√ 3 Cara Ampuh Buka File msgstore.db.crypt di Android

  • Admin Catilmu
  • Jun 03, 2024

Cara Buka File msgstore.db.crypt di Android  – Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana cara membuka file msgstore.db.crypt WhatsApp yang terenkripsi? Jika ya, artikel ini tepat buat kamu. Mengapa topik ini penting? Karena file msgstore.db.crypt menyimpan semua percakapan dan data WhatsApp kamu. Membuka file ini bisa membantu kamu mengakses pesan lama, memulihkan data yang hilang, atau hanya untuk sekadar mengecek isi chat yang pernah terhapus. Dalam dunia yang semakin digital, mengetahui cara mengelola data WhatsApp sangatlah penting. Artikel ini akan membahas berbagai cara mudah dan praktis untuk membuka file msgstore.db.crypt menggunakan aplikasi seperti WhatsApp Viewer, Omni Crypt, dan SQLite Browser. Kami juga akan memberikan beberapa tips tambahan untuk memastikan proses ini berjalan lancar dan aman. Jadi, jika kamu ingin tahu bagaimana caranya, teruslah membaca!

A. Menggunakan Aplikasi WhatsApp Viewer

WhatsApp Viewer adalah aplikasi populer untuk membuka dan melihat isi file msgstore.db.crypt di Android. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan WhatsApp Viewer:

  1. Unduh dan instal aplikasi WhatsApp Viewer di komputer atau laptop Anda. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Mac.
  2. Sambungkan ponsel Android ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan mode transfer file sudah diaktifkan.
  3. Buka folder WhatsApp/Databases di ponsel menggunakan file explorer di komputer. Cari file msgstore.db.crypt yang ingin dibuka.
  4. Salin file msgstore.db.crypt ke komputer Anda. Simpan di lokasi yang mudah diakses.
  5. Buka aplikasi WhatsApp Viewer di komputer. Klik opsi “Decrypt” atau “Open” di menu utama.
  6. Pilih file msgstore.db.crypt yang sudah disalin sebelumnya. WhatsApp Viewer akan meminta kunci dekripsi sesuai versi enkripsi file (crypt12, crypt14, dll).
  7. Masukkan kunci dekripsi yang sesuai. Setelah berhasil didekripsi, file msgstore.db.crypt akan berubah menjadi file database .db.
  8. Klik file .db tersebut di WhatsApp Viewer untuk melihat isinya. Anda bisa menjelajahi semua percakapan, kontak, media, dan data WhatsApp lainnya.

Dengan menggunakan WhatsApp Viewer, file msgstore.db.crypt yang awalnya terenkripsi dan tidak bisa dibuka bisa diakses dengan mudah. Namun perlu diingat, membuka file ini tanpa izin pemiliknya dapat melanggar privasi.

B. Menggunakan Aplikasi Omni Crypt

Omni Crypt adalah aplikasi Android yang berguna untuk mendekripsi file msgstore.db.crypt WhatsApp menjadi file database SQLite biasa. Berikut langkah-langkah menggunakan Omni Crypt:

  1. Instal Omni Crypt: Unduh dan instal aplikasi Omni Crypt dari Google Play Store di ponsel Android Anda.
  2. Buka Aplikasi: Jalankan aplikasi Omni Crypt. Pada menu utama, pilih opsi “Decrypt File”.
  3. Berikan Izin: Aplikasi akan meminta izin untuk mengakses penyimpanan ponsel Anda. Berikan izin yang diperlukan.
  4. Pilih File: Cari dan pilih file msgstore.db.crypt yang ingin didekripsi. File ini biasanya terletak di folder WhatsApp/Databases.
  5. Proses Dekripsi: Omni Crypt akan memulai proses dekripsi. Tunggu hingga proses selesai. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran file.
  6. Simpan Hasil Dekripsi: Setelah dekripsi berhasil, Omni Crypt akan menyimpan file hasil dekripsi dengan nama msgstore.db di folder yang sama dengan file aslinya.
  7. Buka File: File msgstore.db yang sudah didekripsi ini bisa dibuka menggunakan aplikasi penampil database SQLite seperti SQLite Viewer atau DB Browser for SQLite.

Dengan menggunakan Omni Crypt, Anda bisa mendekripsi file msgstore.db.crypt WhatsApp dengan mudah tanpa perlu memindahkannya ke komputer atau menggunakan aplikasi desktop. Namun, perlu diingat bahwa Omni Crypt memerlukan akses root di ponsel Android agar bisa berfungsi.

Sebagai alternatif Omni Crypt, ada juga aplikasi lain seperti Crypt12 Decryptor dan Crypt14 Decryptor yang bisa digunakan untuk mendekripsi file msgstore.db.crypt sesuai dengan versi enkripsinya.

C. Menggunakan SQLite Browser di PC/Laptop

File msgstore.db.crypt WhatsApp juga bisa dibuka di komputer atau laptop menggunakan SQLite Browser. Berikut cara melakukannya:

  1. Sambungkan Ponsel ke PC: Gunakan kabel USB untuk menghubungkan ponsel Android ke PC atau laptop. Pastikan mode transfer file sudah diaktifkan di ponsel.
  2. Akses File Database: Buka folder WhatsApp/Databases di ponsel menggunakan file manager bawaan Android atau aplikasi pihak ketiga seperti ES File Explorer.
  3. Salin File ke PC: Cari file msgstore.db.crypt yang ingin dibuka. Salin atau pindahkan file tersebut ke penyimpanan internal PC atau laptop.
  4. Instal SQLite Browser: Unduh dan instal aplikasi SQLite Browser di PC atau laptop. Aplikasi ini tersedia gratis untuk Windows, Mac, dan Linux.
  5. Buka File di SQLite Browser: Jalankan SQLite Browser. Klik menu File, lalu pilih Open Database.
  6. Pilih File msgstore.db.crypt: Cari dan pilih file msgstore.db.crypt yang sudah disalin dari ponsel. SQLite Browser akan menampilkan pesan bahwa file perlu didekripsi terlebih dahulu.
  7. Dekripsi File: Pilih algoritma dekripsi yang sesuai dengan versi enkripsi file (Crypt12 atau Crypt14), lalu klik OK.
  8. Lihat Isi File: Setelah dekripsi berhasil, SQLite Browser akan menampilkan struktur tabel dan data dari database WhatsApp. Data pesan bisa dilihat di tabel “messages”.

Menggunakan SQLite Browser memungkinkan Anda membuka dan melihat isi file msgstore.db.crypt WhatsApp dengan mudah di PC atau laptop. Namun, pastikan proses pemindahan file dari ponsel ke komputer dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari risiko keamanan.

D. Tips Tambahan Membuka File msgstore.db.crypt

Berikut beberapa tips berguna saat membuka file msgstore.db.crypt WhatsApp:

  1. Buat Cadangan: Selalu buat salinan cadangan (backup) file msgstore.db.crypt sebelum mencoba membukanya. Salin file ke lokasi lain untuk mencegah kerusakan atau kehilangan data jika terjadi kesalahan.
  2. Akses File Kunci untuk Perangkat Root: Untuk perangkat Android yang di-root, Anda bisa mendapatkan file kunci dekripsi (key file) di lokasi /data/data/com.whatsapp/files/key. Salin file ini bersama msgstore.db.crypt saat akan mendekripsi.
  3. Ekstrak Key File Tanpa Root: Jika perangkat tidak di-root, coba gunakan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp Key/DB Extractor untuk mengekstrak key file.
  4. Pilih Algoritma Dekripsi yang Tepat: Saat menggunakan WhatsApp Viewer untuk dekripsi, pastikan memilih algoritma dekripsi yang sesuai dengan versi enkripsi file msgstore.db.crypt (crypt12, crypt14, atau crypt15).
  5. Gunakan File Hasil Dekripsi: Setelah berhasil mendekripsi, file hasil dekripsi akan tersimpan dengan nama msgstore.decrypted.db. File ini bisa dibuka dengan aplikasi penampil database SQLite.
  6. Pulihkan Pesan ke Instalasi Baru: Jika ingin memulihkan pesan dari file msgstore.db.crypt ke instalasi WhatsApp baru, salin file tersebut ke folder WhatsApp/Databases di penyimpanan internal sebelum menginstal ulang aplikasi.
  7. Lokasi Folder WhatsApp: Perhatikan lokasi folder WhatsApp yang bisa berbeda tergantung versi Android. Di Android 11 ke atas, lokasinya di /storage/emulated/0/Android/media/com.whatsapp/.

Itulah beberapa tips tambahan yang bisa membantu saat Anda ingin membuka atau memulihkan pesan dari file msgstore.db.crypt WhatsApp. Selalu berhati-hati dan buat cadangan untuk menghindari risiko kehilangan data.

Kesimpulan

Mengakses file msgstore.db.crypt WhatsApp bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik menggunakan aplikasi di ponsel atau di PC. WhatsApp Viewer, Omni Crypt, dan SQLite Browser adalah solusi yang efektif untuk membuka dan melihat isi file ini. Langkah-langkah yang kami bahas memastikan kamu dapat melakukannya dengan mudah dan aman. Dengan tips tambahan yang diberikan, kamu dapat menghindari risiko kehilangan data. Mengelola data WhatsApp tidak pernah semudah ini! Terima kasih telah membaca artikel ini, dan jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya di catilmu.com. Jangan ragu untuk mencoba cara-cara ini dan semoga bermanfaat!

FAQ

Apakah membuka file msgstore.db.crypt melanggar privasi?

Ya, membuka file msgstore.db.crypt tanpa izin pemiliknya bisa melanggar privasi. Pastikan kamu memiliki izin sebelum mengakses file tersebut.

Apa yang harus dilakukan jika proses dekripsi gagal?

Jika proses dekripsi gagal, pastikan kamu menggunakan algoritma dekripsi yang benar sesuai dengan versi enkripsi file. Coba juga untuk memeriksa kembali apakah kunci dekripsi yang digunakan sudah benar.

Apakah semua perangkat Android mendukung aplikasi Omni Crypt?

Tidak semua perangkat Android mendukung aplikasi Omni Crypt, terutama yang tidak memiliki akses root. Pastikan perangkat kamu di-root jika ingin menggunakan aplikasi ini.

Apakah ada risiko keamanan saat memindahkan file msgstore.db.crypt ke PC?

Ada risiko keamanan saat memindahkan file msgstore.db.crypt ke PC. Pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati untuk menghindari kehilangan data atau kerusakan file.

Bagaimana cara memastikan bahwa file msgstore.db.crypt yang dibuka aman dari virus atau malware?

Pastikan kamu mengunduh aplikasi dekripsi hanya dari sumber resmi seperti Google Play Store atau situs resmi aplikasi tersebut. Selalu periksa file dengan perangkat lunak antivirus yang terpercaya sebelum membukanya.