√ 45+ Kerajinan Tangan dari Kain Perca | Tips dan Cara Membuatnya

Kerajinan tangan dari kain perca – Bagi kalian yang memiliki banyak sekali kain-kain bekas yang tidak terpakai mungkin akan menjadi lebih efisien ketika kalian mengubahnya menjadi kerajinan tangan.

Dengan mengubahnya, maka bekas kain-kain tersebut bisa dialih fungsikan menjadi sebuah kerajinan yang bisa dijual dan bernilai tinggi.

Bagi kalian yang tidak memiliki bahan kain perca, kalian bisa datang ke pabrik garmen atau penjahit untuk menanyakan apakah bisa untuk mendapatkan bahan kain perca tersebut. Bagi mereka, bahan kain perca merupakan jenis limbah yang harus dibuang.

Untuk memperjelas pembahasan kali ini, kalian bisa membaca pembahasan kami mengenai kerajinan apa saja dari bahan kain perca yang bisa kalian buat di rumah.

Daftar Isi tampilkan

A. Pengertian Kain Perca

Seperti yang sudah dipahami di atas, kain perca merupakan sebuah kain sisa berupa potongan-potongan kecil dari bekas pembuatan pakaian. Untuk mempermudahnya, kain yang berasal dari potongan-potongan kain besar dan sudah tidak terpakai.

Biasanya, potongan-potongan tersebut dianggap menjadi limbah bagi para penjahit dan perusahaan konveksi atau garmen, dan mereka biasanya membuang bekas potongan-potongan tersebut.

Bagi para pelaku industri kreatif terkhusus dalam pembuatan aksesoris yang menggunakan kain perca, bahan-bahan tadi sangat dibutuhkan untuk di daur ulang menjadi barang-barang yang unik dan bernilai tinggi.

Dengan mudahnya menemukan kain perca ini, kalian pun bisa membuat sendiri aksesoris yang unik dan bernilai tinggi. Bahkan kalian pun bisa membuat bisnis kalian sendiri dengan memanfaatkan kain perca.

B. Sejarah Kain Perca

Menurut sejarah, kain perca sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Namun, pada abad ke-11 hingga 12, tren kain perca sudah digunakan untuk kreasi kerajinan pada kebutuhan sehari-hari mereka, seperti selimut, baju, dan lain sebagainya.

Baru-baru ini, di abad ke-19, sejak adanya perkembangan kerajinan tangan dari kain perca di Eropa, Amerika, China, dan Mesir. Kain perca menjadi berkembang pesat menjadikan sebuah tren khusus di setiap tempat, terkhusus Indonesia.

C. Manfaat Kain Perca Hingga di Bidang Bisnis

Terdapat banyak sekali manfaat dari sebuah kain perca ini, terkhusus bisa dijadikan sebuah ladang bisnis yang memiliki modal minim dan memiliki peluang yang besar dan menjanjikan. Bahkan untuk menjalankan bisnis ini terbilang susah-susah gampang.

Berikut beberapa penjelasan dan persiapan bagi kamu yang ingin membuat kain perca menjadi bisnis yang menguntungkan.

1. Menentukan Ide Kerajinan

Konsep pertama yang harus kalian pikirkan terlebih dahulu adalah menentukan ide kerajinan apa yang ingin kalian buat dan banyaknya peminat dari kerajinan tersebut. Dengan begitu, kalian pun akan berusaha membuat kerajinan tersebut menjadi nilai jual yang tinggi.

Sebagai contoh, kalian bisa membuat gelang, tas, dress, baju, dan lain sebagainya.

2. Memperdalam Teknik Pembuatan Kerajinan

Setelah menentukan ide pokok dari apa yang ingin kalian buat, selanjutnya adalah kalian harus memperdalam atau mengasah teknik kalian dalam pembuatan kerajinan.

Sebab, kedepannya akan membuat kalian berkembang dengan teknik yang sudah kalian dalami sebelumnya. Sehingga produk kalian akan menjadi eksklusif dan memiliki daya nilai jual yang tinggi.

3. Menyediakan Peralatan

Ide tanpa eksekusi akan menjadikan ide tersebut hanya sebagai angan-angan di pikiran kita saja. Untuk bisa merealisasikannya, kita memerlukan gerak, gerak di sini adalah peralatan-peralatan yang sedang dibutuhkan.

Dengan begitu, kalian akan bergerak untuk membuat kreasi kerajinan yang memiliki nilai tinggi, eksklusif, dan unik.

4. Membentuk Kerja Sama dengan Para Pengusaha

Langkah terakhir adalah dengan membentuk kerja sama dengan para pelaku usaha yang memiliki bidang yang sama dengan kita. Dengan membentuk kerja sama, kedepannya akan membuat bisnis kalian berkembang dan sustain, bahkan bisa saja saling menguntungkan

D. Ciri-ciri Kain Perca

Pada dasarnya, kain perca memiliki karakteristiknya sendiri dan tentunya berbeda dengan kain biasanya. Berikut beberapa ciri-ciri dari kain perca.

1. Terdapat Motif yang Berantakan

Di setiap pabrik konveksi atau tukang jahit, pastinya terdapat kain perca yang sudah tidak terpakai dan memiliki motif berbeda-beda dan berantakan. Tentunya kalian harus paham akan bagaimana caranya mengelola bentuk kain yang berbeda-beda dan berantakan.

2. Memiliki Ukuran Kecil

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, kain perca merupakan sebuah kain dari potongan-potongan sebuah kain besar. Namun, dalam pemanfaatannya kain perca sangat mudah untuk dibuat apa saja.

3. Memiliki Ukuran yang Tidak Sama Rata

Karena dari potongan-potongan kain besar, pastinya bentuk dari ukuran kain perca tidak sama rata. Hal ini sangat wajar dan mungkin tidak heran.

4. Berbentuk Potongan

Dengan berbentuk potongan-potongan kain sisa, pastinya kain ini bekas dari bahan pembuatan pakaian. Umumnya, dengan berbentuk potongan kain perca sangat mudah digunakan untuk membuat kerajinan-kerajinan tangan.

E. Harga Kain Perca

Secara garis besar, harga dari kain perca di patok dengan harga Rp. 12.000 s.d Rp. 15.000 perkilonya. Hal ini mungkin akan berbeda dengan tempat kalian tinggal dan dari segi kualitas dari kain perca tersebut.

F. Tips Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Tips yang akan kami berikan adalah cobalah dengan menggunakan pola dan warna yang berbeda-beda serta menarik. Hal tersebut supaya memiliki kesan yang lebih indah, nyaman, dan keren.

G. Kerajinan Tangan dari Kain Perca Tanpa Mesin Jahit

Untuk mempermudah kalian dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca tanpa menggunakan mesin jahit, kalian bisa menyimak video tutorial berikut ini.

1. Kain Perca Batik

Kain Perca Batik

bp-guide.id

Kain batik merupakan jenis kain yang memiliki minat dan menarik untuk dibeli, namun apa jadinya jika kain perca batik tidak kalian gunakan dengan baik.

Untuk memaksimalkan nilai estetika dari kain batik, kalian bisa menggunakan kain perca batik kalian menjadi contoh kerajinan di atas.

2. Kain Perca Bunga

Kain Perca Bunga

m.lampost.co

Membuat kerajinan bunga dengan kain perca sebagai hadiah spesial akan membuat hadiah tersebut menjadi sebuah kenangan yang tak terlupakan. Karena, bunga merupakan suatu hal yang indah dan memiliki banyak peminatnya.

H. Cara Mudah Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara mudah untuk membuat kerajinan tangan dari kain perca versi tangan kalian sendiri.

1. Cara Membuat Kerajinan Tangan Tas dari Kain Perca

Tas bisa saja kalian temukan di pasar-pasar modern atau tradisional, mungkin yang membedekan adalah dari segi selera, dan kalian ingin menambahkan estetika tas kalian dengan kain perca. Berikut cara-caranya.

#a. Bahan-bahan yang Diperlukan

  1. Kain perca.
  2. Ritsleting.
  3. Mesin Jahit.
  4. Kain polos (furing pada bagian dalam).

#b. Langkah-langkahnya

  1. Ukur dan potong kain perca menjadi dua bagian (masing-masing 50 cm).
  2. Siapkan kain perca dengan ukuran 5×50 cm.
  3. Jahit kain perca dengan ukuran 5×50 cm (akan menjadi bawahan tas).
  4. Jahit kain polos (akan menjadi furing untuk bagian dalam tas).
  5. Pasang ritsleting pada bagian atas tas (akan menjadi penutup tas).
  6. Buat tali pada tas, dengan menjahit kain perca (ukuran tali 100×5 cm, atau bisa selera pada bagian sisi kanan dan kiri tas).
  7. Untuk hasil yang unik dan menarik bisa ditambahkan aksesoris lainnya.

2. Cara Membuat Kerajinan Tangan Kolase dari Kain Perca

Berikut cara-caranya yang bisa kalian ikuti dalam membuat kerajinan tangan kolase dari kain perca versi tangan kalian sendiri.

#a. Bahan-bahan yang Diperlukan

  1. Lem
  2. Gunting
  3. Penggaris
  4. Kain Perca
  5. Benang serta Jarum
  6. Papan.

#b. Langkah-langkahnya

  1. Bentuk kain perca menjadi sebuah lingkaran dengan diameter 5cm.
  2. Jahit bagian pinggir kain perca.
  3. Tempelkan bulatan-bulatan atau biji-bijian pada papan sesuai bentuk yang diinginkan.
  4. Buat daun dan tangkai sesuai dengan keinginanmu, lalu tempelkan hingga menjadi satu.
  5. Kerajinan kolase dengan bentuk bunga dari kain perca sudah jadi terbuat.

3. Cara Membuat Kerajinan Tangan Boneka dari Kain Perca

Untuk memperjelas, berikut cara-cara membuat kerajinan tangan boneka dari kain perca versi tangan kalian sendiri.

#a. Bahan-bahan yang Diperlukan

  1. Kain perca
  2. Jarum pentol
  3. Lilin Tembak
  4. Lem lilin
  5. Dakron
  6. Flanel
  7. Spidol, pensil, dan penghapus.

#b. Langkah-langkahnya

  1. Buat pola pada kertas HVS.
  2. Gunting kertas HVS menjadi bentuk yang diinginkan.
  3. Cetak pada kain perca.
  4. Gunting sesuai pola.
  5. Jahit sesuai pola hingga berbentuk boneka.
  6. Berikan lubang (untuk memasukkan dakron).
  7. Masukkan dakron atau potongan-potongan kain perca ke dalam boneka.
  8. Tambahkan mulut, mata, dan lain sebagainya (supaya nyata).
  9. Tambahkan hiasan-hiasan lain sesuai selera.

I. Kelebihan & Kekurangan Kain Perca

Selain memiliki manfaat yang lebih, tentunya dari sebuah barang juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk mengetahuinya, berikut penjelasannya.

1. Kelebihan Kain Perca

Terdapat banyak sekali kelebihan dari kain perca, namun kali ini kami akan merangkumnya dalam tiga hal, sebagai berikut.

#a. Mudah Didapatkan

Dengan datang ke perusahaan konveksi atau garmen atau tukang jahit, kalian bisa mendapatkan kain perca dengan mudah. Apalagi, bagi mereka potongan-potongan kain tersebut mereka anggap limbah dan ingin mereka buang.

Dengan kalian datang pastinya akan membuat mereka profit dengan menjual kain potongan-potongan kain tersebut.

#b. Bisa Dimanfaatkan untuk Peluang Bisnis

Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan kain perca untuk membuat bisnis kalian sendiri. Dengan banyaknya kain perca yang bisa kita dapatkan dengan mudah pastinya akan membuat peluang bisnis yang baru.

#c. Dapat Mengurangi Limbah Pabrik

Pastinya para pelaku perusahaan konveksi atau garmen menganggap potongan-potongan kain yang bisa kita ubah menjadi kain perca sebagai limbah yang harus mereka buang.

Dengan kita memiliki kegiatan kerajinan yang memanfaatkan bahan tersebut pastinya bisa menolong lebih untuk mengurangi limbah pabrik dari perusahaan konveksi atau garmen tersebut.

2. Kekurangan Kain Perca

Selain terdapat kelebihan, tentunya sebuah barang memiliki kekurangannya juga. Berikut kekurangannya.

#a. Membutuhkan Waktu yang Lama

Untuk membuat kain perca membutuhkan waktu yang lama karena kita harus paham akan teknik pembuatannya, teknik memproses yang baik dan benar, dan mampu dalam menganalisa hasil yang sesuai kebutuhan.

#b. Produktivitas yang Rendah

Dengan memakan waktu yang lama, tentunya dalam hal produktivitas pun terbilang cukup rendah. Sehingga dengan waktu yang tertentu, kita hanya bisa membuat kain perca beberapa saja.

J. Contoh Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Setelah diberikan penjelasan-penjelasan penting sebelumnya, kali ini kami akan memberikan beberapa contoh kerajinan tangan dari kain perca yang bisa menjadi sebuah gambaran kalian dalam pembuatannya.

1. Kerajinan Tangan Tas dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Tas dari Kain Perca

satujam.com

2. Kerajinan Tangan Sampul Buku dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Sampul Buku dari Kain Perca

lezgetreal.com

Buku agenda biasanya terlihat monoton. Sebelum membeli buku agenda yang baru dan lebih mahal, lebih baik buat sampulnya sendiri dari kain perca. Pilih potongan-potongan kain sesuai selera sebelum di satukan pada selembar kain tadi.

3. Kerajinan Tangan Selimut dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Selimut dari Kain Perca

dekoruma.com

Selimut adalah salah satu kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi terutama untuk tidur. Untuk mencari bahannya, kamu dapat mencarinya di sebuah tukang penjahit atau di sebuah tempat konveksi atau garmen.

Dengan bentuk dan motif unik yang dimilikinya, maka hal tersebut dapat membangkitkan rasa mood terutama untuk setiap orang yang menggunakannya.

4. Kerajinan Tangan Hiasan Dinding dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Hiasan Dinding dari Kain Perca

seruni.id

Sebuah lukisan pada umumnya menggunakan cat atau alat pewarna lainnya, tapi kerajinan dari kain perca yang satu ini berbeda.

Hiasan dinding ini dibuat dari potongan-potongan kain yang disusun sedemikian rupa menjadi layaknya lukisan. Meskipun cara menempel lebih cepat, namun dengan menjahit kain-kain akan terlihat lebih rapi hasil akhirnya.

5. Kerajinan Tangan Kursi Makan dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Kursi Makan dari Kain Perca

indonesia.beechdiningchair.com

Kursi makan merupakan hal terpenting yang harus terpenuhi ketika hendak makan. Untuk menambah selera dan nuansa makan, tidak ada salahnya jika kamu menghadirkan kerajinan kursi makan dari kain perca.

Untuk membuatnya, kamu cukup memanfaatkan kursi biasa saja, lalu tambahkan sedikit kain perca. Maka jadilah sebuah kursi makan yang penuh dengan nuansa yang indah ini.

6. Kerajinan Tangan Magnet Bekas dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Magnet Bekas dari Kain Perca

indo.amuslima.com

7. Kerajinan Tangan Bantal dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Bantal dari Kain Perca

genemil.com

Bantal dengan kain perca merupakan salah satu ide kerajinan yang kreatif. Dengan ini, kamu sudah dapat membuat kerajinan yang unik dan menarik. Untuk membuat kerajinan bantal dari kain perca kalian harus memanfaatkan potongan-potongan kain bekas yang berasal dari konveksi.

8. Kerajinan Tangan Gantungan Kunci dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Gantungan Kunci dari Kain Perca

genemil.com

9. Kerajinan Tangan Bed Cover dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Bed Cover dari Kain Perca

adahobi.com

Jangan buang tumpukan kain perca. Kalau punya kain perca yang banyak justru harus bersyukur. Jadi tidak perlu membelinya dengan harga mahal. Bisa dibuat sendiri bahkan bisa jadi ditawarkan kepada teman-teman. Perihal kombinasi warna dan corak bisa disesuaikan dengan selera.

10. Kerajinan Tangan Pembatas Buku dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Pembatas Buku dari Kain Perca

hipwee.com

11. Kerajinan Tangan Alas Bermain Anak dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Alas Bermain Anak dari Kain Perca

lezgetreal.com

Para orang tua yang memiliki anak kecil, khususnya balita, biasanya merasa khawatir saat anak-anaknya bermain di lantai. Kalau begitu, cobalah membuat kerajinan dari kain perca ini.
Bagian dalam bisa ditambahkan busa supaya menghasilkan permukaan yang empuk. Susun kain-kain perca yang ada sesuai keinginan, lalu jahit dengan rapi.

12. Kerajinan Tangan Sofa dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Sofa dari Kain Perca

failfaire.org

Sofa merupakan tempat duduk yang terbilang modern, serta nyaman, dan enak ketika didudukinya. Kamu dapat menyusun dan melapisinya pada luasnya dengan menggunakan kain perca dan tidak lupa tambahkan busa pada bagian sofa tersebut. Selain itu bahan kain perca juga memiliki sifat yang lembu, adem, dan bisa menyerap keringat.

13. Kerajinan Tangan Boneka dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Boneka dari Kain Perca

masfikr.com

Kerajinan dari kain perca untuk si kecil juga bisa berupa boneka. Bentuk, ukuran, dan warna bisa bebas ditentukan sendiri. Kalau pun boneka dari kain perca ini mau dijual sangat memungkinkan. Keunikannya bisa menjadi daya tawar dengan harga tinggi.

14. Kerajinan Tangan Gorden dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Gorden dari Kain Perca

rumahlia.com

Sebuah kreasi gorden umumnya banyak sekali peminatnya, karena gorden sendiri memiliki motif yang unik. Gorden dari kain perca adalah salah satu jenis kerajinan yang tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu peluang bisnismu. Maka dengan demikian hasil dari kerajinan tersebut akan memiliki nilai yang terbilang sangatlah tinggi.

15. Kerajinan Tangan Tempat Kacamata dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Tempat Kacamata dari Kain Perca

youtube.com

16. Kerajinan Tangan Karpet dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Karpet dari Kain Perca

99.co

Karpet dari kain perca adalah salah satu jenis aksesoris yang tentunya memiliki keunikan tersendiri. Kamu dapat menyatukan mulai dari berbagai jenis kain guna untuk menciptakan pola karpet yang menawan. Motif kain tersebut akan sangat sangat cocok apabila diletakkan di rumah karena motif yang dimilikinya memiliki unsur keindahan yang memukau.

17. Kerajinan Tangan Tempat Pensil dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Tempat Pensil dari Kain Perca

temankreasi.com

18. Kerajinan Tangan Penutup Papan Setrika dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Penutup Papan Setrika dari Kain Perca

toriqa.com

Bagi para wanita di rumah pasti tahu betapa pentingnya alas tutup papan setrika. Manfaatkan kain-kain perca untuk membuat tutup papan setrika di rumah. Dengan memanfaatkan kain perca, maka tak perlu lagi bingung mencari tutup yang pas

19. Kerajinan Tangan Dompet dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Dompet dari Kain Perca

hot.liputan6.com

20. Kerajinan Tangan Alas Gelas dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Alas Gelas dari Kain Perca

semuti.blogspot.com

Beberapa orang ada yang tidak suka kalau mejanya basah atau bahkan bernoda bekas teh dan kopi. Alas ini tidak harus berbahan plastik, tetapi bisa juga dari kain. Supaya lebih menarik, jangan taruh kain perca begitu saja. Buatlah desain khusus, lalu aplikasikan kain perca untuk permukaannya.

21. Kerajinan Tangan Bandana dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Bandana dari Kain Perca

fimela.com

Untuk membuat kerajinan bandana tersebut, kamu dapat menggunakannya dengan bahan kain perca. Lalu untuk bagian ujungnya jangan lupa untuk menambahkan karet, supaya dapat menempel pada bagian kepala kita.

Jangan lupa untuk mengukur kepadamu, supaya nantinya karet tidak kekecilan atau kependekan. Untuk motifnya, biasanya bandana memiliki banyak motif yang begitu beragam.

22. Kerajinan Tangan Taplak Meja dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Taplak Meja dari Kain Perca

bukalapak.com

Daripada membeli banyak taplak meja, lebih baik membuatnya sendiri dengan memanfaatkan kain perca. Tapi akan lebih baik kalau menggunakan warna-warna yang senada dengan warna meja, kursi, dan bunga kalau ada.

23. Kerajinan Tangan Tas Handphone dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Tas Handphone dari Kain Perca

ilmuseni.com

Tas handphone seperti yang sudah diketahui tentunya memiliki ukuran yang terbilang kecil sehingga kamu pun dapat membuatnya dengan bahan dari kain perca. Selain itu, kamu pun dapat memadukanya motif kain perca dengan motif lainnya.

24. Kerajinan Tangan Sarung Kabel dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Sarung Kabel dari Kain Perca

temankreasi.com

25. Kerajinan Tangan Kreasi Alat Masak dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Kreasi Alat Masak dari Kain Perca

omahkreatif.com

Biasanya dalam membuat alat bantu masak sangat memerlukan banyak kain, sehingga mungkin kain perca ini sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan alat bantu masak.

26. Kerajinan Tangan Jam Dinding dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Jam Dinding dari Kain Perca

id.pinterest.com

27. Kerajinan Tangan Bantalan Kursi dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Bantalan Kursi dari Kain Perca

zonakreatif.com

Kursi yang empuk membuat siapapun yang duduk di atasnya nyaman. Ukur permukaan kursi, lalu pilih kain-kain perca yang akan digunakan. Tanpa disadari, ini pun bisa menjadi cara untuk menambahkan dekorasi pada ruangan. Warna-warna terang akan menarik perhatian siapapun yang masuk ke ruangan tersebut.

28. Kerajinan Tangan Keset Kaki dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Keset Kaki dari Kain Perca

diadona.id

29. Kerajinan Tangan Sarung Koper dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Sarung Koper dari Kain Perca

lezgetreal.com

Sarung koper yang terbuat dari kain perca tentu saja tidak akan dimiliki oleh orang lain. Motif yang berbeda mencirikan koper seseorang dan tidak akan diambil orang lain.

30. Kerajinan Tangan Kreasi Bros dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Kreasi Bros dari Kain Perca

diadona.id

Sebuah kain perca memang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan lainya, hal ini menjadikan kain perca dapat dijadikan salah satu bisnis kamu.

Sehingga kamu bisa memanfaatkan kain perca ini dengan modal yang kecil namun tetap menguntungkan, ditambah lagi hasil dari kerajinan kain perca ini terbilang mahal. Maka dengan begitu kamu sudah bisa membuka bisnis yang mudah ini.

31. Kerajinan Tangan Dekorasi Pohon Natal dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Dekorasi Pohon Natal dari Kain Perca

archive.netralnews.com

Bagi yang merayakan hari natal pasti sangat senang menjelang tanggal 25 Desember. Untuk sentuhan yang berbeda, buatlah hiasan pohon natal dari kain perca. Adapun warna-warna yang digunakan umumnya merah, hijau, putih, dan kuning keemasan.

32. Kerajinan Tangan Baju Masak dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Baju Masak dari Kain Perca

99.co

33. Kerajinan Tangan Bantalan Tangan dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Bantalan Tangan dari Kain Perca

semuti.blogspot.com

34. Kerajinan Tangan Kolase dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Kolase dari Kain Perca

failfaire.org

Kerajinan kolase sendiri terbilang cukup menarik, karena kolase tersebut dapat disusun dengan memanfaatkan bahan-bahan lain termasuk kain perca. Kamu juga dapat menempel kain perca dengan lem biasa

35. Kerajinan Tangan Bantalan Panas dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Bantalan Panas dari Kain Perca

permudah-hidupini.blogspot.com

36. Kerajinan Tangan Tempat Tisu dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Tempat Tisu dari Kain Perca

shoope.co.id

Tempat tisu menjadi kerajinan dari kain perca yang banyak dijual. Cara membuat tempat tisu dari kain perca sangat mudah. Tinggal mengkreasikan kain perca yang akan digunakan sehingga tempat tisu terlihat menarik.

37. Kerajinan Tangan Tempat Koin dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Tempat Koin dari Kain Perca

youtube.com

38. Kerajinan Tangan Masker dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Masker dari Kain Perca

kumparan.com

Saat ini memakai masker menjadi sebuah kewajiban bagi siapa saja. Hasilnya tentu akan sangat unik dan berbeda dari masker pada umumnya. Hal ini sangat disayangkan karena masker hanya jadi penunjang penampilan saja.

39. Kerajinan Tangan Kreasi Kalung dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Kreasi Kalung dari Kain Perca

fitinline.com

Kerajinan kalung tidak hanya dibuat dengan bahan kayu, plastic, dan lainya. Namun kalung juga dapat dibuat dengan menggunakan bahan lain, seperti kain perca.

40. Kerajinan Tangan Dress dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Dress dari Kain Perca

rimma.co

Ide kerajinan dari kain perca ini tidak hanya untuk baju dewasa saja. Selama jumlah kain perca yang dibutuhkan mencukupi, pola apapun bisa diwujudkan.

41. Kerajinan Tangan Keset Lucu dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Keset Lucu dari Kain Perca

hadisukirno.wordpress.com

42. Kerajinan Tangan Bingkai Foto dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Bingkai Foto dari Kain Perca

bp-guide.com

Kreasi membuat bingkai foto tak ada habisnya, termasuk dengan menggunakan kain perca. Tinggal tutup saja pinggiran foto atau bingkai yang digunakan sekarang dengan kain perca. Apapun caranya, ini bukan sebuah patokan untuk membuat bingkai foto dari kain perca

43. Kerajinan Tangan Aksesoris Rambut dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Aksesoris Rambut dari Kain Perca

bisikan.com

Jepit, kunciran, dan bando bisa dibuat dari kain perca. Bahkan aksesoris-aksesoris rambut ini bisa ditemukan di toko-toko pernak-pernik dengan harga mahal. Ternyata cara membuatnya tinggal menutup permukaan bando plastik saja dengan kain-kain sisa potongan.

44. Kerajinan Tangan Celemek dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Celemek dari Kain Perca

genemil.com

Ibu rumah tangga yang hobi memasak tentu sangat membutuhkan benda yang satu ini. Oleh karena itulah untuk mengantisipasinya dengan menggunakan celemek. Ukuran dan motifnya bisa disesuaikan dengan keinginan dan kain perca yang dimiliki.

45. Kerajinan Tangan Tutup Galon dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Tutup Galon dari Kain Perca

ngertiaja.com

Dibanding harus memasak air menggunakan kompor, galon dinilai lebih praktis karena langsung siap minum. Supaya tetap bersih dari debu, galon biasanya akan ditutup dengan kain yang bervariatif termasuk kain perca.

46. Kerajinan Tangan Lukisan dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Lukisan dari Kain Perca

pinhome.id


Nah, begitulah pembahasan kami tentang kerajinan tangan dari potongan-potongan kain bekas yang disebut sebagai kain perca. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih.

√ 2 Cara Untuk Melihat Instagram Story yang Sudah Dihapus Terlengkap!!! √ 8+ Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Beserta Tips Pembuatannya √ 10+ Contoh Surat Serah Terima Barang Terbaru & Terkini (auto diterima)
View Comments
There are currently no comments.