√ Kumpulan Soal Psikotes & Tips Mengerjakan Psikotes Masuk kerja

  • Admin Catilmu
  • Apr 01, 2023

Halo, Sobat Catilmu! Pasti udah nggak asing lagi dong, dengar istilah psikotes? Yup, psikotes atau tes psikologi itu sering banget jadi syarat wajib saat kita melamar kerja. Nah, pada artikel kali ini kita akan bahas kumpulan soal psikotes masuk kerja yang sering muncul dan bisa jadi bekal kita buat menghadapi psikotes nanti. Penasaran? Yuk, langsung aja kita mulai pembahasannya!

Pentingnya Psikotes dalam Seleksi Kerja

Jadi, sebenernya kenapa sih psikotes ini penting banget dalam seleksi kerja? Nah, psikotes itu sebenernya bertujuan buat mengukur kemampuan, bakat, dan kepribadian kita, loh dengan mengikuti psikotes, perusahaan bisa menilai apakah kita cocok untuk posisi yang kita lamar atau nggak.

Pssst, jangan salah sangka dulu ya, psikotes itu bukan semacam ujian yang bikin deg-degan. Malah, dengan psikotes ini kita bisa lebih mengenal diri kita sendiri, lho! Jadi, nggak perlu takut atau gugup saat menghadapi psikotes.

Jenis-Jenis Soal Psikotes

Sebelum kita lanjut ke kumpulan soal psikotes yang sering muncul, kita bahas dulu nih jenis-jenis soal yang ada di psikotes. Siapa tahu kita bisa menemukan tipe soal favorit kita, kan? Ayo, kita simak bareng-bareng!

Soal Logika

Soal logika ini jadi primadona di psikotes,! Nah, soal logika itu sendiri ada beberapa tipe, lho. Ada soal logika angka dan soal logika verbal. Intinya, soal logika ini menguji kemampuan kita dalam menalar dan berpikir secara sistematis. Jadi, kita ditantang untuk memecahkan masalah yang ada dengan logika yang tepat.

Buat yang suka tantangan, soal logika ini pasti seru banget deh! Kita harus pintar-pintar mencari pola dan melihat hubungan antar angka atau kata. Jangan khawatir, nanti kita juga akan bahas contoh soal logika yang sering muncul di psikotes

Soal Logika Angka

Wah, soal logika angka ini nih, yang bikin kita jadi lebih peka terhadap angka-angka. Jadi, soal logika angka ini menguji kemampuan kita dalam menemukan pola dan hubungan antara angka-angka yang ada. Biasanya, kita akan diberikan urutan angka, trus kita harus mencari angka selanjutnya dalam urutan tersebut. Seru, kan?

Tenang aja, meskipun namanya soal logika angka, kita nggak perlu jadi ahli matematika kok buat ngerjain soal ini. Kuncinya adalah selalu santai dan fokus. Kita pasti bisa menemukan pola yang ada dan menjawab soal dengan benar!

Soal Logika Verbal

Nah, kalau yang satu ini nih, menguji kemampuan kita dalam berpikir secara logis menggunakan kata-kata atau kalimat. Soal logika verbal ini biasanya berbentuk pertanyaan yang berkaitan dengan sinonim, antonim, atau analogi antara kata-kata.

Misalnya, kita diberi pertanyaan “Malam adalah lawan kata dari…?” Nah, jawabannya tentu saja “Pagi”, kan? Mudah banget, deh! Jadi, kita nggak perlu takut soal logika verbal ini. Asalkan kita rajin membaca dan memperkaya kosakata, kita pasti bisa melibas soal logika verbal ini dengan mudah.

Jadi, Sobat, sudah siap menghadapi soal logika angka dan logika verbal? Semangat, ya! Kita lanjut ke jenis soal psikotes selanjutnya.

Soal Kemampuan Spasial

Selanjutnya, kita punya soal kemampuan spasial nih, Sobat! Soal ini menguji kemampuan kita dalam memahami dan memvisualisasikan bentuk atau gambar dalam ruang. Biasanya, soal ini berupa gambar-gambar yang harus kita pahami pola atau hubungannya. Seru, kan?

Buat yang hobi main puzzle atau lego, pasti soal kemampuan spasial ini jadi favorit deh! Pokoknya, kita harus pintar-pintar menghubungkan gambar yang ada dan mencari pola yang ada di dalamnya.

Soal Kepribadian

Nah, soal yang satu ini beda dari soal-soal sebelumnya, Sobat. Soal kepribadian ini nggak ada jawaban yang benar atau salah. Tujuannya adalah buat mengenal lebih jauh tentang diri kita, seperti sifat, karakter, dan kecenderungan kita dalam menghadapi situasi tertentu.

Biasanya, soal kepribadian ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus kita jawab dengan jujur sesuai dengan apa yang kita rasakan. Jadi, nggak perlu bingung atau takut ya, Sobat! Jawab aja sesuai dengan perasaan dan pikiran kita. Dari situ, perusahaan bisa menilai apakah kita cocok untuk posisi yang kita lamar atau nggak.

Gimana, Sobat? Udah lebih paham kan tentang jenis-jenis soal psikotes yang ada? Jangan lupa, kita juga akan bahas contoh soal dan tips menghadapi psikotes di bagian selanjutnya.

Tips Menghadapi Psikotes

Setelah kita mengenal jenis-jenis soal psikotes, tentunya kita ingin tahu dong tips menghadapi psikotes agar kita bisa lolos seleksi kerja dengan sukses. Tenang, di bagian ini kita akan bahas tips-tips yang bisa membantu kita menghadapi psikotes dengan percaya diri dan santai. Ayo, simak tipsnya!

Persiapan Sebelum Psikotes

Kata orang, persiapan itu penting banget, Sobat! Nah, biar kita nggak grogi saat menghadapi psikotes, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan sebelumnya. Apa aja sih? Ini dia tips persiapan sebelum psikotes:

  1. Pelajari jenis soal psikotes: Biar kita nggak kaget pas psikotes nanti, yuk, pelajari dulu jenis-jenis soal psikotes yang udah kita bahas sebelumnya. Dari situ, kita bisa tahu soal mana yang jadi tantangan buat kita dan butuh latihan ekstra.
  2. Latihan soal psikotes: Supaya makin siap, coba deh cari latihan soal psikotes di internet atau buku. Dengan sering latihan, kita jadi lebih paham pola soal dan bisa menjawab dengan lebih cepat.
  3. Istirahat yang cukup: Jangan remehkan kekuatan tidur yang cukup, Sobat! Dengan tidur yang cukup, otak kita jadi lebih fresh dan siap menghadapi psikotes.
  4. Siapkan alat tulis: Jangan lupa bawa alat tulis lengkap ya, Sobat, seperti bolpoin, pensil, dan penghapus. Biar kita nggak panik pas mau mengerjakan soal tapi lupa bawa alat tulis.

Gimana, Sobat? Udah siap menghadapi psikotes dengan persiapan yang matang? Jangan khawatir, kita juga akan bahas tips mengerjakan soal psikotes dan mengendalikan mental selama psikotes di bagian selanjutnya.

Tips Mengerjakan Soal Psikotes

Nah, sekarang kita udah siap dengan persiapan sebelum psikotes, saatnya kita bahas tips mengerjakan soal psikotes. Biar kita bisa menjawab soal dengan lancar dan optimal, yuk simak tipsnya:

  1. Baca soal dengan teliti: Jangan terburu-buru saat mengerjakan soal, Sobat. Bacalah soal dengan teliti dan pastikan kita paham betul maksud dari soal tersebut.
  2. Kerjakan soal yang mudah dulu: Biar waktu kita lebih efisien, kerjakan dulu soal yang mudah menurut kita. Setelah itu, baru lanjut ke soal yang agak sulit.
  3. Jangan terpaku pada satu soal: Kalau kita merasa kesulitan menjawab suatu soal, jangan terpaku terlalu lama, Sobat. Cobalah untuk melanjutkan ke soal berikutnya dan kembali ke soal tersebut jika masih ada waktu.
  4. Periksa jawaban: Jangan lupa periksa kembali jawaban kita sebelum menyerahkan lembar jawaban, ya. Siapa tahu ada jawaban yang keliru atau terlewat.

Mental Terkendali Selama Psikotes

Mental yang terkendali itu penting banget, lho, Sobat, saat menghadapi psikotes. Kita harus bisa mengendalikan rasa gugup, grogi, atau panik. Nah, ini dia tips buat mental kita tetap terkendali selama psikotes:

  1. Bernapas dengan tenang: Kalau kita merasa gugup, coba tarik napas dalam-dalam dan keluarkan perlahan. Dengan begitu, kita jadi lebih rileks dan bisa fokus menjawab soal.
  2. Positif thinking: Yakin deh, kita pasti bisa menghadapi psikotes ini! Jangan terpengaruh pikiran negatif yang bikin kita makin gugup.
  3. Jangan terlalu keras pada diri sendiri: Ingat, Sobat, kita manusia biasa yang nggak sempurna. Jadi, jangan terlalu keras pada diri sendiri kalau ada soal yang nggak bisa kita jawab. Yang penting, kita sudah berusaha sebaik mungkin.

Nah, itu dia tips-tips menghadapi psikotes yang bisa kita coba. Semoga dengan tips ini, kita jadi lebih siap dan percaya diri menghadapi psikotes, ya.

Contoh Soal Psikotes

Sekarang kita udah paham tentang tips menghadapi psikotes, tentunya kita ingin tahu dong contoh soal psikotes yang mungkin kita temui nanti. Oke, di bagian ini kita akan bahas beberapa contoh soal psikotes yang sering muncul. Siap-siap latihan, ya!

Soal Logika Angka

Soal logika angka ini menguji kemampuan kita dalam memahami pola angka dan menghubungkannya untuk menemukan angka yang hilang atau melanjutkan deret angka. Berikut adalah contoh soal logika angka:

  1. 2, 4, 8, 16, 32, … Apa angka selanjutnya dalam deret ini? Jawaban: 64 (Karena setiap angka dalam deret ini merupakan hasil penggandaan angka sebelumnya dengan 2)
  2. 3, 6, 9, 12, … Apa angka ke-10 dalam deret ini? Jawaban: 30 (Karena setiap angka dalam deret ini merupakan kelipatan 3)
  3. Temukan angka yang hilang dalam urutan berikut: 4, 9, 16, ?, 36. Jawaban: 25 (Karena setiap angka dalam urutan ini merupakan hasil kuadrat dari angka 2, 3, 4, 5, dan 6)

Gimana, Sobat? Udah siap menghadapi soal logika angka? Jangan khawatir, kita juga akan bahas contoh soal logika verbal, kemampuan spasial, dan kepribadian di bagian selanjutnya. Semoga contoh soal ini membantu kita untuk lebih paham dan siap menghadapi psikotes nantinya.

Soal Logika Verbal

Soal logika verbal ini menguji kemampuan kita dalam memahami dan menghubungkan kata atau kalimat. Biasanya, soal ini melibatkan sinonim, antonim, atau analogi. Yuk, kita lihat contoh soal logika verbal:

  1. Pilih sinonim dari kata “mengagumkan”: A. Menakjubkan B. Mengecewakan C. Membosankan Jawaban: A. Menakjubkan
  2. Pilih antonim dari kata “berani”: A. Cemas B. Pemberani C. Pemalu Jawaban: C. Pemalu
  3. Analogi: Sepatu adalah untuk kaki, seperti ____ adalah untuk tangan. A. Sarung tangan B. Kaos kaki C. Topi Jawaban: A. Sarung tangan

Soal Kemampuan Spasial

Soal kemampuan spasial ini menguji kemampuan kita dalam memahami dan menginterpretasikan gambar, bentuk, atau objek dalam ruang. Biasanya, soal ini melibatkan rotasi objek atau menemukan pola dalam gambar. Berikut contoh soal kemampuan spasial:

  1. Diberikan gambar segitiga dengan sudut 45, 45, dan 90 derajat. Jika sudut 45 derajat digantikan oleh sudut 30 derajat, sudut yang lain menjadi berapa derajat? Jawaban: 60 dan 90 derajat (Karena jumlah sudut dalam segitiga selalu 180 derajat, maka sudut yang lain menjadi 180 – 30 = 150, sehingga 90 dan 60 derajat)
  2. Jika kubus diputar 90 derajat ke kanan, bagian mana yang akan berada di atas? Jawaban: Tergantung pada posisi awal kubus dan arah putaran, kita perlu melihat gambar dan memvisualisasikan rotasi kubus tersebut.

Soal Kepribadian

Soal kepribadian ini menguji cara kita bereaksi dan berpikir dalam situasi tertentu, serta menilai karakter dan sifat kita. Biasanya, soal ini berbentuk pertanyaan dengan pilihan jawaban yang mencerminkan preferensi kita. Berikut contoh soal kepribadian:

  1. Dalam situasi sosial, apakah kamu cenderung: A. Pendiam dan mengamati B. Berbicara dengan banyak orang C. Berbicara dengan beberapa orang yang kamu kenal Jawaban: Tidak ada jawaban yang benar atau salah, pilihlah yang paling mencerminkan diri kamu.
  2. Saat menghadapi masalah, kamu lebih suka: A. Memecahkannya sendiri B. Meminta saran dari orang lain C. Mengabaikannya Jawaban: Tidak ada jawaban yang benar atau salah, pilihlah yang paling mencerminkan diri kamu.

Ingat, dalam menjawab soal kepribadian, jawablah dengan jujur dan jangan mencoba untuk memalsukan jawaban, karena ini akan membantu perusahaan untuk menilai apakah kita cocok dengan posisi yang ditawarkan atau tidak.

Kesimpulan

Nah, itulah kumpulan soal psikotes masuk kerja yang sering ditemui, mulai dari soal logika angka, logika verbal, kemampuan spasial, hingga soal kepribadian. Semoga dengan contoh soal dan tips yang sudah kita bahas, kita bisa lebih siap menghadapi psikotes dan sukses dalam seleksi kerja. Ingat, kunci utama kesuksesan dalam psikotes adalah latihan, persiapan yang baik, dan mental yang terkendali.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *