Apa Itu Core Web Vitals? Ini Pengertian dan Cara Optimasinya

  • Admin Catilmu
  • Jul 10, 2023

Apa Itu Core Web Vitals? Ini Pengertian dan Cara Optimasinya – Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, kecepatan dan pengalaman pengguna menjadi faktor yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah situs web. Core Web Vitals adalah serangkaian metrik yang diperkenalkan oleh Google untuk mengukur performa dan pengalaman pengguna pada situs web. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang apa itu Core Web Vitals, bagaimana mereka diukur, dan bagaimana mengoptimasi situs web untuk mencapai skor yang baik pada metrik ini. Jadi, mari kita mulai dan temukan apa itu Core Web Vitals!

Apa Itu Core Web Vitals?

Core Web Vitals adalah sekelompok metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja dan pengalaman pengguna pada situs web. Metrik ini mencakup tiga aspek utama, yaitu kecepatan, keterlihatan, dan kestabilan halaman web. Core Web Vitals menyoroti elemen-elemen penting yang berkontribusi terhadap keseluruhan pengalaman pengguna dan memberikan petunjuk yang jelas tentang apa yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan performa situs web.

Mengapa Core Web Vitals Penting?

Kecepatan dan pengalaman pengguna adalah faktor penting dalam menarik pengunjung dan mempertahankan mereka di situs web Anda. Studi telah menunjukkan bahwa lamanya waktu muatan halaman yang lambat dapat mengakibatkan tingkat bounce yang tinggi, yaitu pengunjung meninggalkan situs web Anda sebelum halaman sepenuhnya dimuat. Selain itu, pengguna juga cenderung lebih puas dan cenderung berinteraksi lebih lama dengan situs web yang memberikan pengalaman yang baik.

Google juga telah menegaskan bahwa Core Web Vitals adalah faktor peringkat dalam algoritma pencarian mereka. Dengan kata lain, situs web yang memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dalam hal kecepatan dan performa memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Oleh karena itu, penting bagi pemilik situs web dan pengembang untuk memahami dan mengoptimalkan Core Web Vitals guna meningkatkan visibilitas dan kinerja situs mereka di mesin pencari.

Bagaimana Core Web Vitals Diukur?

Core Web Vitals diukur menggunakan tiga metrik utama, yaitu LCP (Largest Contentful Paint), FID (First Input Delay), dan CLS (Cumulative Layout Shift). Mari kita bahas masing-masing metrik ini dengan lebih rinci:

1. Largest Contentful Paint (LCP)

LCP mengukur waktu yang diperlukan untuk merender elemen konten terbesar dalam viewport. Elemen konten terbesar ini biasanya adalah gambar, video, atau blok teks yang dominan secara visual. LCP memperhatikan kecepatan muatan elemen ini, dan waktu yang dianggap baik adalah di bawah 2,5 detik. Jika LCP Anda melebihi batas ini, Anda perlu melakukan tindakan untuk mempercepat muatan elemen konten tersebut.

2. First Input Delay (FID)

FID mengukur kecepatan respons situs web terhadap interaksi pengguna pertama. Metrik ini mencerminkan seberapa responsif situs web Anda ketika pengguna melakukan tindakan seperti mengklik tautan atau mengisi formulir. Waktu respons yang diinginkan untuk FID adalah kurang dari 100 milidetik. Jika FID Anda melampaui batas ini, Anda perlu memperbaiki kinerja situs web Anda agar merespons lebih cepat terhadap interaksi pengguna.

3. Cumulative Layout Shift (CLS)

CLS mengukur stabilitas tata letak halaman web saat pengguna berinteraksi dengan situs web Anda. Metrik ini menilai sejauh mana elemen-elemen tata letak bergerak atau bergeser secara tidak terduga selama pengalaman pengguna. CLS memperhitungkan perubahan tata letak yang tidak diinginkan, yang dapat mengganggu pengguna dan mengarah pada kesalahan klik. Skor CLS yang diinginkan adalah kurang dari 0,1. Jika CLS Anda melampaui batas ini, Anda perlu memperbaiki stabilitas tata letak situs web Anda.

Cara Mengoptimalkan Core Web Vitals

Optimasi Core Web Vitals melibatkan berbagai tindakan untuk meningkatkan kecepatan dan pengalaman pengguna pada situs web Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengoptimalkan Core Web Vitals:

1. Mempercepat Waktu Muatan Halaman

  • Menggunakan teknik kompresi untuk mengurangi ukuran file gambar dan video.
  • Menggunakan kebijakan cache dan kompresi gzip untuk mengurangi waktu muatan sumber daya.
  • Menghapus atau mengurangi penggunaan JavaScript dan CSS yang tidak perlu.

2. Mengoptimalkan Interaktivitas Pengguna

  • Meminimalkan penggunaan JavaScript yang memblokir DOM (Document Object Model).
  • Mengoptimalkan kode JavaScript dan CSS untuk eksekusi yang lebih cepat.
  • Memprioritaskan tugas-tugas penting dan meminimalkan beban kerja JavaScript pada saat interaksi pengguna pertama.

3. Memperbaiki Stabilitas Tata Letak

  • Menetapkan dimensi dan ukuran gambar yang jelas untuk mencegah pergeseran tata letak saat gambar dimuat.
  • Menggunakan placeholder atau ruang kosong untuk mengantisipasi muatan gambar yang lambat.
  • Memberikan elemen tata letak dengan dimensi tetap untuk mencegah pergeseran tata letak saat konten lain dimuat.

Pertanyaan Umum tentang Core Web Vitals

1. Mengapa Core Web Vitals Penting bagi Pemilik Situs Web?

Core Web Vitals penting bagi pemilik situs web karena mereka mempengaruhi pengalaman pengguna, peringkat pencarian, dan retensi pengunjung. Dengan mengoptimalkan Core Web Vitals, pemilik situs web dapat meningkatkan kinerja situs mereka dan menarik lebih banyak pengunjung.

2. Apa yang Harus Dilakukan Jika Skor Core Web Vitals Tidak Baik?

Jika skor Core Web Vitals Anda tidak memenuhi standar yang ditetapkan, Anda perlu mengidentifikasi masalah dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaikinya. Hal ini dapat meliputi mempercepat waktu muatan halaman, meningkatkan responsivitas situs web, dan memperbaiki stabilitas tata letak.

3. Apakah Mengoptimalkan Core Web Vitals Membutuhkan Pengetahuan Teknis yang Mendalam?

Meskipun mengoptimalkan Core Web Vitals melibatkan beberapa aspek teknis, Anda tidak perlu menjadi ahli di bidang ini untuk memulainya. Ada banyak alat dan sumber daya yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda dalam memahami dan mengoptimalkan Core Web Vitals situs web Anda.

4. Apakah Core Web Vitals Hanya Penting untuk Situs Web yang Berfokus pada Pencarian Organik?

Tidak, Core Web Vitals penting bagi semua jenis situs web. Kecepatan dan pengalaman pengguna adalah faktor yang relevan untuk semua pengunjung, baik mereka berasal dari hasil pencarian organik, iklan, atau tautan langsung. Dengan mengoptimalkan Core Web Vitals, Anda memberikan pengalaman yang lebih baik bagi semua pengunjung situs web Anda.

5. Apakah Ada Alat yang Dapat Digunakan untuk Mengukur Core Web Vitals?

Ya, Google menyediakan alat bernama Google Search Console yang dapat digunakan untuk memonitor dan menganalisis kinerja Core Web Vitals situs web Anda. Alat ini memberikan informasi tentang skor metrik, masalah yang terdeteksi, dan saran perbaikan.

6. Berapa Sering Saya Harus Memeriksa Core Web Vitals Situs Web Saya?

Disarankan untuk secara teratur memeriksa Core Web Vitals situs web Anda untuk memastikan bahwa kinerjanya tetap optimal. Pengukuran yang teratur membantu Anda mengidentifikasi perubahan dan masalah potensial, sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang diperlukan segera.

Kesimpulan

Dalam dunia digital yang kompetitif saat ini, Core Web Vitals merupakan faktor yang krusial dalam keberhasilan suatu situs web. Kecepatan dan pengalaman pengguna yang baik tidak hanya menarik pengunjung, tetapi juga mempengaruhi peringkat pencarian dan retensi pengguna. Dengan memahami konsep Core Web Vitals dan mengoptimalkan situs web Anda sesuai dengan metrik ini, Anda dapat meningkatkan performa, visibilitas, dan kesuksesan secara keseluruhan. Pastikan untuk terus memantau dan memperbaiki Core Web Vitals situs web Anda secara berkala guna memastikan pengalaman pengguna yang optimal dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *