2015

2015 – Hai sobat, kembali lagi bersama saya di artikel pengalaman ini. Saya akan menceritakan pengalaman saat di SD pada tahun 2013-2015. Siapa sih di sini yang tidak tahu SD? Ya, SD itu Sekolah Dasar.

Saat saya SD, saya sudah pindah-pindah SD sebanyak 3 kali, sebenarnya 2 kali, yang ke-3 balik lagi ke SD yang lama.

Penglaman saya waktu SD mungkin sudah samar-samar, tapi ini artikel ini buat tugas. Yah, saya mencoba mengingat kembali kenangan-kenangan dulu saat SD.

Pindah SD Dari 1 Ke Lainnya

pindah sd dari 1 ke lainnya
pinterest.com

Saat saya SD kelas 1, saya SD di SDIT Insan Aulia, lalu karena orang tua dipindah tugaskan ke Subang, sekolah saya pun ikut pindah. Saat di Subang saya SD di SDN Salep (mungkin SD-nya masih ada), kejadian-kejadian saat di SDN Salep saya sudah lupa, tapi yang pasti saya sekolah di SD ini selama 2 tahun.

Setelah 2 tahun di subang, orangtua saya kembali lagi ke Bekasi, dan saya pun ikut juga. SD saya kembali lagi ke SDIT Insan Aulia.

SDIT Insan Aulia

Selama saya SD disini, banyak sekali kenangan-kenangan indah yang saya dapatkan, banyak sekali teman-teman yang lucu, kocak, jail, dan masih banyak lagi.

Saat baru pertama kali masuk kelas 4, saya masih ingat beberapa teman-teman lama saat masih di kelas 1. Tapi karena saya orangnya pendiam, akhirnya pun saya memilh diam di kursi bangku. Saat 1 semester pertama, saya sering di bully oleh teman-teman saya, karena hal privacy di dalam diri saya.

Di semester ke-2 akhirnya saya berteman dengan baik, karena suatu alasan. Hari terus berlanjut, saya pun akhirnya bisa bermain dengan teman-teman, layaknya seperti anak kecil lainnya.

Di kelas 5, saya menjalani hari dengan biasanya, berangkat sekolah, belajar, bermain, pulang sekolah. Dan seterusnya, saat di kelas 5 dimana saat-saat waktu itu pas jamannya saya paling tidak jelas tapi lucu, kocak, dan masih banyak lagi.

Dan juga saat di kelas 5, kami membentuk band & kelompok lawak, ada 3 orang anak yang ada band itu , termasuk saya. Membuat album pertama mereka yaitu “Tolema”, mungkin terdengar lucu dari judulnya, memang isi lagunya-pun tidak jelas.

Dan di saat kelas 6, tidak ada bedanya dengan kelas 5, yang beda kita bisa menguasai lapangan bola, bisa menjahili adek kelas, dan yang paling beda disaat kelas 6 di semester 2 adalah, kita di tekankan, untuk rajin belajar, mengitu les, jam belajar di sekolah ditambah, kurangi mainnya, untuk mengikuti UN (Ujian Nasional).

Ketika hari-hari mendekati jadwal UN, kita dikumpulkan untuk berdoa bersama. Untuk kelancaran mengerjakan soal-soal, dan supaya kita bisa mendapatkan nilai yang sempurna.

Dan setelah UN, SD saya mengadakan perpisahan kelas 6, mabit, dan sekalian berkumpul bersama untuk terakhir kalinya, kamipun mengucapkan perpisahan.

Kegiatan

Banyak sekali kegiatan yang diadakan setiap harinya, setiap bulannya, bahkan setiap tahunnya di Sekolah saya dulu. Mulai dari renang, bermain bola, kegiatan pramuka, field trip, dan lain-lain.

Setiap harinya dulu saya sering bermain bola bersama teman-teman di lapangan sekolah, saat sebelum bel berbunyi, saat istirahat, dan setelah pulang sekolah.

Kalau renang biasanya ada 2 tempat kolam renang, yang satu di Kolam Renang Maharani, dan yang satunya di Kolam Renang Grand Residence.

Biasanya kegiatan renang diadakan sebulan sekali, dan itu mendapatkan giliran tempat. Misalkan, untuk laki-laki di Maharani, untuk perempuan di Grand Residence. Bulan berikutnya gantian, dan begitu terus berputar setiap bulannya.

Kegiatan renang biasanya diadakan pada hari, rabu pagi jam 7 pagi sampai jam 10, di tempat kolam renang yang sudah di sesuaikan.

Kalau untuk Field Trip diadakan setahun sekali, untuk seluruh murid dari kelas 1 sampai kelas 6. Biasanya diadakan ke tempat wisata, atau ke tempat wahana-wahana di sekitaran Bekasi. Setiap kelas di kelompokan menjadi bagian-bagian, dan setiap kelompok pasti ada pembimbingnya.

Pembimbingnya mulai dari guru, ataupun orangtua murid yang sukarela membantu membimbing. Kegiatan field trip diadakan satu hari penuh, berangkatnya memakai bus, dari sekolah biasanya disuruh ngumpul-ngumpul dulu sebelum berangkat, dan jika semua murid sudah datang akhirnya berangkat.

Pramuka

Pramuka
cnnindonesia.com

Untuk kegiatan pramuka biasanya yang ikut kelas 5 dan kelas 6, yaitu perkemahan, jurit malam, dan lain-lain. Kegiatan ini dikelompokan dari kelas 5 sampai kelas 6, dan memilih sendiri anggotanya, untuk membentuk sebuah regu.

Kalau kegiatan pramuka diadakan pada sore hari sampai besoknya, yaitu pagi hari. Kegiatan ini diadakan di sebuah tempat, dan untuk menuju ke tempat itu, sekolah menyewa truk untuk membawa murid-murid sampai tujuan.

Sebelum berangkat murid-murid diharuskan kumpul dahulu di sekolah, disuruh baris berbaris sesuai regu masing-masing, untuk dilakukan pendataan. Setelah selesai, barulah murid-murid menaiki truk secara teratur dan bergiliran.

Dalam kegiatan ini juga dinilai, dalam kekompakkan, kesetiaan, dalam sebuah regu. Setelah kita sampai di tempat, kita langsung diperintahkan untuk baris berbaris sesuai regu. Para guru akan membacakan kegiatan awal sampai akhir kita disini.

Setelah selesai baris berbaris, kita langsung diperintahkan untuk membuat tenda regu, awalnya kami kesusahan untuk membuat tenda, karena baru pertama kali membuat tenda, dan akhirnya guru datang untuk membantu.

Penutup

Mungkin ini saja yang saya sampaikan mengenai artikel penglaman saya saat di SD, bila ada kata yang salah mohon dimaafkan. Dan juga apabila alumni Insan Aulia angkatan ke 5 membaca artikel ini, jika ingatan kalian masih ada tentang sekolah kita dulu, dan ingatan yang lainnya yang menurut kalian salah di artikel ini mohon dimaafkan.

Karena saya menulis artikel ini dengan ingatanku yang masih ada walaupun samar.

Sekian dari saya, Nabil.

Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *