induk Jaya
Jln. Skeptik, Kebumen, Indonesia

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Hanif Rosyad
Tempat, tanggal lahir : Kebumen, 31 Maret 1993
Alamat : Jln. Hutan Rimbun RT 08, RW 005 no. 14.
No. Hp : 0856 1259 3347

Bersama ini, kami mengajukan surat lamaran kerja kepada Bapak/Ibu pimpinan agar sekiranya diterima sebagai karyawan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami lampirkan beberapa dokumen:

  1. Foto copy KTP
  2. Foto copy ijazah terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Pas foto 4×6
  5. Foto copy SKCK

Demikianlah kami ajukan permohonan, besar harapan kami agar bisa diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Hanif Rosyad


O. Contoh Surat Lamaran Kerja Belum Berpengalaman


Tangerang, 5 Oktober 2019

Kepada Yth,
Manager HRD
PT. Jiwasraya
Jln. Pondok Mangga
Tangerang

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,
Dengan ini saya bermaksud mendaftar di perusahaan yang sedang Bapak pegang saat ini dengan tujuan untuk meningkatkan skill, portofolio, dan dapat bekerja dengan baik di perusahaan Bapak.

Sehubungan hal tersebut, saya mengajukan surat lamaran ini dengan memulai siapa diri saya dan segala kompetensi atau keahlian yang saya miliki:

Nama : Arditio Angga
Tempat & TTL : Tangerang, 16 Maret 1997
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat : Jl. Kepak Sayap No. 46, Tangerang
No HP : __________
Pendidikan Terakhir : S1

Adapun keahlian yang saya miliki dapat menguasai segala jenis software dibidang desain, seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Corel Draw, Inkspace, Canva, dll.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini saya lampirkan :

  1. Foto copy SKCK (1 Lembar).
  2. Sertifikat PKL (1 Lembar).
  3. Foto copy ijazah SMA (1 Lembar).
  4. Pas foto ukuran 4×6 (2 Lembar).
  5. Foto copy KTP (1 Lembar).
  6. Daftar riwayat hidup (1 Lembar).

Besar harapan saya bisa diterima di perusahaan yang sedang Bapak/Ibu pegang saat ini, atas perhatian dan pertimbangannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

(Arditio Angga)


Nah, contoh surat di atas merupakan contoh surat lamaran kerja untuk yang resmi, kalian bisa menggunakannya untuk melamar kerja di mana saja. Kalian hanya perlu mengganti kata-katanya saja sesuai kehendak kalian.

Cukup sampai sini saja, bagi kalian yang ingin membuat surat lamaran kerja, kalian harus perhatikan dulu kalimatnya sesuai kaidah dan eyd-nya harus bagus dan mudah di mengerti.

Semua contoh surat di atas kalian bisa menggunakannya, tinggal kalian ganti saja kata-katanya. Semoga bermanfaat dengan adanya artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *