Tak Berkategori

20- Jenis-Jenis Mesin Packing | Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Jenis-jenis mesin packing snack – Tahap pengemasan merupakan bagian hal yang terpenting dalam suatu industri, maka tak heran semakin bagus kemasan kalian, maka pembeli pun akan tertarik dengan barang kalian.

Namun, apakah kalian telah mengetahui jenis-jenis mesin pengemasan yang dapat bisa mengemas barang kalian. Berikut ini kami akan membahas jenis-jenis mesin pengemasan atau packing.

“Sedang mencari snack box di wilayah JABODETABEK, dan jarak acara sudah dekat namun belum menyiapkan konsumsi. Pesan snack box dilapak kami sekarang juga, dijamin gratis ongkir dan tepat waktu”

Klik Disini

Pengertian Mesin Packing

Mesin pengemas atau yang biasa disebut dengan mesin packing, merupakan salah satu mesin yang sering dan banyak ditemui pada tempat-tempat produksi usaha.

Alat ini sangat berguna untuk menjaga dan melindungi sebuh produk entah makanan atau barang apapun. Segala sesuatu produk yang ada di dunia pastinya perlu dijaga kondisi barang atau produknya.

Manfaat dan Fungsi dari Mesin Packing

Dengan kalian menggunakan mesin pengemasan untuk mengemas produk kalian, akan membuat produk kalian yang ingin dipasarkan dapat terlindungi dari kerusakan-kerusakan yang bisa saja terjadi ketika tergesek-gesek dengan barang lainnya serta oleh keadaan cuaca.

Untuk mengetahui apa saja manfaat serta fungsi dari menggunakan mesin packing, kalian bisa membaca beberapa hal di bawah ini.

  1. Membuat produk kalian menjadi awet dan lebih aman.
  2. Bisa mengatur produk yang ingin dipasarkan, agar nantinya menjadi tidak berantakan.
  3. Dapat memberikan identitas produk kalian.
  4. Terdapat tombol emergency pada mesin yang berguna untuk ketika terjadinya konslet listrik. Hal lainnya terbuat dari stainless, sehingga alat ini tidak mudah untuk berkarat.
  5. Bisa meningkatkan penjualan, sebab semakin kemasan kalian bagus, unik, serta menarik, membuat pembeli tertarik dan ingin membeli produk kalian.

Beberapa Jenis Mesin Packing Snack dan Fungsinya

Berikut ini beberapa mesin packing atau pengemasan yang biasanya sering dipakai oleh pelaku industri rumahan sampai pabrikan.

#1 Horizontal & Vertical Packaging

Untuk mesin horizontal packaging umumnya dipakai oleh industri-industri besar untuk mengemas produknya. Kegunaan dari horizontal packaging bisa dapat mengemas berbagai makanan instan, tissue, dan masih banyak lagi.

Namun, tidak hanyak industri-industri besar saja yang menggunakan mesin ini, para pelaku usaha bakery & cake pun sering menggunakan mesin horizontal packaging.

Sedangkan mesin vertical packaging biasanya digunakan untuk home industry. Kedua alat ini pun dapat mengemas produk kalian dengan kecepatan 25 hingga 100 per menit.

#2 Blister & Skin Pack Machine

Jenis mesin ini memiliki fungsi untuk mengemas produk kalian dengan cara memanaskan plastik dan membuang semua udara yang berada di dalam kemasan.

Dengan begitu, produk kalian yang berada di dalam kemasan akan tidak terkontaminasi oleh bagian luar.

Selain bisa digunakan untuk industri makanan, mesin ini pun dapat dimanfaatkan juga oleh berbagai macam industri, seperti industri farmasi, otomotif, elektronik, dan lain semacamnya.

#3 Pallet Wrapper

Mesin pallet wrapper adalah sebuah alat mesin yang dapat berguna untuk membungkus pallet wrapping dengan menggunakan pembungkusan stretch plastik film, sehingga pemesan pun akan menjadi jauh lebih aman.

Jenis plastik yang digunakan pun sangat elastis, dengan begitu akan membuat barang kalian akan terikat erat.

#4 Induction Sealer

Pengertian singkatnya dari mesin ini adalah alat untuk menyegel bahan penutup aluminium, seperti tutup botol susu, tutup botol minuman kesehatan, dan lain sebagainya.

Mesin ini pun sangat berguna bagi kalian yang sedang melakukan usaha botol minuman.

#5 Capping Machine

Capping Machine atau biasa disebut mesin tutup botol mememiliki fungsi sebagai penutup botol. Berbeda dengan mesin induksi yang hanya bisa menutup botol dengan bahan aluminium, mesin ini bisa digunakan untuk segala penutup botol.

Mesin ini dapat memberikan hasil yang lebih mudah, lebih cepat, lebih bersih, serta lebih efektif untuk menutup botol. Hal tersebut lah yang membuat produksi akan semakin banyak dan pengerjaan menjadi lebih cepat, serta hasil yang maksimal.

#6 Cup Sealing Machine

Seperti yang sudah disebutkan dalam namanya, mesin ini dapat berguna untuk menutup gelas cup dengan menggunakan metode sealer atau biasa disebut dengan segel rekat.

Dengan menggunakan metode tersebut, membuat mesin ini memberikan kesan yang rapih, indah, serta tidak mudah tumpah yang memudahkan pembeli untuk meminumnya.

Untuk jenis cup yang hanya bisa menggunakan mesin adalah cup yang permukaannya bulat, sedangkan untuk yang permukaannya kotak tidak akan bisa di press menggunakan mesin ini. Biasanya para pedagang minuman yang sering menggunakan mesin ini.

#7 Seal & Cut Machine

Mesin seal cut adalah mesin pengemasan yang telah dilengkapi alat pemotong dalam menghasilkan pengemasan yang maksimal. Umumnya alat ini digunakan untuk mereka yang sedang menjalankan bisnis pengemasan buku serta kertas.

#8 Strapping Machine

Mesin strapping ini merupakan mesin pembungkus yang menggunakan plastik PE sebagai bahan baku pembungkusannya, alat ini pun bisa digunakan dalam berbagai bidang industri, seperti perbankan, publikasi dan logistik, pos perbankan, dan lain sebagainya.

#9 Shrink Machine

Mesin shrink adalah mesin yang berfungsi untuk mengemas produksi kalian seperti box carton, makanan, serta minuman. Kemudian di lapisi dengan material plastik pada bagian depan, lalu disusutkan supaya dapat menyesuaikan dengan barang yang dikemas.

#10 Carton Sealer

Untuk mesin packing kardus ini, sesuai dengan namanya digunakan untuk mengemas barang-barang produksi. Sebagai contoh seperti peralatan, bahan makanan atau bahkan bahan minuman yang berada di dalam box kardus.

#11 Vacuum Machine

Mesin kemas berikut ini bisa dibilang mempunyai fungsi yang cukup penting terhadap perlindungan makanan dan kualitas makanan yang di kemas.

Mesin ini menyedot (vacuum) udara yang ada di dalam plastik kemasan lalu menyegelnya sehingga menjadi kedap udara.

#12 Coding Machine

Mesin ini mempunyai fungsi untuk mencetak / membuat kode produksi,kadaluarsa, dan kode lain pada kemasan dengan mekanisme stamping melalui element pemanas

#13 Hand & Foot Sealer

Jenis berikutnya yakni foot sealer dan hand sealer. Penggunaan kedua alat ini memiliki banyak kesamaan, hanya saja berbeda dengan metode pengoperasiannya. Hand sealer memiliki bentuk yang tergolong lebih kecil dalam dunia pengemasan.

Bedanya dengan foot sealer adalah ia memiliki dimensi dengan tinggi kurang lebih 60 cm. Biasanya digunakan untuk mesin packing plastik seperti mengemas jajan, snack atau bahkan obat-obatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *