√ 8+ Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Beserta Tips Pembuatannya

Contoh surat pribadi untuk orang tua – Ketika kita sudah tidak tinggal bersama dengan orang tua pasti ada rasa ingin memberikan kabar atau hanya sekedar kangen dalam kedekatan kita dengan orang tua. Pastinya, untuk menghilangkan rasa tersebut, kita akan memberikan kabar kita melalui berbagai cara, mau itu dengan telpon, chattingan, atau melalui surat.

Tapi, bagaimana sih untuk membuat surat pribadi untuk orang tua kita di sana, apakah surat ini sama dengan surat-surat lainnya. Tentu saja berbeda, seperti yang sudah kalian ketahui, surat terbagi menjadi dua, surat formal dan surat informal. Nah, untuk surat pribadi orang tua, ini termasuk contoh surat yang informal atau dalam penulisannya tidak banyak aturan yang mengikat.

Sebelum melanjutkan:

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas beberapa contoh surat pribadi untuk orang tua bagi kalian yang masih bingung dalam membuatnya.

A. Tips Membuat Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Seperti yang sudah kami bilang tadi, contoh surat ini merupakan surat pribadi yang tidak memerlukan bahasa yang formal. Namun dalam penulisannya tidak perlu sembarangan, karena surat ini nantinya diperuntukkan untuk orang tua kita, maka bahasa yang diperlukan pun bahasa yang sopan.

Untuk mengetahuinya, berikut beberapa tips dalam membuat surat pribadi untuk orang tua.

  1. Tuliskan nama tempat kalian dan tanggal saat tulisan tersebut dibuat. Untuk tempatnya berada di pojok kanan atas surat.
  2. Tuliskan nama lengkap dan alamat orang tua kamu tinggal.
  3. Tuliskan pembuka surat yang bersifat lugas dan santai, seperti salam, sapaan, dan semacamnya.
  4. Tuliskan isi surat berupa informasi, keinginan, ungkapan hati atau semacamnya yang hendak kalian beritahukan kepada orang tua kalian.
  5. Tuliskan penutup surat yang sopan dengan memberikan pesan yang baik atau ucapan terima kasih kepada orang tua.

B. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Pada intinya, dalam membuat surat ini, kita harus menggunakan bahasa yang sopan dan lugas, karena surat ini nantinya akan ditujukan kepada orang tua kita sendiri. Setelah mengetahui beberapa tips tadi, berikut kami berikan gambaran bagaimana bentuk dari surat pribadi untuk orang tua.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Ucapan Terima Kasih

Bekasi, 28 Maret 2022

Teruntuk,
Umi _________(Nama orang tua)
Di rumah

Assalamualaikum Wr. Wb.
Segala puji bagi Allah SWT, yang telah mencurahkan nikmatnya yang tiada terkira. Shalawat salam kepada Rasulullah SAW, suri tauladan terbaik sepanjang sejarah manusia.Rasul mulia yang menghantarkan manusia menapaki jalan kebenaran Islam.

Ucapan terima kasih kepada Umi atas doa serta dukungannya. Terima kasih juga untuk adik-adik ku yang telah membantu kakak menyelesaikan tugas-tugas.

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

Salam rindu dari kakak

(_______________________)

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Meminta Maaf

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Meminta Maaf

id.pinterest.com

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Singkat

Bekasi, 28 Maret 2022

Teruntuk,
Bunda _______ (Nama orang tua)
Di rumah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bunda, bagaimana kabarnya? Sehat, kan? Aku di sini baik-baik saja. Kemungkinan, nanti aku tidak bisa pulang ke rumah sebelum bulan puasa karena aku masih ada jadwal ujian kampus di sini.

Mudah-mudahan sebelum lebaran kegiatan ujian kampus ku sudah selesai dan juga mohon doanya agar aku bisa menyelesaikan ujian dengan sempurna. Bunda jangan cemas yah.

Oke itu saja Bu dari aku, titip salam kepada ayah dan adik-adik di sana.

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

Salam rindu dari kakak

(_______________________)

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Karena Tidak Bisa Pulang

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Karena Tidak Bisa Pulang

contohsurat.co

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Meminta Uang Bulanan

Bekasi, 28 Maret 2022

Teruntuk,
Ayah & Bunda
Di rumah

Ayah dan Bunda yang ku sayang
Bagaimana kabarnya? Aku harap Ayah dan Bunda selalu dalam lindungan Allah SWT.

Maafkan aku, Ayah dan Bunda, lama tidak mengirim kabar karena kesibukan menjelang UKK. Banyak sekali kegiatanku akhir-akhir ini karena kenaikan kelas. Aku harap Ayah dan Bunda memahami.

Ayah Bunda..
Menjelang kenaikan kelas, kami diwajibkan melunasi SPP dan biaya lain-lainnya. Dan pelunasannya seminggu sebelum pembagian rapot, yaitu tanggal 10 Juni 2017. Dengan surat ini, aku berharap segera mengirimkan uang untuk pelunasan tersebut sebelum pembagian rapot.

Maafkan anakmu ini, Ayah Bunda, yang mengirim kabar hanya meminta uang saja. Terima kasih atas perhatian Ayah Bunda.

Salam rindu dari anakmu,

(______________________)

6. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Meminta Uang Dalam Bahasa Inggris

Bekasi, March 28 2022

For,
My lovely mother

Dear mom,
How are you? Glad to know you’re good. Mom, i need more money for paying tomorrow’s school exam. If you don’t mind, would you give me just a little money.

Thanks mom.

From your lovely kid,

(_____________________)

Sebelum melanjutkan

7. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Dalam Bahasa Inggris

Bekasi, March 28 2022

For,
My lovely Mom & Dad.
In house

Through this letter, I just wanted to tell you that you both mean the world to me. There are not enough words to express how grateful I am to you. Thank you for loving me and guiding me through my life. Since day one, you have taught me love, trust, and respect, so that I can learn to value myself and to value others as well.

When I was scared and sick, you would be there staying by my side. When I was down, you would be there to pick me up. When I did wrong, you would be there to bring me back to the right path. When I was confused, you would be there to give me advices. When I was happy, you would be there to celebrate with me. For those I am thankful to you.

You always tell me that you proud of me. You always tell me to follow my dreams. You always tell me to never give up. You always tell me to remain cheerful and to think positive in difficult situation. You always tell me that everything is going to be okay when there seems no hope. For those I am forever grateful to you.

I just simply let you know that I love you so much. Everything you have given to me and every lesson you have taught me have helped me become who I am today. I am the luckiest person to have the best parents. Thank you for everything, Mom & Dad.

From your lovely kid,

(_____________________)

8. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Bahasa Jawa

Bekasi, 28 Maret 2022

Ingkang kinurmatan
Bapak saha Ibu
Wonten ing dalem

Sembah sungkem pangabekti kula katur Bapak saha Ibu.
Bapak saha Ibu wonten ing dalem, ngaturi kawuningan bilih ngantos dinten punika ingkang putra pun setya wonten ing Bekasi tansah pinaringan kanugrahaning Gusti ingkang Murbeng Dumadi. Pangajab kula inggih mekaten, mugi Bapak saha Ibu wonten ing dalem tansah jinankung dening Gusti ingkang Maha Agung.

Bapak, saha Ibu, ngaturi priksa bilih minggu ngajeng ingkang putra badhe nderek Ujian Tengah Semester. Awit saking punika, amrih lancar saha gancar anggen kula ndherek ujian punika, kula nyuwun donga pangestu ingkang linangkung, Awit kula pitados bilih boten wonten ingkang saget nandhing donganipun tiyang sepuh.

Bapak saha Ibu, ndadosaken kawuningan bilih syarat kangge ndherek Ujian Tengah Semester punika kedah sampun mbayar SPP Ngantos wulan Februari, lan ugi kedah mbayar pendaftaran ingkang agengipun Rp. 10.000. Kamangka kula ngantos samangke nembe mbayar SPP ngantos wulan Juli, punika ateges bilih kula kedah mbayar SPP kalih wulan, lan saben wulan agengipun Rp. 75.000.

9. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Memberi Kabar

Bekasi, 28 Maret 2022

Teruntuk,
Ayah & Bunda
Di rumah

Salam sejahtera untuk kita semua,
Ayah dan Bunda apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat dan baik. Nindy di sini baik-baik saja.

Sebentar lagi Nindy akan menjalani ujian nasional, Nindy mohon restu dari Ayah dan Bunda agar bisa mengerjakan soal-soal ujian dan nantinya bisa mendapat nilai yang bagus. Selain itu, Nindy juga telah mendaftar di perguruan tinggi swasta lewat jalur prestasi sesuai yang Ayah dan Bunda harapkan. Doakan Nindy supaya bisa lolos seleksi dan mendapat beasiswa.

Nindy terus berusaha belajar agar bisa lulus dengan nilai yang bagus dan ingin menjadi anak yang membanggakan keluarga. Tak lupa Nindy juga selalu berdoa untuk keluarga di Surabaya semoga selalu dalam keadaan sehat supaya Ayah dan Bunda bisa bekerja dengan baik.

Sekian dulu surat dari Nindy, terima kasih atas perhatian dan kasih sayangnya selama ini. Salam sayang dan rindu.

Salam rindu dari kakak

(_______________________)

10. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Meminta Restu

Bekasi, 28 Maret 2022

Teruntuk,
Ayah & Bunda
Di rumah

Ayah dan Bunda apa kabar di Jogja? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Reza di Bekasi baik-baik saja, lewat surat ini, Reza ingin memberitahukan bahwa Reza sudah berhasil membuka restoran di sini.

Meski sederhana, Reza sangat bersyukur bisa membuka usaha ini dengan uang sendiri. Tentunya, juga atas dukungan doa dan semangat dari Ayah dan Bunda.

Reza mampu berjuang merintis usaha restoran. Reza mulai bekerja dari jam 09.00 – 22.00. Saat ini, Reza punya 8 karyawan mereka anak-anak lulusan SMK. Tapi mereka pintar memasak, rasanya juga tak kalah dari chef di hotel loh.

Puji syukur, 2 minggu buka tapi selalu ramai pengunjung. Lelah itu pasti, tapi semua demi masa depan Reza dan keluarga. Tak lupa, Reza juga mendoakan Ayah dan Bunda supaya selalu sehat dan bisa datang ke Bekasi untuk melihat restoran Reza.

Reza akan belikan tiket untuk keberangkatan Ayah dan Bunda ke Bekasi, nanti akan dibantu oleh Devi. Reza tak sabar ingin bertemu dengan Ayah dan Bunda.

Reza mengirimkan uang untuk Ayah dan Bunda semoga bisa berguna dan bermanfaat. Sekian dulu surat dari Reza, sampai bertemu bulan depan. Terima kasih.

Salam rindu dari anakmu

(________________________)


Demikian dari beberapa contoh surat pribadi untuk orang tua yang berhasil kami uraikan kepada kalian. Contoh-contoh di atas bisa berguna sebagai gambaran untuk membuat surat pribadi untuk orang tua versi kalian sendiri. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih

Baca juga:

√ 15+ Contoh Surat Pengumuman | Perusahaan, OSIS, Rapat dan lainnya √ Cara Mengembalikan Instagram ke Versi Lama Beserta File Terlengkap √ 20+ Contoh Surat Perkenalan Perusahaan Terbaru & Terlengkap
View Comments
There are currently no comments.