√ 10 Jenis Kucing Lucu & Populer Yang Patut Kalian Pelihara Di Rumah

Jenis-jenis kucing – Kucing merupakan salah satu hewan yang juga dapat kita pelihara dirumah, pola pergerakan yang aktif, tubuh yang lucu, hingga dapat kita terhibur adalah salah satu manfaat bagi kita ketika memelihara kucing.

Dengan kita memelihara kucing, kita juga bisa mendapatkan teman tambahan untuk bermain loh sobat. Mungkin kalian mengetahui jenis-jenis kucing yang memang populer, seperti kucing angora, persia, hingga sphinx. Ternyata ada lagi loh sob, kucing-kucing populer dan juga lucu yang bisa kita pelihara di rumah.

Bahkan, bisa mencapai ratusan kucing populer. Nah kali ini catilmu hanya akan membahas puluhannya saja, yakni 20 kucing populer, lucu, dan juga aktif yang bisa kalian pelihara.

Baca Juga: √ Jenis Jenis Majas | Pengertian, Macam, Serta Contohnya

Baca Juga: √ Macam-Macam Fauna Di Indonesia | Beserta Gambarnya (Terlengkap)

1. British Shorthair

British Shorthair
tribunnewswiki.com

Kucing pertama yang bisa kalian pelihara yakni dari jenis ras british shorthair, kucing ini merupakan kucing yang memiliki ukuran sedang dan juga bulu khas yang halus.

Alasan mengapa kalian harus memelihara jenis ras kucing ini adalah karena british shorthair memiliki sifat yang santai, mudah untuk dirawat, serta salah satu kucing yang memiliki sifat mandiri.

Karena itulah kucing ini sangat menggemaskan, namun dibalik sifat menggemaskannya itu kucing ini memiliki tubuhh yang gagah dan juga kuat

Untuk karakternya sendiri kucing ras british shorthair memiliki tubuh yang aktif, mata yang besar, bulu sangat lembut, dan juga memiliki kepala yang bulat.

Dibalik sifat yang santai, kucing ini memiliki sejarah yang sangat kelam. Pada saat perang dunia pertama, kucing ini banyak sekali yang mati karena perang, untungnya dengan bantuan jenis kucing lain, kucing ini dapat berkembang biak lagi.

2. Persian

Persian
cleanipedia.com

Kucing kedua yakni berasal dari jenis ras persian, atau biasa disebut sebagai kucing persia. Kucing ini pun juga bisa dibilang kucing yang sangat populer, sebab mau itu di Indonesia ataupun di seluruh dunia, kucing ini sangat tinggi minatnya.

Dengan perawakan kepala dan dahi bundar, telinga kecil dengan ujung bulat, ekor yang pendek, tubuh serta kaki yang pendek, dan juga wajah yang menggemaskan, kucing ini ramah dan juga mudah bergaul. Karena itulah yang membuat orang-orang jatuh cinta pada kucing ini.

Sejarah mengatakan bahwa kucing ini berasal dari Persia, yang kini menjadi wilayah Iran. Dalam dokumen kuno terdapat catatan kucing ini dibawa ke Eropa oleh Pietro Della Valle.

3. Maine Coon

Maine Coon
idntimes.com

Maine coon merupakan ras kucing terbesar dari seluruh ras kucing yang ada. Dengan sebagian besar memiliki berat mencapai 15 kg, kucing ini sangat kuat, perkasa, dan juga dapat bertahan pada iklim yang berat. Bulu yang tebal namun halus ini bisa kalian temukan di kedua gender, namun biasanya bulu pada pria lebih tebal.

Untuk karakteristiknya sendiri kucing maine coon memiliki perawakan badan yang besar, mata yang besar, bulu halus, dan juga cakar serta tapak yang besar.

Sejarahnya sendiri mengatakan bahwa kucing ini merupakan salah satu ras alami tertua di Amerika Utara. Kucing ini berasal dari negara bagian maine, yang mana kelihatannya persilangan antara kucing domestik shorthair dan kucing luar negeri longhair. Akan tetapi ada cerita yang mengatakan kucing ini hasil persilangan antara kucing dan rakun.

4. Siamese

Siamese
gerava.com

Untuk kucing ketiga yang bisa kalian pelihara di rumah adalah kucing dengan ras siamae, atau biasa dibilang kucing siam. Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari negeri Siam (yang kini menjadi Thailand), sebab itulah kucing ini dapat dengan mudah ditemui di Thailand.

Karakteristik dari kucing siamese adalah dari bulu yang memiliki warna putih keabuan, dengan gradasi warna hitam di tubuh, serta kaki, wajah, dan ekornya. Bukan hanya itu saja, siamese memiliki kepribadian vokal, banyak bicara, cerdas, aktif, dan sangat senang bermain.

Mengenai asal usulnya, kucing ini dikenal di negara asalnya dengan nama Royal Cat of Siam. Kebanyakan peternakan bahwa kucing ini datang dari Ancient Siamese City of Ayudha, yang ditemukan pada tahun 1350. Hingga kucing ini menyebar ke Eropa karena duta besar Britania Raya mendapatkan hadiah dari Thailand.

5. American Shorthair

American Shorthair
zooplus.co.uk

American shorthair merupakan kucing yang banyak disukai serta populer karena dari bulunya yang berwarna perak yang khas dan juga terdapat corak seperti marmer. Kucing ini juga merupakan kucing yang berukuran sedang namun kuat.

Dengan memiliki karakteristik badan yang besar, kaki pendek yang lurus, dan juga corak yang unik. Kucing ini memiliki kebiasaan yakni ceria, ramah, tenang, dan juga pandai berburu.

Sedangkan asal usulnya, ras kucing ini berasal dari benua eropa serta mulai dikembangkan di Amerika lalu mulai dikenal sebagai American Shorthair. Sebab bulu dengan corak yang unik, dahulu kucing ini dihargai sangat mahal.

6. Ragdoll

Ragdoll
pawsomecouture.com

Selanjutnya untuk kucing yang sangat populer maupun banyak digemari yakni ragdoll, kucing ini merupakan jenis kucing domestik yang memiliki postur serta bentuk tubuh yang besar, bentuk kakinya pun proporsional. Dengan memiliki bulu yang fluffy layaknya kapas, kucing ini terlihat akan mudah untuk dipeluk dan juga nyaman.

Sikapnya yang santai, tidak banyak menuntut, serta toleran, membuat kucing ini sangat mudah berbaur dengan anak kecil.

Asal usul dari kucing ini tidak diketahui asalnya dari mana, namun mengapa ragdoll ada, sebab hasil persilangan antara Persians, Birmans, dan juga Siamese.

7. Sphynx

Sphynx
simpsonspremium.com

Kucing berikutnya yakni Sphynx, jenis ras kucing ini berasal dari Kanada, yang mana dahulu nama dari kucing ini bukan sphynx, yakni Canadian Hairless. Kucing ini merupakan hadil dari ketidaksengajaan serta genetik resesif yang mana pertama kali muncul pada tahun 1966.

Jika dilihat lebih teliti lagi, kucing ini tampak seperti tidak memiliki bulu, namun jika kita perhatikan lagi kucing ini memiliki bulu yang sangat pendek dan sedikit pada bagian telinga, kaki, ekor, serta didekat organ kelamin.

Sifat dari kucing ini extrovert, cenderung cerdas, terikat pada pemiliknya, dan juga caper. Jika kalian tidak memperhatikan mereka, biasanya mereka membuat ulah di ruma kalian. Sebab itulah perhatikan mereka, dan juga jangan lupa untuk rutin memandikan agar tidak kotor.

8. Bengal

Bengal
kucingpedia.com

Bengal merupakan ras kucing yang memiliki sifat yang sangat aktif, dan juga ketika mereka sedang bosan mereka akan memainkan barang hingga rusak ataupun jatuh. Meski begitu, kucing dengan ras ini merupakan hasil persilangan antara ras Asian Leopard dan juga kucing domestik.

Asal usul dari ras bengal ini bermula dari Dr. Certerwall yang ingin mendapatkan kucing domestik jenis baru, lalu Dr. Certerwall mengawinkan jenis American Shorthair dengan Asian Leopard, kemudian anak betina hasil perkawinan silang dikawinkan kembali dengan ayahnya, hingga pada akhirnya lahirlah ras baru yakni bengal.

9. Abyssinian

Abyssinian
hewany.com

Kucing dengan ras abyssinian merupakan kucing yang dinamai menurut nama kota di Ethiopia, yakni kota Abyssinia. Dahulu orang-orang beranggapan bahwa kucing ini berasal dari Ethiopia, namun setelah ditelusuri lebih lanjut kucing ini berasal dari Mesir, serta kucing ini adalah salah satu kucing dari Pharaoh.

Untuk pertama kalinya kucing ini populer pada tahun 187`1, sebab telah memenangkan juara ketiga pada Crystal Palace Cat Show.

Kucing ini memiliki sifat yang cenderung sangat aktif, senang bermain, dan periang. Namun dengan sifat yang begitu, abyssinian bukan kucing yang suka bicara, dan juga tidak senang saat berada dalam kandang, maka hindari hal ini.

10. Birman

Birman
kucingpedia.com

Berikutnya yakni dari ras birman, atau biasa disebut kucing birma. Kucing ini berasal dari Perancis, walaupun masih belum diketahi berasal dari mana ras kucing ini.

Kucing ini memiliki sikap yang tenang, lebih kembut ketika bicara, serta lebih lincah dari ras Kucing Persian, akan tetapi kurang ketika dibandingkan Kucing Siam.

Untuk karakteristiknya sendiri, kucing ini memiliki mantel bulu yang berwarna pucat, wajah berwarna gelap, telinga, ekor dan kaki mempunyai gloves putih disekitaran cakarnya, dan juga mata yang canti berwarna safir tua.

Sebenarnya, terdapat legenda yang menjelaskan mengapa kucing ini memiliki warna unik. Terdapat seratus kucing putih suci yang tinggal di Lao-Tsun (Salah satu kuil di Burma), akan tetapi terdapat suatu malam, kuil itu diserang dan memakan korban yakni biksu Mun-Ha.

Kemudian, seekor kucing putih suci bernama Sinh, meloncat keatas tubuh biksu Mun-Ha, lalu tubuh dari biksu masuk kedalam tubuh si kucing, kemudian bulu putih pada tubuh Sinh berubah menjadi keemasan, serta matanya berubah menjadi biru, seperti mata dewi Tsun-Kyan-Se yang berada didepannya.

Warna dari kakinya pun berubah menjadi cokelat tanah, tetapi cakarnya tetap berwarna putih yang melambangkan kesucian.


Bagaimana? Apakah kalian sudah menentukan kucing dengan ras apa yang ingin kalian pelihara, tentunya dalam memilih kucing ras apa yang ingin kalian pelihara, harus ditentukan dengan selera kalian masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *